Cara Melihat Google Form yang Telah Dikirim

Cara melihat Google Form yang telah dikirim mungkin ingin Anda ketahui, setelah selesai mengisi atau membuat Google Form. Tetapi banyak juga pengguna yang tidak mengerti bagaimana cara memeriksa hasil yang sudah terkirim sebelumnya. Karena itu Anda bisa menyimak beberapa panduan di bawah ini.
Cara Melihat Google Form yang Telah Dikirim

Seperti yang kita semua tahu, Google Form merupakan sebuah layanan yang dibuat oleh Google untuk memudahkan kita dalam berbagai hal, seperti untuk pembuatan soal ujian secara online, membuat survei dan sebagainya. Sehingga dengan tool yang dibuat oleh Google ini dapat memberikan kelancaran untuk Anda mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens.

Cara membuat Google form sendiri merupakan hal yang cukup mudah, bahkan Anda bisa mengisi Google Form berkali-kali. Sedangkan untuk cara melihat Google Form yang telah dikirim bisa dilakukan baik melalui smartphone atau PC dalam beberapa metode. Berikut akan kami sampaikan beberapa informasi dasar terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap berikutnya.

Bagaimana Cara Membuat Pertanyaan di Google Form?

Syarat utama yang harus Anda siapkan dalam pembuatan Google Form, yaitu dengan menyiapkan akun Gmail terlebih dahulu. Karena dari akun inilah Google Form Anda kemudian bisa diakses.

Setelah memastikan bahwa Anda telah memiliki akun, sekarang Anda bisa mulai membuat pertanyaan Anda di Google Form. Bila Anda baru pertama kali memulai, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Pertama, buka halaman situs web URL: forms.google.com

2. Saat halaman tersebut sudah terbuka, maka Anda akan diarahkan ke pengisian form ” Formulir tanpa judul “.

3. Di sini Anda bisa langsung mengisi formulir judul atau isi baik dengan menambahkan atau mengedit sesuai keinginan Anda.

4. Berikutnya pilih lokasi di mana saja lokasi untu menyimpan formulir Anda.

5. Untuk memproses penyimpanan, tinggal klik tombol ” Submit “, dan hasilnya bisa langsung Anda bagikan dengan menggunakan link form Anda.

Bagaimana Cara Melihat Google Form Yang Telah Dikirim?

Jika Anda ingin tahu cara melihat hasil Google Form Anda yang sudah dikirim, Anda bisa mencoba seperti beberapa langkah seperti berikut ini.

Langkah 1, Buka halaman Google Form melalui URL berikut: https://docs.google.com/forms/

Langkah 2, Gunakan akun Google Anda untuk login seperti biasa, dan masuklah sampai Anda berada di halaman Google Form.

Catatan: Jika Anda membuka dari HP, aktifkan mode tampilan Situs Desktop pada browser Google Chrome.

Langkah 3, Pilih Google Form yang ingin Anda ketahui hasil sebelumnya. Kemudian klik opsi Responses / Tanggapan, sehingga akan tampil sebuah jawaban yang pernah terkirim dari responden.

Langkah 4, Di sini Anda dapat melihat beberapa pilihan seperti ” Summary “, ” Question ” dan ” Individual “. Dari sinilah Anda akan melihat sumua hasil jawaban dari responden melalui 3 opsi tersebut.

Catatan: Summary (Ringkasan) merupakan ringkasan dari jawaban keseluruhan dari responden. Dan Question (Pertanyaan) adalah daftar pertanyaan yang dibuat dari setiap soal. Sedangkan Individual, ini yaitu jawaban masing-masing dari setiap peserta yang mengisi Google Form.

Agar lebih mudah sebenarnya Anda bisa menggunakan layanan Goolge Spreadsheet untuk cara melihat hasil Google Form yang telah dikirim. Anda hanya perlu membuka Google Spreadsheet, dan bila ada opsi Pilih Tujuan Tanggapan, isi terserah Anda. Klik Create untuk membuat.

Nantinya hasil jawaban Google Form akan terbuka di Google Spreadsheet secara langsung dalam bentuk tabel dari setiap data yang dikirim. Bila diperlukan, Anda dapat mengunduh hasil Google Form melalui opsi Download Responses. Dan untuk membukanya Anda harus mengekstrak file yang dalam bentuk extension rar.

Cara Melihat Google Form Yang Telah Dikirim via Android

Sebagai pengguna smartphone Android, hasil Google Form yang telah dikirim bisa dilakukan dengan beberapa metode khusus, salah satunya dengan menginstal aplikasi tertentu dari layanan Google Play Store. Sedangkan metode lainnya Anda bisa langsung menggunakan Google Drive yang sudah terpasang di smartphone Android.

Cara Melihat Hasil Google Form yang Telah Dikirim dengan FormsApp

Metode ini merupakan cara yang cukup sederhana, karena beberapa langkahnya tidak jauh berbeda seperi halnya di penjelasan sebelumnya. Namun dalam hal ini, tentu Anda perlu terlebih dahulu menginstal aplikasi FormsApp melalui Google Play Store, kemudian ikuti cara seperti berikut.

Langkah 1, Buka aplikasi FormsApp apabila sudah diinstal sebelumnya.

Langkah 2, Setelah masuk, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu atau cukup login menggunakan akun Gmail Anda.

Langkah 3, Sekarang pilih pada bagian Google Form yang pernah Anda buat sebelumnya untuk mengetahui hasil. Lalu pilih View Responses / Tanggapan untuk melihat tanggapan dari Google Form.

Langkah 4, Anda dapat melihat bebarapa opsi responses seperti ” Summary ” untuk ringkasan, dan ” Individual ” untuk melihat hasil dari setiap masing-masing audien.

Kesimpulan

Cara melihat Google Form yang telah dikirim merupakan hal yang cukup mudah dan sederhana, karena sekarang Anda bisa melakukannya baik dari HP Android maupun via PC Anda. Meskipun di smartphone Android Anda diperlukan aplikasi khusus, namun metode yang tersedia tidak jauh berbeda seperti dari menggunakan browser. Nah, selamat mencoba!

Check Also

Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *