Cara Melingkari Tulisan di Word dengan Baik dan Benar

Cara Melingkari Tulisan di Word  Microsoft Word merupakan salah satu bagian dari paket instalasi MS Office, sebuah program perangkat lunak komputer yang berguna sebagai alat pengolahan kata, di mana Anda dapat membuat dan mengedit teks dalam format dokumen yang dapat disimpan atau dicetak.

Cara Melingkari Tulisan di Word



Meskipun pada dasarnya Microsoft Word dibuat terutama sebagai alat editor dokumen untuk teks, namun ia memiliki berbagai alat gambar berbeda yang memungkinkan Anda untuk memasukkan bentuk khusus ke dalam dokumen. Anda bahkan dapat menggunakan pengaturan isian dan bentuk format untuk menyesuaikan objek gambar yang Anda buat lebih lanjut, sehingga sangat memudahkan dalam pekerjaan Anda.

Pada panduan kami di bawah ini, robotandro.com akan menjelaskan kepada Anda langkah-langkah atau cara melingkari tulisan di Word menggunakan alat dan pengaturan yang sudah disediakan di dalam program Microsoft Word. Baik di program MS Word versi baru atau lama, ada banyak jenis file dan objek berbeda yang dapat Anda tambahkan ke dalam dokumen. Anda dapat menerapkan metode ini di berbagai versi MS Word (2007, 2010, 2013, 2016, dan 2019).

Bagaimana Cara Melingkari Tulisan di Word?

Jika Anda ingin membuat lingkaran dan menyisipkannya de dalam dokumen Anda, di sini Anda bisa menggunakan tools di dalam MS Word yang bernama Shapes pada menu Insert. Dari alat Shapes ini, Anda dapat menyisipkan berbagai bentuk gambar yang berbeda-beda, misalnya bentuk lingkaran, persegi dan sebagainya. Cara melingkari tulisan di Word, sederhananya bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut.

1. Buka dokumen Word Anda.
2. Tap di bagian teks, tempat dimana Anda ingin menambahkan lingkaran.
3. Pilih tab Insert.
4. Klik menu Shapes, lalu pilih bentuk Oval dari Basic Shapes.
5. Kemudian klik di dokumen, dan gunakan mouse Anda untuk menggambar lingkaran.

Nah cukup sesederhana itu untuk menambahkan lingkaran pada teks dokumen Word Anda. Namun bila Anda ingin mengatur bentuk oval yang ditambahkan, silahkan baca tutorial lanjutan di bawah ini.

Cara Melingkari Tulisan di Word dengan Mengatur Bentuk

Meskipun alat yang tersedia secara teknis memang digunakan untuk menyisipkan bentuk oval, namun Anda juga bisa menyesuaikan ukuran dari bentuk oval ini secara manual sehingga nanti bentuknya dapat diatur sesuai keinginan Anda. Jadi silahkan lanjutkan panduan berikut untuk mempelajari bagaimana cara mengatur bentuk gambar oval sehingga menjadi lingkaran sempurna di program perangkat lunak Microsoft Word.

Langkah 1, Jalankan seperti biasa program Microsoft Word di komputer Anda, atau langsung dengan membuka (double click) salah satu dokumen yang pernah tersimpan.

Langkah 2, Setelah terbuka, telusuri ke lokasi di mana Anda ingin menyisipkan bentuk lingkaran pada tulisan.

Langkah 3, Klik di tab Insert di bagian menu atas dalam MS Word. Kemudian pilih menu Shapes seperti gambar berikut.
Langkah 4, Untuk menampilkan daftar gambar bentuk lingkaran dll yang ingin ditambahkan, pastikan pilih bentuk Oval pada Basic Shapes.
Langkah 5, Klik mouse Anda di tempat yang diinginkan dalam dokumen Anda, lalu seret mouse hingga oval tadi berubah menjadi bentuk yang diinginkan.

Sampai di sini Anda bisa mengatur bentuk oval sesuai keinginan. Namun jika Anda membutuhkan bentuk lingkaran sempurna, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 6, Masuk ke menu Drawing Tools, dan pilih Format di bagian atas.
Langkah 7, Klik di dalam kotak Shape Height pada bagian Size di atasnya, kemudian atur tinggi lingkaran yang diinginkan dengan memasukkan angka.

Langkah 8, Klik di dalam kotak Shape Width di bawahnya untuk mengatur lebar, lalu masukkan nilai atau angka sama dengan yang telah Anda masukkan tadi di kotak atas (Langkah 7) agar bentuknya menjadi sebuah lingkaran sempurna.

Jika Anda ingin mengubah tampilan lingkaran, Anda dapat menyetel pengaturan bentuk menggunakan berbagai menu di tab Drawing ToolsFormat.

Informasi Tambahan Tentang Cara Melingkari Tulisan di Word

Terkadang pada saat Anda mencoba menambahkan bentuk di menu Shapes, biasanya bentuk yang dimasukkan akan tertutup background berwarna putih, di mana ketika Anda menyisipkan lingkaran pada tulisan, maka lingkaran ini tidak dapat terlihat karena warnanya menyerupai latar dokumen Word. Untuk mengatasinya, cukup tap pada lingkaran yang telah dibuat, lalu masuklah ke bagian menu Format > Shape Fill > Klik No Fill, hingga bentu sudah terlihat sempurna.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan warna pada garis lingkaran melalui menu Format. Jika sebelumnya Anda masuk ke bagian Shape Fill, di sini Anda perlu masuk di bagian menu di bawahnya yaitu Shape Outline. [Format > Shape Outline]. Sekaran Anda bisa memilih warna, serta mengatur ketebalan garis sesuai keinginan.

Metode lainnya mengenai cara melingkari tulisan di Word untuk membuat lingkaran sempurna pada dokumen, Anda bisa menggunakan papan keyboard dengan menekan dan tahan tombol Shift setelah Anda memilih bentuk gambar oval. Untuk melakukannya, ikuti seperti cara tadi yaitu buka tab Insert > Shapes > Oval dari menu drop-down, lalu tahan tombol Shift saat Anda membuat lingkaran pada dokumen Word.

Kesimpulan

Itulah metode sederhana yang perlu Anda lakukan untuk cara melingkari tulisan di Word melalui tools yang sudah disediakan langsung dari dalam program Microsoft Word. Metode di atas dapat bekerja hampir di semua versi Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, dan 2019. Kesimpulannya, bentuk lingkaran bisa dibuat dari dengan menambahkan dan mengatur bentuk Oval pada menu (Insert > Shapes > Oval).

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *