Cara Membuat Daftar Isi Manual

Ketika membaca sebuah buku atau e-book, daftar isi adalah acuan awal untuk mempermudah pencarian. Memang tidak semua buku mencantumkan daftar isi, tapi alangkah baiknya jika dibuat untuk mempermudah pembaca. Cara membuat daftar isi manual juga cepat dan mudah.

Meskipun kadang dianggap bagian tidak penting dari sebuah buku, kenyataannya penting untuk para pembaca. Dari daftar isi akan lebih mudah menentukan bab mana yang akan dibaca duluan. Tanpa adanya itu, membutuhkan waktu untuk menentukan halaman yang dicari.

Simak penjelasan membuat daftar isi di robotandro.com.

Seberapa Penting Daftar Isi dan Manfaatnya

Membaca secara urut dari awal sampai akhir sebuah buku bukan pilihan semua orang. Terkadang, orang membaca dari hal penting dan itu belum tentu di halaman pertama. Untuk itu dapat dikatakan daftar isi merupakan hal penting yang sebaiknya ada dalam sebuah buku.

Bukan hanya buku saja yang membutuhkan daftar isi, laporan riset, buku pembelajaran hingga skripsi juga membutuhkan. Daftar isi dibuat ketika sebuah buku telah selesai dibuat agar lebih mudah untuk merumuskan bacaan yang ada di dalamnya.

Jika bertanya seberapa penting sebuah daftar isi, sangat penting karena memiliki banyak manfaat. Di bawah ini manfaatnya yaitu:

Pelengkap Buku

Menjadi satu kesatuan utuh dari buku yaitu judul, daftar isi, isi buku dan daftar pustaka. Dengan demikian adanya daftar isi menjadi salah satu pelengkap sebuah buku yang penting. Meskipun ada beberapa buku yang tak mencantumkan daftar isi.

Pelengkap buku memang menjadikan sebuah buku lebih tertata dengan baik. Sangat tidak nyaman rasanya saat membuka buku setelah cover langsung isi dari buku tersebut. Untuk itu penting mengetahui cara membuat daftar isi manual agar tak terkesan ada bagian yang hilang.

Baca juga Cara Melingkari Tulisan di Word dengan Baik dan Benar

Mudah Mencari Bacaan

Manfaat kedua adalah cara mudah ketika mencarai sebuah bacaan sesuai keinginan. Bayangkan saja apabila yang dibaca buku tebal tanpa daftar isi. Hanya mencari salah satu sumber bacaan, bakal menghabiskan waktu untuk membaca halaman sebanyak itu untuk mencari beberapa bagian saja.

Pencarian akan membutuhkan waktu kurang tepat dan tidak praktis. Dengan adanya daftar isi tinggal melihat di bagian daftar isi bacaan apa yang dibutuhkan, cari halamannya dan ketemu langsung. Bacaan mana yang penting akan lebih mudah dicari dengan cepat.

Praktis

Pencarian apapun dalam sebuah jurnal, buku, e-book menjadi lebih praktis dan cepat dengan adanya daftar isi. Isi dari daftar ini mencakup semua bagian dari dalam buku, biasanya dijadikan bab-bab tertentu dan sub bab tersebut.

Adany bagian yang lebih mengerucut seperti ini lebih praktis untuk para pembaca yang mencari bacaan tertentu. Terlebih untuk bacaan yang berubungan dengan pembelajaran atau jurnal.

Hemat Waktu

Cara membuat daftar isi manual penting karena tidak semua orang memiliki waktu untuk membaca semua bagian dari sebuah buku. Pasti ada bagian tertentu yang dicari ketika menggunakannya sebagai resensi ilmiah atau riset.

Pelengkap daftar ini akan menghemat waktu pencarian yang sangat berguna untuk pembaca. Buku tebal atau tipis tetap penting dan daftar isi akan sangat membantu ketika pencarian. Pencarian lebih cepat, menghemat waktu dan tenaga sehingga dapat hemat banyak hal.

Baca juga 7 Cara Compress File Word Bisa Online dan Offline!

Mengetahui Garis Besar Isi Buku

Manfaat berikutnya adalah berguna untuk mengetahui garis besar dari isi buku. Melalui bab dan sub bab yang ada akan diketahui secara singkat apa isi dari bacaan tersebut. Meskipun tidak lengkap, tapi sudah dapat dibayangkan isinya seperti apa.

Memiliki banyak manfaat maka daftar isi menjadi hal penting dalam sebuah bacaan. Semua ini akan membuat pembaca lebih mudah menentukan mana yang sebaiknya penting untuk dibaca lebih dulu. Untuk membuatnya ada secara manual, selengkapnya baca hingga tuntas di sini.

Cara Membuat Daftar Isi Manual

Cara mudah ini akan mempersingkat waku ketika akan membbuat daftar isi. Di awal pembuatan lebih dahulu membuat halaman baru yang akan ditulis tentang daftar isi tersebut. Setelah itu, ikuti tahapannya sesuai urutan di bawah ini.

  1. Langsung ke ‘home’ lalu pilih ‘paragraph’, perhatikan gambar jarum atas bawah dan ‘left”.di bagian alignment. Lanjut ke ‘tabs’ lalu pilih ‘ok’.
  2. Muncul top up dan stop position isi 15, dan ‘right’ di alignment, perhatikam leader untuk angka ‘2’. Pilih ‘set’ lalu klik ‘ok’.
  3. Jika membutuhkan titik, kursor di geser klik ‘tab’ keyword, setelah itu muncul titik-titik. Apabila ingin menulis nomor halaman, langsung dapat diketik secara manual.

Tak membutuhkan wkatu lama, daftar isi yang diinginkan sudah selesai dan penulisan bagian rapi. Daftar isi menjadi pelengkap yang sebaiknya memang ada dalam sebuah buku atau e-book dan bacaan apapun.

Pada setiap daftar isi yang dibuat lebih menyamanakan pembaca ketika akan mencari daftar bacaan sesuai kebutuhan. Selain itu praktis dan dapat menghemat waktu dan tenaga. Dengan mengetahui cara membuat daftar isi manual maka akan menguntungkan banyak pembaca.

Check Also

Cara Membuat Kolase Foto Unik Dengan Handphone Android

Cara membuat kolase foto sangat penting dikuasai oleh fotografer dan penyedia jasa cetak foto. Karena ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.