Cara Membuat File  ZIP di Android tanpa Aplikasi

Cara membuat file ZIP di android tanpa aplikasi – Membuat file ZIP di android tanpa aplikasi memang benar ada?. Padahal secara umum kan format dokumen seperti itu hanya bisa dibuat di komputer atau laptop. Kalau di handphone, tentunya harus menginstal aplikasi pendukung. Masa iya sih, enggak pakai App tertentu, dokumen atau folder bisa dikompres?. Gimana caranya?.

Sebelum membahas lebih jauh tentang membuat file ZIP di hp, apakah Anda tahu pengertian dari format dokumen tersebut?. Mengutip dari beberapa sumber di internet, Zoing Improvement Plan (ZIP) merupakan suatu jenis ekstensi dokumen atau file yang digunakan untuk menyatukan beberapa data yang tercecer. Atau bisa juga sebagai alat pengubah ukuran dokumen. Yang tadinya berukuran besar, dalam sekejap saja langsung berubah menjadi kecil.

Baca: Cara Membuat Paket Nelpon Kartu AS

Hal ini sangat membantu  para mahasiswa atau Anda yang ingin mengirim file atau dokumen tertentu lewat email, tetapi terhalang karena ukurannya yang besar. Dengan hadirnya ekstensi ini, Anda tak perlu khawatir lagi. Cukup Satukan beberapa dokumen dalam satu folder, kemudian Anda bisa membuat file ZIP di komputer atau laptop menggunakan aplikasi WinRAR.

Tetapi,  jika tidak ada komputer atau laptop gimana?. Apakah aplikasinya bisa diinstal di handphone android?. Tentu saja bisa, Anda tinggal menginstal versi androidnya melalui playstore. Tunggu, apabila memori handphone penuh dan tak bisa melakukan penginstalan bagaimana?. Emang bener ya ada cara membuat file ZIP di android tanpa aplikasi? simak penjelasan di robotandro.com.

Dua Trik Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi

Menurut Anda, apa kelebihan dari dokumen yang berekstensi ZIP?.  Pertama, dokumen atau data Anda lebih terlindungi. Kedua, ketika mengirim ke email jadi sangat mudah karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Ketiga, file Anda menjadi rapi dalam satu folder.

Membuat File ZIP Melalui Pengaturan Bawaan Handphone Android

Apabila sistem operasi OS handphone Anda telah menggunakan versi Android 10, maka cara yang pertama ini dapat Anda praktikkan. Tetapi jika belum, dengan berat hati Anda tidak bisa menggunakannya. Contoh merek handphone yang memakai Android 10 adalah Oppo A11k, Oppo A16, Samsung Galaxy A21, dan masih banyak lagi. Tenang, untuk mengubahnya tidak diperlukan jaringan WiFi atau kuota internet. Anda bisa melakukannya secara offline. Berikut panduan lengkapnya :

  • Nyalakan handphone Android Anda terlebih dahulu.
  • Masuklah ke bagian aplikasi file manager. Biasanya, gambar iconnya itu berupa map atau folder berwarna kuning.
  • Jadikan dokumen dalam satu folder yang utuh. Simpan pada memori internal atau kartu SD. Terserah mau Anda simpan dimana, asalkan masih ada ruang yang cukup untuk mengkompresnya nanti.
  • Selesai menyimpan, tahan folder tersebut selama beberapa detik hingga muncul pengaturan di bawah.
  • Untuk mengubah ekstensi Filenya menjadi ZIP, klik tanda titik tiga berjejer yang ada di pojok kanan bawah.
  • Begitu diklik, nanti akan muncul tiga pilihan. Yaitu Mampatkan file / compress, ganti nama file, rincian, dan batal.
  • Anda pilih yang mampatkan file / compress.
  • Tunggulah beberapa saat sampai proses pengubahannya berhasil.
  • Dan selamat, folder yang tadi Anda simpan telah berubah menjadi ZIP.

Cara membuat file ZIP di android tanpa aplikasi tadi menggunakan handphone Oppo A11k. Untuk handphone merek atau tipe lainnya sama saja kok. Coba dan buktikan sendiri.

Baca juga Sangat mudah! Ini dia Cara Membuka file RAR di Laptop Windows 10

Mengubah Folder Menjadi ZIP di Laman Cloud Convert

Cara membuat file ZIP di android tanpa aplikasi yang terakhir adalah dengan memakai situs website cloud convert. Ini merupakan situs yang bisa mengkompres folder biasa menjadi ekstensi ZIP atau RAR. File-file yang tadinya terpisah-pisah, bisa dijadikan satu menjadi satu dokumen yang utuh dan rapi. Namun, cara yang kedua ini tidak bisa dilakukan secara offline. Handphone Anda harus terhubung ke internet supaya bisa masuk ke dalam situsnya. Supaya Anda tidak salah  mengkompresnya, bacalah petunjuk di bawah ini :

  • Sambungkan handphone Android Anda dengan internet. Boleh pakai WiFi ataupun paket data.
  • Buka  google chorme atau aplikasi browser lainnya yang Anda punya. Kalau bisa sudah diupdate ke versi terbaru.
  • Pada kolom search engine,  Masukkan kata kunci “cloud convert”. Atau bisa juga Anda masukkan Alamat URL https://cloudconvert.com/create-rar-archive di bagian side bar.
  • Halaman situsnya pun terbuka, segera masukkan file yang akan dikompres menjadi ZIP dengan menekan tombol bertuliskan “select file”.
  • Selanjutnya pilih pencarian file dengan mengklik tulisan “from my computer”.
  • Pilih satu atau dua file yang ingin Anda masukkan.
  • Pada tulisan create, disampingnya ada sebuah kotak yang digunakan untuk memilih ekstensinya. Anda pilih ZIP.
  • Tekan tombol “create archive” untuk mulai mengkompresnya. Tunggulah sampai selesai.
  • Setelah proses kompresnya selesai, langsung tekan tombol download untuk mengambil file ZIP Anda.

Meskipun harus menggunakan jaringan internet, tetapi cara membuat file ZIP di android tanpa aplikasi sangat mudah dan cepat.

Baca juga Cara Membuat Nomor Balap di HP Android

Terima kasih sudah menyimak artikel yang berjudul cara membuat file ZIP di android tanpa aplikasi. Semoga bisa membantu Anda yang sedang mengalami kesulitan dalam mengirimkan file yang ukurannya besar.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *