Cara membuat grup Wa dan undang lewat tautan

Artikel mengenai cara membuat grup wa mungkin perlu untuk Anda pengguna baru WhatsApp. Untuk seorang pemula tidak perlu khawatir, karena grub WhatsApp hampir sama seperti mengirim pesan biasa. Hanya saja di grub WhatsApp terdapat admin grub yang bertugas mengatur, menambah maupun mengeluarkan anggota.

Grup WhatsApp cukup populer digunakan oleh masyarakat. Apalagi di masa Pandemi sekolah, perguruan dan kantor melakukan pekerjaan dan pembelajaran secara daring. Dan salah satu wadahnya adalah grub WhatsApp.

Jadi, grup WhatsApp sangat bermanfaat disituasi sekarang ini. Intinya grub WhatsApp bukan hanya sekedar perkumpulan organisasi maupun alumni. Akan tetapi, juga dapat digunakan sebagai grup belajar. Nah bagaimana sih cara membuat grub, simak artikel robotandro.com berikut.

Cara membuat grup wa di hp

Membuat grup wa di ponsel android atau IOS terbilang cukup mudah. Fitur di grup wa juga mudah diaplikasikan, seperti chating pribadi. Pada bagian kolom chat, anda dapat mengirimkan gambar, dokumen, video, merekam dan mengirim audio, share lokasi, mengirimkan stiker, emoji, kontak, kamera. Jika merasa tidak nyaman masuk di grup, Anda juga dapat keluar dengan mengklik titik tiga di kanan atas. Berikut adalah cara membuat grub wa di hp android dan IOS.

Menggunakan hp android

  1. Unduh dan pasang aplikasi WhatsApp melalui Playstore
  2. Buka, lalu pilih opsi tanda titik tiga pada pojok kanan atas.
  3. Ketuk opsi grub baru. Opsi lainnya dapat juga klik pada tombol bergambar chat pada bagian kanan bawah, lalu ketuk grub baru.
  4. Selanjutnya, pilih atau cari nama kontak yang akan ditambahkan kedalam grub. Jika ingin memilih semua kontak, tinggal mengklik semuanya.
  5. Lalu klik tanda panah hijau, dibagian pojok atas.
  6. Selanjutnya, anda disuruh untuk mengisi subjek grub. Subjek disini merupakan nama grub yang akan terlihat oleh semua anggota, berikut aturannya :
  7. Subjek jumlah karakternya tidak lebih dari 25 karakter. Contohnya grub BLINK
  8. Anda juga dapat menambahkan emoticon pada subjek grub.

Selain itu, tambahkan pula gambar atau foto, dengan mengetuk ikon kamera.

Selanjutnya cara membuat grup wa di IOS.

Baca juga Cara Melihat Status WA Yang di Privasi

Menggunakan IOS

  1. Unduh dan pasang aplikasi WhatsApp melalui AppStore secara gratis.
  2. Buka WhatsApp dan pilih menu chat.
  3. Kemudian dibagian bawah, ketuk opsi “grub baru”. Anda dapat menambahkan kontak ke grub WhatsApp sebanyak 256 anggota.

Seperti halnya dengan WhatsApp android, di hp iPhone juga dapat mengubah foto profil dan subjek grub.

  • Lalu pilih “create” di pojok kanan atas.
  • Selesai, Anda dapat memulai obrolan grub.

Dengan cara ini Anda tidak perlu menambahkan satu persatu anggota untuk bergabung ke grup. Anda dapat membuat tautan, kemudian dibagikan kepada teman yang lain. Sehingga hanya dengan mengklik tautan tersebut, anggota lain akan otomatis bergabung ke grub Anda. Cara tersebut hanya dapat dilakukan oleh admin grup saja. Akan tetapi, jika Anda adalah admin grup, Anda juga dapat menjadikan anggota lain sebagai admin grub juga.

  1. Buka obrolan di grub wa, lalu pilih subjek grub. Pilihan lainnya klik lalu tahan subjek grub di tab obrolan. Lalu pilih opsi lainnya pada tombol titik tiga dan klik info grup.
  2. Klik ikon undang via tautan.
  3. Pilih kirim tautan melalui wa, lalu salin dan bagian tautan. Undangan tersebut dapat dishare ke berbagai aplikasi lain ataupun dengan kode QR.
  4. Jika men-share melalui wa, yaitu carilah kontak lalu pilih tombol kirim.
  5. Untuk mengatur ulang tautan, tinggal klik tulisan “setel ulang tautan”.

Baca juga Cara Membuat Link WA

Jika Anda ingin mengubah subjek maupun ikon gambar di grup wa, ikuti langkah-langkahnya berikut :

  1. Buka Aplikasi wa di ponselmu, lalu klik obrolan grub.
  2. Tekan ikon titik tiga dibagian atas.
  3. Lalu klik opsi info group.
  4. Tekan tombol pensil untuk mengubah subjek grub WhatsApp.
  5. Setelah itu, tekan ikon gambar untuk mengganti foto grub.
  6. Selesai, sangat simpel sekali.

Note : Setiap pengguna Wa yang menerima link atau tautan secara otomatis dapat bergabung ke grub. Kekurangan dari fitur ini adalah teman Anda dapat meneruskan link tautan tersebut ke orang lain. Sehingga, orang lain dengan mudah masuk ke grup tanpa adanya persetujuan. Namun, jika posisi Anda admin, Anda dapat mengeluarkan maupun menambahkan kontak lain.

Penutup

Diatas merupakan cara membuat grub wa di ponsel android. Nah, sekarang adalah cara membuat grup wa di ponsel iPhone.

Demikian, cara membuat grup wa yang cepat dan praktis. Pastikan grub WhatsApp Anda memiliki suasana yang positif ya. Jalin juga komunikasi  dengan teman lama, agar grub Anda tetap aktif dan asik. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat bagi Anda pengguna baru WhatsApp.

About Andro

Check Also

Cara Ajukan Retur di Lazada

Cara ajukan retur di Lazada  menjadi penyelesaian bagi banyak pengguna salah satu e-commerce nomor satu ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!