Cara Memperbaiki Jaringan Internet di HP Xiaomi

Apakah ponsel Xiaomi Anda mengalami masalah dengan koneksi internet? Jangan khawatir! Di sini kami akan membagikan pada Anda, cara memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi yang error atau tidak berfungsi sehingga tidak bisa digunakan.

Cara Memperbaiki Jaringan Internet di HP Xiaomi



Koneksi internet merupakan salah satu kebutuhan utama bagi sebagian besar pengguna smartphone saat ini. Karena dengan adanya internet, Anda dapat menjelajahi berbagai informasi di seluruh dunia hanya dalam satu genggaman tangan Anda. Namun apa jadinya bila koneksi di HP Anda terjadi masalah, tentu aktivitas Anda menjadi terbatas bukan?

Hal inilah yang juga dialami beberapa pengguna Xiaomi, mulai dari jaringan internet lemah, setelan data aktif namun tidak bisa terhubung ke internet, hingga ada yang bahkan pengaturan data selulernya tidak bisa diaktifkan sama sekali. Sedangkan pengguna lainnya justru mendapati keluhan, bahwa perangkat Xiaominya bahkan tidak bisa terkoneksi ke jaringan Wi-Fi.

Lantas apakah penyebab masalah koneksi internet di HP Xiaomi? Dan yang paling penting, bagaimanakah cara mengatasinya? Nah sekarang mari kita lihat beberapa panduan mengenai cara memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi di bawah ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki Jaringan Internet di HP Xiaomi?

Ada berbagai alasan mengapa smartphone Xiaomi bisa mendapatkan masalah pada jaringan internet, entah karena error di setelan data, APN, atau justru permasalahan pada jaringan operator itu sendiri. Oleh sebab itu penting untuk Anda ketahui dari mana asal permasalahannya.

Sebelum kami menjelaskan langkah-langkah untuk memperbaiki koneksi internet di perangkat Anda, pastikan jaringan di HP Xiaomi yang Anda gunakan memiliki tipe duplex mode FDD-LTE/WCDMA. Untuk mengetahuinya Anda dapat melihat pada bagian kotak smartphone Xiaomi Anda ketika pertama kali membeli.

Kenapa demikian? Karena jika kemungkinannya jaringan 3G dan 4G di Xiaomi Anda menggunakan duplex mode TD-SCDMA 3G atau TDD-LTE 4G, maka bisa jadi Anda tidak dapat mengunakan koneksi Anda.

Karena duplex mode FDD-LTE/WCDMA inilah yang biasa digunakan di berbagai operator GSM di Indonesia, misalnya Indosat dan Telkomsel. Nah bila Anda sudah memastikan, silahkan ikuti panduan berikut untuk mengetahui cara memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi.

#1 Memperbaiki Jaringan Internet di HP Xiaomi: Data Seluler Tidak Muncul

Sebenarnya ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi di berbagai smartphone, di mana saat Anda menghidupkan setelan data namun jaringan tidak merespon sama sekali.

Hal ini bukan terjadi karena adanya kerusakan atau semacamnya di HP Xiaomi, melainkan karena lambatnya rospon yang diterima dari pada operator jaringan yang Anda gunakan. Dan untuk mengatasinya cukup sederhana saja, Anda bisa lakukan hal-hal biasa seperti berikut:

1.  Memulai Ulang Perangkat Xiaomi

Melakukan restart pada perangkat merupakan metode sederhana untuk cara memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi, jika masalahnya dikarenakan koneksi data di Xiaomi Anda tidak merespon atau tidak memunculkan ikon internet di atas layar.

Jadi Anda hanya perlu memulai ulang perangkat Xiaomi dengan maksud untuk melakukan refresh (menyegarkan ulang) pada sistem, sehingga nantinya dapat memulihkan berbagai setelan yang menyebabkan data menjadi error.

  Silahkan matikan HP Xiaomi dengan menekan tombol power seperti biasa.

  Kemudian jangan menyalakan ponsel terlebih dahulu, tetapi lepaskan baterai dari perangkat.

  Tunggu selama kurang lebih 30-60 detik, baru kemudian pasangkan kembali baterai HP.

  Terakhir, silahkan nyalakan ulang ponsel Xiaomi Anda.

Catatan:
Bagi pengguna Xiaomi dengan baterai tanam, tidak perlu melepaskan baterainya. Anda hanya perlu menunggu waktu 30-60 detik setelah Anda menonaktifkan perangkat Xiaomi Anda tadi. Lalu nyalakan kembali seperti biasa untuk melihat apakah bisa memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi.

2.  Aktifkan Data Seluler

Setelah melakukan cara pertama dengan merestart HP Xiaomi, tunggu beberapa detik saat ponsel dinyalakan lagi. Bila jaringan Anda sudah muncul, sekarang coba aktifkan data seluler di smartphone Anda.

Anda bisa mengaktifkan langsung dari menu pintasan di atas layar ponsel dengan menggeser jari Anda dari atas ke bawah, dan pilih ikon Data seluler untuk mengaktifkan internet.

Apabila tidak merespon, Anda dapat mencoba mengaktifkan data melalui pengaturan, dengan cara masuk ke menu ” Setting ” atau ” Pengaturan “, pilih setelan kartu SIM & Data seluler. Sekarang pilih bagian ” Data Seluler ” dan aktifkan.

3.  Tes Kartu SIM di Ponsel yang Berbeda

Cara memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi jika kedua langkah di atas tidak menyelesaikan masalah Anda, cobalah untuk memindahkan kartu SIM Anda ke HP yang berbeda.

Hal ini untuk mengetahui apakah penyebabnya ada pada kartu SIM yang Anda gunakan, atau justru smartphone Anda sendiri yang mengalami masalah error pada pengaturan internet.

Kalau masalahnya memang berasal dari kartu yang Anda pakai (apabila setelah dipindahkan ke HP lain tetap tidak berfungsi), maka dalam hal ini Anda harus menghubungi call center dari operator yang Anda gunakan untuk menanyakan terkait masalah koneksi internet tersebut.

#2 Memperbaiki Jaringan Internet di HP Xiaomi: Koneksi Aktif Tapi Tidak Bisa Diakses

Masalah kali ini berkaitan dengan setelan Data seluler sudah aktif namun tidak bisa digunakan untuk mengakses internet, baik untuk browsing atau akses ke media sosial. Jika ini yang Anda alami pada smartphone Xiaomi Anda, tentu hal pertama Anda perlu memeriksa apakah kuota di HP Anda masih ada atau tidak.

Bila memang paket kuota Anda ternyata masih ada, maka bisa dipastikan ada masalah di setelan ponsel yang menyebabkan data seluler tidak bisa digunakan untuk mengakses browser, media sosial Facebook, WA dan sebagainya.

Berikut beberapa tips untuk Anda, cara memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi saat data seluler aktif tetapi tidak dapat dipakai untuk mengakses ke berbagai media internet.

1.  Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cache tidak hanya membuat kinerja di smartphone Android Anda menjadi lambat, tetapi juga bisa menghambat jalannya koneksi internet yang justru menyebabkan berbagai masalah.

Jika Anda baru saja melakukan update pada operating system MIUI Xiaomi, maka ikuti panduan seperti berikut untuk memperbaiki jaringan internet yang tidak bekerja, antara lain:

  Silahkan buka aplikasi

  Pastikan Anda memilih opsi Cleaner, dan kemudian pilih setelan Deep Clean.

  Deep Clean memungkinkan Anda untuk menghapus cache secara mendalam, jadi tunggu saja proses yang sedang berjalan.

  Setelah selesai, silahkan matikan HP Xiaomi dan nyalakan ulang (restart)

  Terakhir, aktifkan Data seluler dan coba akses ke browser atau media sosial Anda.

2.  Mengatur Setelan APN

Pengaturan APN yang salah dapat menjadi penyebab sinyal internet Anda bermasalah. Contohnya, jika sebelumnya Anda pernah menggunakan setelan APN operator Indosat, tentu tidak sama jika Anda pindah ke operator Telkomsel. Sehingga dalam hal ini Anda perlu memastikan apakah setelan APN Anda sesuai dengan operator jaringan yang Anda gunakan.

Salahkan ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur setelan APN di smartphone Xiaomi milik Anda.

  Dari menu utama, masuk ke bagian Setting (Pengaturan ponsel), pilih Kartu SIM & Data Seluler.

  Buka pengaturan SIM Card, lalu pilih salah satu jaringan operator yang Anda pakai untuk internet.

  Pilih SIM Card Setting, dan di bagian ” Cellular Network ” pilih Access Point.

  Di sini Anda dapat melihat jenis APN, di bagian General dan MMS.

  Sekarang, tekanlah opsi Reset (tombol ini ada di bawah).

  Kemudian tunggu beberapa saat, lalu silahkan restart HP Xiaomi Anda.

  Terakhir, nyalakan kembali koneksi data Xiaomi dan coba periksa lagi jaringan internet seperti biasa.

Nah setelah melakukan reset setelan APN di pengaturan ponsel, biasanya pengaturannya akan disesuaikan dengan operator jaringan yang Anda gunakan. Jika memang benar, berarti cara memperbaiki jaringan internet di HP Xiaomi telah berhasil dengan metode ini.

Kesimpulan

Internet merupakan kebutuhan penting bagi sebagian besar pengguna smartphone, baik digunakan untuk mencari informasi atau sekedar untuk hiburan semata. Koneksi internet yang error tentu menjadi masalah bagi Anda. Oleh karena itu postingan ini dibuat untuk membantu Anda cara memberbaiki jaringan internet di HP Xiaomi yang bermasalah. Silahkan ikuti langkah-langkah seperti di atas, dan semoga berhasil.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *