Cara Mencadangkan WA Dengan Trik Yang Paling Jitu

Cara mencadangkan WA dijadikan oleh banyak pengguna aplikasi berbalas pesan ini untuk menyelamatkan data atau riwayat chatnya. Karena seringkali saat sudah terlanjur dihapus tiba-tiba memerlukannya untuk kebutuhan penting yang mendesak.

Chat yang menumpuk dari ke hari memang membuat beban memori handphone semakin bertambah. Sehingga kerap mengganggu kinerja perangkat yang digunakan dan menyebabkan performanya menurun. Itulah sebabnya sebelum menghapus pesan cadangkan WA terlebih dahulu agar data yang sekiranya penting tidak hilang.

Kalau anda belum pernah sama sekali mencoba metode yang satu ini, maka bisa mengikuti cara robotandro.com berikut ini. Karena cara yang paling mudah ini paling populer di kalangan pengguna.

Cara Mencadangkan WA Yang Paling Jitu

Di masa sekarang bisa dibilang aplikasi chat WA adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi. Hampir semua percakapan baik secara pribadi maupun untuk bisnis digunakan melalui WA. Sehingga sangat menyedihkan ketika mendadak handphone kereset sendiri atau hilang. Sementara banyak percakapan penting yang tersimpan di dalamnya.

Padahal ketika percakapan tersebut di backup, semua percakapan grup maupun pribadi tidak akan hilang. Meskipun handphone yang digunakan sudah hilang atau berganti handphone baru namun memakai nomor yang sama. Cara mencadangkan WA dengan cara yang jitu adalah sebagai berikut:

1.     Mencadangkan Pesan Untuk HP Android

Handphone dengan basis Android memiliki jumlah pengguna yang paling besar dibandingkan dengan OS lainnya. Sehingga untuk cara yang pertama adalah pencadangan pesan melalui handphone yang berbasis android. Langkah-langkahnya mudah diterapkan seperti dibawah ini:

  • Pastikan perangkat yang anda gunakan sudah terhubung dengan Google Drive sebagai tempat pencadangan.
  • Kemudian bukalah aplikasi WA yang sudah terpasang pada handphone yang anda gunakan sekarang dan ingin dicadangkan.
  • Langkah selanjutnya adalah mengetuk icon titik tiga yang posisinya ada di pojok kanan atas layar aplikasi pada handphone anda.
  • Setelah dapat masuk ke menu setting atau pengaturan maka anda dapat mengetuk account untuk melanjutkan.
  • Pada tahap ini anda harus memilih akun google yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan.
  • Setelah memilih akun google lanjutkan dengan chats kemudian lanjutkan dengan backup untuk memulai pencadangan.
  • Selesaikan dengan mengetuk menu backup dan tunggu sampai semua data yang anda miliki tersimpan ke dalam google drive tersebut.

Agar lebih aman, alangkah baiknya kalau anda tidak lupa untuk mencadangkan pesan WA secara berkala sehingga tidak yang terlewat. Meski memerlukan sedikit waktu, namun suatu hari bisa jaadi sangat membantu saat membutuhkan data yang sudah hilang atau terhapus.

Baca juga Cara Download Status WA

2.     Mencadangkan Pesan Untuk HP Iphone

Meskipun fiturnya sangat canggih dan berkelas, namun pengguna Iphone lebih sedikit dibandingkan handphone yang berbasis android karena harganya yang cukup mahal. Sepadan dengan kualitas dan layanan yang didapatkan oleh pengguna.

 Cara mencadangkan WA Dengan handphone Iphone juga sama mudahnya. Bahkan sedikit lebih praktis dibandingkan cara mencadangkan untuk handphone android,

  • Langkah pertama adalah membuka terlebih dahulu aplikasi WA yang sudah digunakan pada handphone Iphone anda.
  • Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan menu setting untuk memulai proses pencadangan pesan.
  • Setelah itu anda dapat langsung memilih menu back up now agar data anda bisa disimpan di iCloud Iphone anda.
  • Anda juga dapat menggunakan fitur auto backup dan mengatur frekuensi backup sehingga pencadangan akan  otomatis terjadwal dengan teratur.

Mencadangkan pesan sangat penting karena suatu hari nanti akan dapat digunakan untuk memulihkan riwayat chat saat diperlukan. Meskipun tidak memerlukan waktu yang lama namun di suatu hari nanti akan sangat berguna ketika perlu bukti chat misalnya.

Baca juga 3 Langkah Cara Membuka Bisukan Status WhatsApp di Android dan iPhone

3.     Mencadangkan Pesan Lewat PC atau laptop

Cara yang ketiga ini paling jarang digunakan karena kebanyakan orang mencadangkan melalui perangkat handphone. Namun ternyata menggunakan Laptop ataupun PC juga bisa untuk melakukan pencadangan pesan ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai langkah awal anda harus menghubungkan handphone dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  • Setelah itu anda harus membuka handpone untuk membuka folder pada WA.
  • Setelah itu lanjutkan dengan membuka folder database.
  • Selanjutnya pilih beberapa data yang yang ingin dicadangkan.
  • Setelah selesai memilih maka data tersebut dapat disalin untuk ditempelkan ke folder yang sudah anda buat di dalam PC atau laptop
  • Tunggu sebentar dan semua data akan tercadangkan ke dalam perangkat yang anda gunakan.

Saat sudah mencadangkan pesan maka anda tidak perlu khawatir lagi saat handphone rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Apalagi ketika harus  membeli handphone baru sebagai penggantinya. Karena chat yang ada bisa dipulihkan kembali dengan mudah saat menggunakan nomor yang sama.

Itulah tiga cara mencadangkan WA  cara paling populer yang dapat anda gunakan untuk melindungi riwayat perpesanan WA. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan perangkat yang digunakan. Selamat mencoba!

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *