Cara Mengaktifkan WhatsApp Mode Pesawat

Ingin tahu bagaimana cara mengaktifkan mode pesawat di WhatsApp? Ikuti informasi selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui caranya!

pixabay.com


Anda tentunya tahu, bahwa WhatsApp merupakan aplikasi yang digunakan untuk saling berikirim pesan ke sesama pengguna secara online, di mana untuk menjalankannya Anda perlu mengaktifkan fitur internet di smartphone, baik dengan layanan kuota atau jaringan wifi aktif. Sedangkan apabila Anda menonaktifkan layanan internet Anda, maka secara otomatis aktivitas di WA akan berjalan offline. Lalu bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp mode pesawat walau HP sedang online?

Cara mengaktifkan mode pesawat di WhatsApp memang tidak serta merta seperti Anda mengaktifkan langsung “airplane mode” dari pengaturan ponsel. Karena hal tersebut jelas akan menonaktifkan semua layanan yang berhubungan dengan kartu SIM, entah untuk telepon, SMS maupun chattingan online.

Nah, untuk itu kami akan menjelaskan kepada Anda apa saja yang harus dilakukan jika Anda ingin mematikan status online di aplikasi WhatsApp meskipun jaringan internet di HP Anda 100% sedang aktif.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di WhatsApp Walau Sedang Online?

WhatsApp mode pesawat pada dasarnya bukan fitur yang dapat diaktifkan langsung di dalam aplikasinya, sehingga bukan hal yang bisa dilakukan bila Anda menggunakan aplikasi WA secara normal.

Jadi yang ingin kami sampaikan kepada Anda, jika ingin mendapatkan fitur layanan tersebut Anda harus menggunakan aplikasi WhatsApp dari pihak ketiga yang telah dimodifikasi dengan berbagai fitur yang sudah dimanipulasi.

Dalam hal ini ada beberapa versi modifikasi dari aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan, umumnya seperti GB-WA atau FM-WA. Jika Anda belum pernah menggunakan WA versi ini, silahkan ikuti beberapa paduan di bawah untuk cara mengaktifkan WhatsApp mode pesawat tanpa menonaktifkan internet.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Mode Pesawat

Sebelum masuk ke tutorialnya, pastikan Anda sudah mengunduh terlebih dahulu bahannya yaitu aplikasi GB WhatsApp. Setelah itu langsung saja install di perangkat Android Anda, kemudian ikuti cara mengaktifkan mode pesawat di WhatsApp seperti berikut.

Langkah 1, Buka aplikasi GB WhatsApp di smartphone Android.

Langkah 2, Lihat di bagian atas sebelah kanan dari menu utama WA, pastikan untuk klik ” icon Pesawat ” di sana.

Langkah 3, Akan ada sebuah notifikasi untuk mengkonfirmasi pilihan Anda, lalu tekan saja ” Yes “.

Langkah 4, Bila berhasil, maka otomatis akan muncul icon pesawat yang berarti WhatsApp mode pesawat telah diaktifkan.

Setelah semua panduah di atas sudah Anda lakukan dengan benar, kini Anda bisa mengakses ke berbagai aplikasi lainnya tanpa khawatir akan ada lagi gangguan dari kontak atau grup WhatsApp Anda. Dan jika Anda ingin menonaktifkan kembali ke mode biasa, cukup lakukan hal yang sama seperti cara di atas, lalu konfirmasi.

Catatan Penting!

  Mengaktifkan WhatsApp mode pesawat sama artinya Anda mematikan semua layanan di dalam aplikasi tersebut. Dengan kata lain Anda tidak akan bisa mengirim maupun menerima pesan dari fitur obrolan di WhatsApp karena layanannya sudah dalam mode offline walaupun koneksi data Anda masih aktif.

  GB WhatsApp bukan berasal dari penyedia resmi, melainkan aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga. Sehingga keamanan dalam aplikasi ini sama sekali tidak terjamin. Akun Anda mungkin sewaktu-waktu akan dibanned bila terdeteksi menggunakan versi modifikasi tersebut.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Mode Pesawat Tanpa Modifikasi

Mungkin karena alasan seperti di atas, Anda tidak ingin menggunakan aplikasi GB WA atau semacamnya. Karena itu Anda mungkin bertanya-tanya, adakah cara lain untuk mengaktifkan mode pesawat di WhatsApp versi biasa?

Ada cara lain untuk menonaktifkan online di WA smartphone yang Anda gunakan. Tetapi untuk metode ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan fitur mode pesawat, melainkan dengan cara menutup paksa aplikasi WA tersebut.

  Langkah pertama, buka layanan pengaturan di ponsel Anda.

  Berikutnya, gulir ke bawah dan temukan ” Manajemen Aplikasi ” atau ” Daftar Aplikasi “.

  Pastikan Anda sudah masuk ke daftar pilihan aplikasi Android.

  Kemudian carilah aplikasi WhatApp, dan klik icon WA di sana.

  Sekarang, tekan ” Paksa berhenti ” untuk menutup layanan.

  Pada bagian menu “Detail penggunaan data“, nonaktifkan pilihan “Data di Latar Belakang“.

  Tekan back, dan masuk lagi ke menu “Penggunaan baterai“, lalu nonaktifkan “Izinkan aktivitas latar belakang“.

Nah, setelah mematikan kedua opsi tersebut, aplikasi WhatsApp akan secara otomatis tertutup dan tidak akan menerima lagi pesan ataupun panggilan sampai Anda membuka kembali aplikasinya. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengaktifkan WhatsApp mode pesawat seperti metode pertama.

Kesimpulan

Cara mengaktifkan mode pesawat di WhatsApp tidak bisa dilakukan dengan cara biasa, karena memang tidak ada fitur seperti ini di dalam aplikasinya.

fitur WhatsApp mode pesawat hanya dapat ditemukan pada versi WA yang telah dimodifikasi yang bisa Anda temukan di berbagai situs di internet, yaitu GB WA atau FM WA. Yang mana dengan versi tersebut Anda akan menemukan berbagai fitur yang sebelumnya belum pernah ada di WhatsApp biasa.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *