Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Informasi tentang cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam pastinya akan sangat dibutuhkan oleh para pemilik telepon seluler keluaran terbaru. Bisa dimaklumi karena untuk semua telepon pintar generasi baru baterai yang digunakan adalah jenis baterai tanam.

Banyak sekali keuntungan yang didapat dengan digunakannya baterai tanam ini. Selain memiliki berat yang lebih ringan karena ukurannya juga lebih mungil, baterai tanam juga lebih praktis. Akan tetapi seiring dengan waktu masalah tetap saja akan muncul.

Biasanya permasalahan yang dialami oleh para pengguna telepon seluler yang memakai baterai tanam adalah tidak bisa di cas. Untuk itu di bawah ini ada beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang dapat Anda simak di robotandro.com.

HP Tidak Bisa Cas

1. Gunakanlah Charger Berkapasitas Besar

Tujuan digunakannya charger yang memiliki kapasitas ampere tinggi adalah untuk memancing haterai tanam yang sudah tak bisa di cas tadi. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan HP dengan baterai tanam milik Anda yang tidak bisa di cas.
  • Siapkan juga sebuah charger berkapasitas tinggi. Charger seperti ini biasanya digunakan untuk jenis HP dengan fitur fast charging.
  • Plug in charger ke port HP baterai tanam Anda.
  • Tunggu selama beberapa menit.
  • Setelah baterai tanam di HP Anda merespon, segera ganti charger kapasitas tinggi tadi dengan charger asli bawaan HP, agar IC charger HP Anda tidak rusak.

2. Istirahatkan HP Anda

Terkadang pada sebuah HP dengan baterai tanam yang tidak bisa di cas itu disebabkan oleh penuhnya kapasitas penyimpanan internal. Akibatnya HP pun berjalan dengan lemot dan akan memakan banyak daya baterainya.

Hal ini akhirnya menimbulkan terjadi peningkatan temperature pada baterai. Solusinya silahkan Anda lepas kartu microSD serta SIM CARD Anda, lalu biarkan HP beristirahat selama beberapa waktu.

Baca juga Mudah! Cara Mengubah Tulisan di HP Berbasis Android

3. Install Aplikasi Kalibrasi Baterai

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam dapat dilakukan dengan melakukan proses kalibrasi pada baterai HP Anda. Tujuan dilakukan kalibrasi adalah agar baterai HP dapat kembali ke siklus awalnya. Langkahnya sebagai berikut:

  • Pada Google PlayStore, carilah aplikasi Kalibrasi Baterai.
  • Lakukan pengunduhan.
  • Setelah selesai diunduh, operasikan aplikasi dengan mengikuti semua instruksi yang tertera pada layar HP milik Anda. Jangan lupa pastikan baterai HP Anda dalam keadaan full pada tahap ini, agar prosesnya lancar.
  • Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses selesai dengan sempurna.
  • Setelah selesai, nyalakan kembali HP untuk melihat apakah cara ini berhasil mengatasi permasalahan yang ada.

4. Cek Port Charger HP

Meski mungkin terkesan sangat sepele, namun di beberapa kasus terjadi sebuah HP dengan baterai tanam tidak dapat dilakukan pengisian daya karena port chargernya kotor.

Debu atau kotoran yang menempel pada port charger akan menjadi penghalang sehingga meski charger sudah disambungkan, HP tak dapat mendeteksinya. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk membersihkan port charger telepon seluler mik Anda.

Gunakanlah lidi atau cotton bud kering dan bersih untuk membersihkan lubang di bagian terminal pengisian HP milik Anda. Lakukan dengan pelan dan sangat hati-hati.

Baca juga Sedih Karena Hasil Jepretan Buram, Inilah Cara HD in Foto di HP Untuk Mengatasinya!

5. Manfaatkan Fitur Factory Reset

Apabila semua langkah di atas telah Anda coba namun baterai tanam dari telepon seluler milik Anda masih juga belum bisa digunakan, lakukanlah langkah pamungkas. Langkah terakhir yang direkomendasikan adalah melakukan reset pabrik melalui fitur factory reset.

Mengaktifkan fitur factory reset ini perlu dilakukan demi memulihkan sistem HP yang error. Sistem HP error kadang terjadi dan mengakibatkan kegagalan pengisian daya. Langkahnya sebagai berikut ini:

  • Sebelum memulai proses factory reset, pastikan terlebih dahulu jika Anda telah melakukan pencadangan semua data yang ada serta tersimpan di dalam HP. Perlu Anda pahami bahwa hal ini perlu dilakukan karena tindakan ini nantinya akan membawa konsekuensi atas hilangnya semua data yang tersimpan di dalam HP secara permanen.
  • Jika proses pencadangan data telah selesai Anda lakukan, maka untuk selanjutnya cari menu pengaturan pada HP Anda, lalu masuklah ke menu tersebut.
  • Berikutnya gulir ke bawah agar Anda dapat menemukan opsi Backup and Reset.
  • Kemudian klik pada tombol Factory data reset.
  • Lalu tunggu selama beberapa waktu sampai semua proses reset ke setelan awal pabrik selesai.

Sebagai informasi, langkah-langkah di atas bisa berbeda pada setiap merek atau brand HP sebab ada perbedaan pengaturan letak dan nama fitur.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Agar kejadian tidak menyenangkan seperti ini tak Anda alami, maka mulai sekarang berikan perhatian lebih pada kesehatan telepon seluler milik Anda. Lakukan pengisian data pada telepon seluler Anda secara rutin, gunakan charger HP yang sesuai dengan kapasitasnya adalah hal-hal ringan yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan preventif.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *