Cara Gampang Mengembalikan Chat WA Terhapus

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus seringkali tidak diketahui pengguna aplikasi perpesanan yang paling populer ini. Padahal banyak pengguna yang membutuhkan cara ini untuk mencari informasi penting yang mungkin tidak sengaja terhapus saat sedang membersihkan pesan.

Aplikasi pesan ini merupakan yang paling banyak digunakan pengguna handphone masa kini. Karena selain memakainya tidak berbayar juga memiliki banyak fitur yang memenuhi keinginan pengguna, Termasuk juga keunggulannya adalah dapat melihat kembali chat WA yang terhapus.

Langkah mudah untuk melakukannya akan dibahas robotandro.com dalam artikel kali ini. Dua langkah yang paling mudah dari banyak cara yang ada, kalau anda memerlukan cara ini simak sampai akhir ya?

Cara Gampang Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus

Whatsapp atau kerap disebut dengan singkatannya yang lebih populer di kalangan pengguna yaitu WA memang sangat menyenangkan. Selain ukurannya yang tidak terlalu berat juga menyediakan banyak fitur yang sangat disukai. Seperti stiker, pesan suara, panggilan video dan berbagai macam fitur menarik lainnya. Sehingga tak heran kalau banyak pengguna aplikasi  berbalas pesan lainnya pindah ke layanan pesan yang satu ini.

Meskipun ukuran aplikasinya sangat ringan, tetapi anda harus rajin menghapus riwayat perpesanan. Karena chat yang menumpuk pada aplikasi ini membuat beban penyimpanan menjadi bertambah sehingga mengganggu kinerja handphone. Terutama pesan suara, gambar, GIF maupun video yang memakan banyak ruang.

Baca juga Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Saat dirasa handphone mulai lemot dan sering ngelag ada baiknya pesan-pesan tak penting segera dihapus untuk meningkatkan performa perangkat. Tetapi mungkin tiba-tiba anda pernah mengalami penyesalan karena telah menghapus pesan tersebut. Yang rupanya pesan yang terlanjur dihapus tadi penting bagi anda. Jangan sedih karena ada beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus paling praktis yang dapat anda gunakan.

1.     Mengembalikan Chat WA Dengan Fitur Recent Backup

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling disukai oleh pengguna WA karena penerapannya yang sangat mudah. Namun memerlukan jaringan internet yang cukup agar proses pengunduhan kembali tidak mengalami hambatan.

  • Sebagai langkah awal anda harus menguninstal aplikasi WA ini dari handphone anda.
  • Setelah diuninstal kemudian unduh kembali agar aplikasi WA terpasang pada handphone anda kembali.
  • Tunggu sebentar sampai ada notifikasi di layar yang isinya restore your chat history.
  • Kemudian pilihlah menu restore agar pesan anda yang sudah terhapus sebelumnya dapat kembali.
  • Tunggu sampai proses selesai dan sekarang chat anda yang lama sudah terhapus pun dapat kembali

Cara ini sangat disukai bukan hanya karena mudah, namun juga tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan presesnya. Sehingga tidak perlu menambah memori pada ruang penyimpanan perangkat yang anda gunakan.

2.     Mengembalikan Chat WA Dengan Google Drive

Cara yang kedua inipun tidak sulit dan juga memerlukan jaringan internet yang stabil, karena memanfaatkan penyimpanan awan atau cloud. Kali ini anda bisa menggunakan cloud yang disediakan oleh Google yakni Google Drive.

Mungkin selama ini anda tidak menyangka kalau Google drive dapat dimanfaatkan sebagai cara mengembalikan chat WA yang terhapus. Agar dapat menggunakan fitur ini anda dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Seperti pada langkah diatas, maka kali ini untuk memulai proses pengembalian anda juga harus menguninstall lebih dahulu aplikasi perpesanan ini dari perangkat handphone anda.
  • Setelah aplikasi ini hilang dari handphone, maka install kembali agar terpasang pada perangkat anda.
  • Jangan lupa untuk melakukan verifikasi nomor handphone yang sudah anda daftarkan sebelumnya pada aplikasi yang baru saja diunistal agar terhubung kembali.
  • Kemudian pada menu dari Google, anda harus memilih restore untuk melanjutkan prosesnya dan pencet next.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan anda dapat memiliki kembali pesan yang sudah terlanjur di hapus dari aplikasi tersebut.

Selain jaringan internet yang stabil anda juga harus rajin untuk mencadangkan pesan yang ada pada aplikasi WA ini secara berkala ke google drive anda. Sehingga pesan yang masih ada maupun yang sudah terhapus ada file backupnya dalam penyimpanan google drive.

Baca juga Cara Membuat Tulisan Coret Di WA yang Benar Gimana sih?

Cara mencadangkan WA

Cara mencadangkan pesan pada WA adalah sebagai berikut:

  • Bukalah pengaturan pada aplikasi WA yang anda gunakan pada perangkat handphone.
  • Kemudian pilihlah pada menu chat, lalu lanjutkan dengan memilih chat backup.
  • Pilih akun google yang akan anda gunakan sebagai tempat penyimpanan dan pilih masa penyimpanan berkala yang anda inginkan.
  • Setelah selesai anda bisa mengakhiri proses dengan memilih backup dan tunggu sampai proses selesai.

Cara ini sangat mudah dipraktekkan oleh pengguna yang merasa gaptek sekalipun karena prosesnya yang tidak rumit. Tidak menggunakan kata-kata yang asing dan sulit dimengerti sehingga tidak memerlukan trik maupun pengetahuan khusus yang harus dikuasai.

Memang ada banyak sekali cara mengembalikan chat WA yang terhapus tetapi dua cara diatas adalah cara yang paling cepat dan paling sering digunakan sebagai solusi. Jadi sekarang tidak perlu khawatir kalau tidak sengaja menghapus pesan penting yang ada pada aplikasi WA yang anda gunakan.

Check Also

Cara Membuat Stiker WA Foto Sendiri Tanpa Aplikasi

Cara membuat stiker WA dengan foto sendiri tanpa aplikasi sangat menyenangkan bagi pengguna aplikasi berbalas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *