Cara Mengkompres Video Di HP paling Disukai Pengguna Android

Cara mengkompres video di HP tidaklah sulit, karena bisa dilakukan dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Karena besarnya file video memakan banyak tempat penyimpanan sehingga bisa mengakibatkan kinerja HP menjadi berat dan lambat.

Karena mudahnya membuat video dengan kamera HP sehingga orang seringkali mengabadikan sebuah peristiwa yang dialaminya ke dalam video. Sehingga tidak sadar hal ini mengakibatkan penumpukan file dari hari-ke hari. Padahal ketika tahu bahwa mengkompres video dengan HP itu mudah, tentu tidak akan mengalami masalah ini.

Seperti yang akan diungkapkan oleh robotandro.com pada artikel kali ini, ada beberapa cara yang anda gunakan untuk mengubah ukuran video menjadi lebih kecil dibandingkan ukuran semula. Sehingga performa HP yang anda gunakan akan dapat tertolong.

Cara Mengkompres Video Di HP

Video yang menumpuk pada memori handphone dapat membuatnya menjadi sering ngelag saat dipakai. Namun saat menyortir beberapa video rasanya sayang untuk dibuang karena sangat berkesan. Apalagi kalau termasuk video yang penting seperti acara pernikahan, video untuk pekerjaan, pertunangan, kelahiran dan lain sebagainya.

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan dengan tanpa menghapus, namun HP tetap lancar saat digunakan adalah dengan mengecilkan file video tersebut atau yang kerap disebut dengan mengkompres video. Kalau belum pernah melakukannya, maka bisa mencoba dengan melakukan beberapa  cara mengkompres video di HP dibawah ini.

1.     Mengkompres Video Di HP Dengan Aplikasi Vidcompact

Untuk mengkompres video dengan aplikasi Vidcompact maka harus mengunduhnya dahulu pada playstore. Selain untuk mengunduhnya tidak berbayar, keunggulan aplikasi ini adalah memiliki fitur kompres video MP4. sehingga anda dapat mengecilkan file video dengan format MP4.

  • Setelah mendownload aplikasi Vidcompact dari playstore pastikan sudah terinstal sempurna pada perangkat.
  • Kemudian cobalah untuk membuka aplikasi tersebut sampai bisa.
  • Setelah memilih video yang hendak diubah ukurannya maka bisa memilih menu trim & compress untuk mengkompresnya.
  • Kemudian itu akan ada beberapa pilihan ukuran video yang dapat dipilih, ukuran terkecil dimulai pada 240 p dan paling besar di ukuran 480p.
  • Setelah menentukan ukuran sesuai yang diinginkan kemudian pilih menu compress video dan tunggu sampai proses selesai.
  • Untuk menyimpan video yang telah dikompres ke galeri HP tinggal memilih menu save to gallery.
  • Otomatis video yang sudah mengecil ukurannya filenya akan tersimpan dalam galeri HP anda.

Aplikasi ini cukup disukai oleh banyak pengguna karena cara pakainya yang cukup mudah. Hanya saja untuk mengunduhnya pada HP akan menambah beban penyimpananya. Jadi pastikan ada cukup ruang dan jaringan internet yang stabil sebelum mengunduhnya.

Baca juga Inilah Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di HP

2.     Mengkompres Video lewat HP Dengan Situs YouCompress

Cara mengkompres video di HP melalui situs YouCompress merupakan salah satu cara yang disukai oleh banyak pengguna yang tidak memilki handphone dengan ruang penyimpanan yang besar. Namun memilih cara ini haruslah memiliki koneksi internet yang cukup stabil sehingga tidak tersendat di tengah jalan.

Situs ini juga salah satu cara gratisan alias tidak berbayar, jadi sangat cocok bagi pengguna yang sedang ingin berhemat. Keunggulan lainnya mengubah ukuran file menjadi lebih kecil dengan situs ini adalah hasilnya yang sangat berkualitas.

Karena meskipun sudah terkompres sebanyak 80% namun kualitas dari video tidak mengalami perubahan sama sekali. Biasanya file video yang kecil saat melihatnya diperbesar gambar akan menjadi buram atau terlihat pecah. Jadi nggak sabar kan pengen tahu caranya, simak yuk!

  • Kunjungi halaman situs YouCompress untuk memulai.
  • Setelah halaman situs terbuka kemudian pilih menu select file untuk memilih video yang ingin dikompres.
  • Tunggu sampai video terunggah dengan sempurna sehingga proses kompresnya dapat berlangsung dengan baik.
  • Setelah proses selesai, untuk menyimpannya di galeri HP anda dapat mengunduh video yang sudah dikecilkan ukurannya tersebut.

baca juga Sedih Karena Hasil Jepretan Buram, Inilah Cara HD in Foto di HP Untuk Mengatasinya!

3.     Mengkompres Video Situs VideoSmaller.com

Mengkompres file dengan situs ini juga sangat disukai pengguna karena tidak perlu mendownload aplikasi. Selain itu juga dapat mengkompres video hingga memiliki ukuran 500 MB tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut. Caranya juga cukup mudah:

  • Kunjungi halaman situs VideoSmaller.com untuk memulai proses.
  • Setelah halaman situs terbuka kemudian pilih menu browse untuk memilih video yang ingin dikompres.
  • Saat ada tampilan pilihan kualitas, tentukan ukuran yang anda inginkan.
  • Setelah menentukan pilihan kemudian klik upload video agar video yang dipilih terunggah dan terkompress.
  • Tunggu sampai proses perubahan ukuran video menjadi lebih kecil selesai dengan sempurna.
  • Untuk menyimpan hasil video yang sudah terkompres, klik unduh video.

Mengompress video memang salah satu solusi yang tepat untuk dapat menyimpan tanpa mengganggu kinerja HP. Namun ini hanyalah untuk sementara, meskipun sudah dikompres kalau terus bertambah tentunya penyimpanan akan menjadi penuh.

Sebaiknya menyimpan beberpa video ke dalam cloud seperti Google Drive, sehingga ruang penyimpanan dalam HP akan menjadi lebih luas. Semoga cara mengkompres video di HP tadi dapat membantu anda yang ingin mengecilkan ukuran video koleksi anda.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *