Mudah! Cara Mengubah Tulisan di HP Berbasis Android

Cara mengubah tulisan di hp yang mudah itu gimana ya?. Lihat bentuk font yang gitu-gitu aja serasa membosankan. Pingin deh mengubahnya, supaya lebih bervariasi dan berbeda dari yang lain. Mata sangat jenuh, setiap hari memandangi tulisan yang kesannya formal dan tidak menarik sama sekali.

Kalau diganti ke bentuk-bentuk seperti latin dan handwriting, pasti tampilannya jauh lebih kece dan kekinian. Tetapi, kebanyakan situs yang menyediakan beragam jenis font itu enggak gratis, alias harus bayar. Ada enggak yang gratisan dan tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun?.  Tentu saja ada, bahkan ini fontnya sudah ada di handphone dan Anda tinggal mengunduhnya saja.

Cara mengubah tulisan di hp untuk segala jenis merek itu hampir sama. Bedanya mungkin terletak di bagian menu dan perintah. Supaya Anda tidak bingung lagi, kali ini akan dipaparkan step bye stepnya. Cobalah mengikutinya secara perlahan agar tidak salah dalam menekan tombolnya. Antara merek satu dan merek lainnya itu berbeda. Semua tergantung dari sistem androidnya masing-masing.

Merek handphone yang beredar di pasar Indonesia sangat banyak. Namun, pada artikel ini hanya dijelaskan dua merek yang paling diminati masyarakat, yaitu Oppo  dan Xiaomi. Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara mengubah tulisan di hp berbasis android yang gampang.

Dua Cara Mengubah Tulisan di HP

cara mengubah tulisan di hp Oppo dan merek lainnya itu berbeda, termasuk juga Xiaomi. Keduanya mempunyai ciri khasnya masing-masing sesuai ketentuan perusahaan pembuatnya. Kelebihan dan Kekurangannya pun yang dimiliki setiap merek juga tidak sama. Misalnya dilihat dari segi harga, merek Xiaomi jauh lebih murah ketimbang  Oppo. Sementara itu, untuk handphone yang paling mahal, dipegang oleh Oppo.

Memang sih Oppo itu harganya selangit, tetapi itu sudah sebanding dengan fitur-fitur menarik yang diberikannya. Salah satunya dari kualitas foto yang dihasilkan. Lebih fokus, mulus, dan jernih daripada foto merek handphone lainnya. Menu pengaturannya juga tidak terlalu rumit, terutama untuk mengubah jenis font. Ingin tahu langkah-langkah?, Baca tutorialnya di robotandro bawah ini.

Mengubah Jenis Font di Handphone Oppo

Oppo adalah salah satu handphone buatan negeri tirai bambu yang sudah dikenal luas di seluruh pangsa pasar Indonesia. Meskipun setiap tahun selalu muncul para pesaing baru, handphone ini tak pernah sepi peminat. Pihak pengembang terus melakukan beragam riset dan inovasi agar bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat saat ini.

Baca juga Cara Install Nama Font iPhone Untuk Android di iFont dan zFont 3

Handphone merek Oppo sangat mudah dalam penggunaannya, tak terkecuali untuk mengubah jenis hurufnya. Berikut langkah-langkahnya :

  • Cara yang pertama, carilah menu pengaturan atau settings. Lakukan scroll ke samping kanan atau kiri di layar handphone untuk mencarinya.
  • Bila sudah ketemu, Anda klik icon aplikasinya. Nanti akan muncul beberapa pilihan tombol.
  • Pada halaman pengaturan atau settings, klik tulisan “Layar dan Kecerahan”, jika handphone Anda menggunakan bahasa Indonesia. Apabila berbahasa Inggris, pilih tulisan “Display & Brightness”.
  • Langkah berikutnya, Anda pilih tulisan “Font”, apabila ingin mengubah jenis hurufnya.
  • Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan font yang bisa dipilih sesuai keinginan. Kalau pilihan di handphone Anda masih ada satu, klik tombol “ buka toko tema” untuk mencari beragam jenis tulisan.
  • Terakhir, kembali ke halaman font dan klik tombol terapan atau apply pada kotak jenis huruf yang Anda pilih. Dan tunggu beberapa detik sampai muncul notifikasi “Berhasil Diterapkan”. Tulisan Anda pun sudah berubah.

Baca juga Cara Membuat PowerPoint Di HP

Ternyata sangat mudah sekali cara mengubah tulisan di hp merek Oppo. Lalu, bagaimana dengan Xiaomi?.

Melakukan Perubahan Font di Handphone Xiaomi

Cara mengubah tulisan di hp yang kedua adalah di handphone merek Xiaomi. Salah satu produk buatan Tiongkok ini, juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Banyak masyarakat yang menyukainya karena harganya yang murah. Meskipun dibanderol dengan harga sejutaan, tetapi kualitasnya tidak kalah dengan Oppo. Seiring perkembangan zaman, pihak Xiaomi  terus melakukan upgrade terhadap produknya supaya tidak kalah bersaing dengan para kompetitornya.

Tak hanya merek handphone Oppo yang mempunyai fitur pengubah font, di Xiaomi pun ada. Caranya juga sangat gampang. Mau tahu gimana?. Nih, cara mengubah tulisan di hp Xiaomi :

  • Perubahannya akan dilakukan di menu Theme atau Tema. Maka, Anda harus mencari aplikasinya di handphone Xiaomi. Carilah sampai ketemu. Jika sudah menemukannya, tekan satu kali hingga Anda di bawa masuk ke dalam aplikasinya.
  • Kemudian, Anda harus memasukkan kata kunci “font” atau “free” di kolom search.
  • Secara otomatis daftar font yang gratis atau free akan muncul. Untuk melihat lebih banyak, tekan tulisan View All.
  • Anda pun bisa langsung memilih fontnya. Untuk mengunduhnya, tekan tulisan download for free. Proses unduh pun akan berjalan.
  • Bila pengunduhannya selesai, segera tekan tombol Apply yang berwarna hijau.
  • Berikutnya, Anda akan diminta untuk melakukan reboot.  Maka, tekan saja tulisan rebootnya.
  • Handphone Xiaomi Anda akan mati dan tunggu sampai menyala kembali.
  • Apabila sudah menyala, tampilan font di layar handphone Xiaomi Anda pun berubah.

Demikian artikel cara mengubah font di hp berbasis android yang gampang, semoga bisa dipraktekkan di rumah.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *