Cara Mengunci WA Teraman di Android Plus Manfaatnya

Cara mengunci WA dapat dilakukan dengan mudah oleh penggunanya. Bisa melalui bantuan aplikasi yang harus diunduh terlebih dahulu dari PlayStore. Atau apabila Anda tidak ingin repot, bisa juga memakai fitur bawaan dari aplikasi pesan dengan ikon berwarna hijau itu.

Penguncian aplikasi WhatsApp saat ini dianggap perlu untuk dilakukan karena aplikasi perpesanan ini telah menjadi ajang komunikasi di hampir semua lini kehidupan. Mulai dari urusan sekolah, pekerjaan hingga perbankan atau keuangan juga dilakukan melalui WA.

Demi terjaganya kerahasiaan semua informasi penting di dalam WA Anda, maka cara mengunci WA menjadi sangat diperlukan. Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai hal ini, silahkan ikuti artikel di robotandro.com hingga tuntas.

Cara Mengunci WA Teraman

Meskipun mengunci aplikasi perpesanan pada WA tidak memberikan jaminan aman serratus persen, namun usaha aktif untuk menjaga akses masuk ke aplikasi ini harus tetap dilakukan. Hal ini demi menjaga kerahasian data yang ada di dalamnya.

1. Lakukan Penguncian dengan AppLock

Cara mengunci WhatsApp yang pertama agar orang lain tidak bisa mengaksesnya adalah dengan melakukan penguncian memakai AppLock. Melalui AppLock, aplikasi WA Anda akan tetap aman sebab dibutuhkan penginputan kata sandi untuk membukanya, dimana tentu hanya Anda saja yang tahu apa kata sandinya.

Hebatnya lagi, AppLock menyediakan beberapa pilihan jenis kunci akses ke WA, bukan sekedar kata sandi saja. Ada kunci akses yang berbentuk pola atau corak tertentu dan ada juga berupa penggunaan deretan angka. Di bawah ini uraian langkah penggunaannya:

  • Hidupkan perangkat telepon seluler milik Anda.  
  • Aktifkan sambungan internet pada perangkat, bisa melalui kuota paket data atau jaringan Wi-Fi yang ada.
  • Langkah berikutnya, masuklah pada aplikasi Play Store yang disediakan oleh Google untuk melakukan pengunduhan aplikasi kunci.
  • Setelah berhasil masuk di Play Store, pada bagian kolom pencarian ketikkan kata AppLock, kemudian enter.
  • Setelah berhasil menemukannya, klik tombol bertuliskan unduh atau download.
  • Berikutnya bukalah aplikasi AppLock yang telah terpasang di HP pintar Anda.
  • Masuklah ke menu Lock Apps, lalu pilihlah metode untuk akses kunci, apakah akan memakai kata sandi, corak atau pola, atau bentuk lainnya.
  • Setelah yakin akan memakai metode yang mana, maka masukkan kode akses untuk WA milik Anda, lalu klik selesai atau done.

Baca juga Work! Cara Masuk Whatsapp Tanpa Kode Verifikasi & Nomor HP Yang Hilang

2. Gunakan Fasilitas Pengunci Layar Bawaan

Cara mengunci WA selanjutnya adalah menggunakan fitur pengunci layar.

Pengunci layar sebagai fitur asli yang tersedia pada setiap telepon pintar dewasa ini dapat Anda manfaatkan untuk mengamankan akses menuju aplikasi WA Anda. Meski ini bukanlah cara mengunci aplikasi WA, namun akan tetap dapat digunakan untuk mengamankan WA, sebab saat mengakses layar utama akan dibutuhkan kode akses.

Menggunakan fitur bawaan ini dapat menjadi langkah aman karena tidak dibutuhkan pengunduhan aplikasi dari pihak ketiga. Selain itu, penggunaan fitur ini juga tidak akan menambah beban perangkat seluler Anda karena tidak ada penambahan jumlah data.

Untuk mengaktifkan aplikasi bawaan pengunci layar ini, Anda dapat melakukan beberapa tahapan langkah sebagai berikut:

  • Hidupkan telepon seluler milik Anda pribadi.
  • Kemudian melalui menu utama Setelan, carilah menu Pengaturan Umum.
  • Setelah itu gulir hingga Anda menemukan menu Kunci Layar dan Keamanan, lalu masuklah pada menu tersebut.
  • Di dalamnya ambil opsi Jenis Kunci Layar. Apakah Anda akan memilih usap, pola/corak, atau bisa juga kode sandi.
  • Setelah itu masukkan jenis Kunci Layar yang telah Anda pilih, lalu konfirmasi ulang.
  • Proses pun selesai. Bagaimana? Mudah sekali bukan?

Baca juga Cara Mengaktifkan WhatsApp Mode Pesawat

Keuntungan Melakukan Penguncian WA

Selain dua buah cara mengunci WA di atas, masih banyak sekali beragam cara lain yang dapat Anda pergunakan untuk mengamankan aplikasi. Jangan pernah merasa rugi untuk sesegera mungkin menggunakan cara ini sebab banyak sekali manfaatnya. Apa saja?

1. Menjaga Privasi

Siapapun di luar diri Anda, meski orang terdekat atau keluarga sebenarnya tetap saja tak punya hak untuk membuka aplikasi pesan pribadi. Beberapa pesan yang mungkin terlalu sensitif, bisa Anda lindungi dengan melakukan penguncian WA.

Jika memang orang terdekat membutuhkan bantuan untuk mengakses aplikasi pesan pribadi, maka Anda bisa membuka kunci akses untuknya. Jangan biarkan orang lain tahu apa atau bagaimana kode akses Anda demi menghindari hal yang tak diinginkan.

2.Menjaga Data

Bukan saja pesan, foto, atau video yang dikirim melalui aplikasi WA. Beberapa dokumen penting lainnya juga seringkali dikirim melalui WA. Itulah mengapa mengamankan aplikasi WA milik Anda menjadi sangat perlu sekali untuk dilakukan.

Baca juga Cara Membuat Tulisan Kosong di WA Tanpa Aplikasi

Cara mengunci WA di atas hanyalah sebagian kecil dari banyak aplikasi penguncian yang dapat Anda pergunakan. Pertimbangkan masak-masak jenis aplikasi penguncian yang akan Anda pergunakan, sesuaikan dengan spesifikasi perangkat pribadi yang digunakan.

Demikian uraian ini semoga dapat menambah pengetahuan bagi Anda.

Check Also

Cara Ajukan Retur di Lazada

Cara ajukan retur di Lazada  menjadi penyelesaian bagi banyak pengguna salah satu e-commerce nomor satu ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.