Cara Menyambungkan Hp ke TV Dengan Kabel Data

Apakah Anda tahu  bahwa hp android dapat disambungkan ke TV ?  Tentunya menggunakan kabel data. Tetapi, Anda bingung cara menyambungkan hp ke tv dengan kabel data? Nah, Anda dapat simak ulasan berikut ini:

Biasanya pengguna menyambungkan smartphone ke TV mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk bermain game,  melihat  film streaming dari Netflix dan disney yang sudah ada di Indonesia.

Biasanya tujuan menyambungkan hp ke TV itu untuk bermain game, menonton film streaming dari Youtube, Netflix, bahkan Disney Hotstar yang sudah tersedia di Indonesia. Selain itu digunakan pula untuk browsing. Kini akan terlihat lebih nyaman karena layarnya menjadi lebih besar.

Permasalahannya adalah cara menampilkan dan menyambungkannya dari hp  Ke TV  menggunakan kabel data simak lengkap di robotandro.com

1. Menyambung Menggunakan Kabel HDMI

Untuk menyambungkan smartphone ke TV, Anda harus mempunyai kabel, yaitu kabel data. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Sediakan kabel data yang sesuai dengan port smartphone anda
  • Gunakanlah kabel  yang memiliki ujung sesuai dengan smartphone Anda, yang disebut dengan kabel HDMI yang mempunyai dua konektor(micro USB ke HDMI)
  • Tentunya smartphone anda memiliki fitur yang mendukung MHL
  • Biasanya penggunaanya adalah TV biasa bukan TV canggih.

Langkah selanjutnya adalah cara menghubungkan kedua perangkat tersebut:

  • Anda harus mematikan dulu TV dengan klik tombol on atau off
  • Silahkan Anda menghubungkan TV ke smartphone menggunakan kabel yang berujung pipih
  • Sedangkan ujung yg ukurannya agak besar masuk ke socket TV yang menggunakan HDMI
  • Kemudian hidupkan kembali TV lalu beralih ke saluran HDMI
  • Kemudian periksa smartphone Anda dan beri tanda ceklis pada pilihan”HDMI Connection”
  • Periksa smartphone Anda agar tidak berada pada mode lock supaya dapat diatur
  • Dan tampilan yang ada di smartphone dapat Anda lihat di TV

Jika ingin lebih nyaman untuk melihat tampilan Anda mengubahnya menjadi landscape, supaya persis dengan layar pada TV Anda.

Baca juga Penasaran Cara Menghubungkan HP Samsung ke TV? Ini Caranya!

2. Menyambung Menggunakan Kabel Data

Walaupun terkesan sangat susah nyatanya di jaman yang semakin canggih. Hal itu bisa saja dilakukan, tentunya jika kedua perangkat memiliki fasilitas yang mendukung. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menyambungkan HP ke TV dengan kabel data, ikutilah langkah berikut ini:

Silahkan Anda cek apakah smart TV Anda mempunyai port USB

  • Cek TV Anda

Langkah pertama adalah harus mengecek TV. Apakah smart TV Anda mempunyai port pada USB. Biasanya  pada smart TV memiliki port USB untuk modem pada TV.

Berikutnya ponsel disambungkan pada TV menggunakan kabel data. Jika kabel data melakukan pengisian daya, itu artinya telah berhasil terhubung dengan TV. Disarankan untuk menggunakan kabel data yang panjang supaya lebih nyaman ketika digunakan

  •  Pada Bagian Samping TV Terdapat Opsi USB

Kemudian segera cek remot TV Anda dan tekan”Source”. Pilihan lain Anda dapat menekan tombol yang ada di samping TV dan cari “USB”. Hasilnya Anda dapat melihat tampilan yang ada di ponsel berada di TV. Jika ingin mengganti channel, maka Anda dapat arahkan HP untuk menggantinya.

Baca juga Cara Menghubungkan CCTV ke Hp Android Terbaru 2021

3. Menyambung Menggunakan SlimPort

Cara menyambungkan HP ke TV dengan kabel data selanjutnya adalah menggunakan kabel yang bernama SlimPort. Teknologi dalam perangkat seluler ini bernama HML dan SlimPort yang gunanya untuk menyambungkan HP ke TV. Kedua perangkat ini memiliki jaringan  yang sama. SlimPort bedanya hanya pada output.

Untuk MHL sangat terbatas di output video HDMI. SlimPort dapat memberi sinyal via HDMI, DVI,VGA dan DisplayPort. Perangkat yang lebih cocok pada tampilan untuk TV model lama. Berikut langkah untuk menghubungkan HP ke TV menggunakan SlimPort:

  • Siapkan ponsel yang mendukung SlimPort
  • Kabel SlimPort
  • Kabel Video(HDMI, DVI, VGA dan DisplayPort)
  • Selanjutnya hubungkan adaptor SlimPort pada layar menggunakan kabel dengan benar
  • Jika sudah dihubungkan,maka Anda dapat melihat tampilan yang ada di hp pada TV.

4. Perangkat Penyimpanan

Biasanya yang paling sering digunakan untuk menghubungkan hp ke tv  adalah cermin USB. Pilihan Lain adalah  dengan menggunakan TV, Monitor dan LCD. Inilah petunjuk yang sangat sangat berguna bagi Anda dan tentunya mudah  untuk digunakan. Intinya jika Anda menggunakan android, maka membutuhkan micro-USB  atau USB-C.

Nah, itulah cara menyambungkan HP ke TV dengan kabel data. Semoga dengan adanya ulasan ini menjadi referensi bagi Anda yang sedang bingung untuk menggunakannya.

Di zaman yang semakin modern, Anda dapat dengan mudah menggunakan teknologi canggih. Anda dapat menonton video,bahkan bermain game pun dapat  disalurkan dari Hp menuju smart TV. Hanya dengan menggunakan kabel data Anda  dapat menampilkan dengan mudah di smart TV. Bahkan TV model lama pun bisa,asalkan memiliki koneksi yang mendukung.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *