Cara Registrasi Kartu Indosat, Baru dan Lama

Cara registrasi kartu Indosat itu bersifat wajib, baik untuk pelanggan baru maupun bagi yang sudah lama menggunakannya. Hal ini demi menghindari terjadinya penyalahgunaan informasi data pribadi para konsumen Indosat.

Pendaftaran ulang semua kartu telepon seluler ini wajib menggunakan data informasi kependudukan milik masing-masing sang pengguna. Hal ini harus dilakukan, karena jika tidak maka kartu Indosat tidak akan bisa digunakan sesuai dengan fungsinya.

Cara registrasi kartu Indosat ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda dapat memilih berbagai sarana pendaftaran yang telah disediakan. Secara lebih detail, Silahkan Anda ikuti uraiannya di robotandro.com bawah ini.

Pendaftaran bagi Pengguna Baru

Berdasarkan peraturan dari Kominfo, apabila Anda baru saja memiliki SIM Card Telepon Seluler, maka harus melakukan pendaftaran data diri sebagai pemilik sah dari kartu tersebut. Untuk pengguna Indosat sendiri terdapat 3 cara untuk melakukannya.  

1. Melalui Pengiriman Pesan Singkat

Seorang pengguna baru kartu telepon seluler milik Indosat dapat memilih untuk melakukan pendaftaran data pribadi melalui pengiriman pesan singkat SMS. Selain merupakan sebuah cara yang mudah, proses ini cukup praktis sebab bisa dilakukan sendiri lewat perangkat pribadi,

Tidak usah khawatir apabila Anda belum memiliki pulsa pada saat itu, karena pendaftaran ini tidak akan dikenakan biaya apapun.  

  • Masuklah ke menu SMS melalui gawai pribadi.
  • Ketikkan pesan yang berisi Nomor Induk kependudukan#Nomor Kartu keluarga#. Semua ditulis menyambung tanpa ada spasi.
  • Ketikkan nomor 4444 pada kolom tujuan, lalu tekan tombol kirim
  • Nantikan selama beberapa waktu
  • Konfirnasi registrasi telah berhasil akan berupa pesan singkat yang menginformasikan jika kartu SIM Card Anda telah aktif.

Baca juga Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat Tanpa Aplikasi

2. Melalui Website Resmi secara Online

Alternatif cara lain untuk mendaftarkan sebuah SIM Card Anda yang baru adalah melalui website resmi milik Indosat dengan memanfaatkan sambungan internet. Oleh karena itu apabila cara ini yang Anda gunakan, pastikan jika koneksi internet tersedia.

  • Sambungkan browser dari perangkat yang Anda gunakan pada jaringan internet yang tersedia.  
  • Kemudian masuklah ke website resmi milik Indosat pada bagian pendaftaran, yaitu di  Indosatooredoo.com/registration.
  • Langkah pertama pendaftaran adalah menginput nomor SIM Card Indosat baru yang akan Anda daftarkan.  
  • Setelah itu Anda akan diminta memasukkan data kependudukan pribadi berupa NIK serta nomor KK.
  • Jangan lupa ketuk re-Captcha untuk memastikan Anda bukan rmesin robot, lalu tekan tombol periksa.

3. Melalui Bagian Pelayanan Konsumen Indosat

Cara registrasi kartu Indosat bagi para pengguna baru yang ketiga adalah mendatangi langsung bagian pelayanan konsumen Indosat. Apabila Anda khawatir akan melakukan kesalahan apabila melakukan proses pendaftaran secara mandiri, cara ini bisa ditempuh.

Melalui gerai milik Indosat yang berada di wilayah Anda, bawalah data pribadi berupa NIK dan KK beserta nomor SIM Card Indosat yang baru. Serahkan pada petugas pelayanan agar dibantu untuk melakukan registrasi.

Baca juga Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

Pendaftaran Ulang bagi Pengguna Lama

Kewajiban untuk mendaftarkan nomor SIM Card Indosat dengan menggunakan informasi data pribadi sang pemilik, berlaku juga bagi Pengguna kartu Indosat yang lama. Meski 3 buah cara pendaftarannya sama, namun terdapat perbedaan pada langkah yang harus ditempuh.

1. Registrasi Lewat Pesan Singkat

Hampir sama dengan cara pendaftaran pada pengguna baru, bagi para pelanggan Indosat yang telah memiliki SIM Card Indosat sebelum keputusan pemerintah diberlakukan, bisa mendaftar ulang melalui SMS.

  • Pada menu aplikasi SMS di gawai pribadi tulis dengan cara mengetik pada kolomnya informasi NIK dan Nomor KK Anda dengan bentuk ULANG#NIK#NomorKK#. Penting untuk diperhatikan, jangan ada spasi!
  • Masukkan nomor 4444 sebagai nomor tujuan, lalu tekan tombol kirim.
  • Setelah beberapa waktu Anda akan segera mendapatkan konfirmasi jika proses daftar ulang telah berhasil dilakukan dan nomor telah aktif.

2. Registrasi Lewat Website Online

Cara registrasi kartu Indosat untuk pengguna lama juga dapat memanfaatkan keberadaan website resmi milik Indosat.  

  • Melalui alat perambah atau browser pada perangkat Anda yang telah tersambung pada jaringan internet yang stabil, ketikkan alamat website resmi Indosat berikut ini: Indosatooredoo.com/registration.
  • Carilah menu “Cek Disini” kemudian masuklah lewat menu tersebut.
  • Selanjutnya segera input data NIK serta nomor KK milik Anda sendiri pada bagian yang telah disiapkan pada website.  
  • Centang kotak re-Captcha, lalu langkah terakhir tekan tombol “Periksa”.

3. Registrasi Lewat Gerai Indosat

Ini merupakan pilihan terakhir bagi Anda sebagai pengguna lama kartu SIM milik Indosat yaitu melakukan proses daftar ulang melalui petugas yang ada di gerai Indosat di wilayah tempat tinggal.

Syarat yang harus Anda penuhi untuk melakukan proses pendaftaran ulang kartu Indosat adalah membawa salinan dokumen data kependudukan pribadi yang berupa:

  • Nomor Induk Kependudukan yang terdapat pada KTP Anda
  • Nomor Kartu Keluarga yang dapat Anda dapatkan pada bagian atas tengah Kartu KK.

Demikianlah uraian mengenai cara registrasi kartu Indosat baik untuk para pengguna lama maupun bagi Anda yang baru saja membeli dan memiliki kartu Indosat.

Check Also

Cara Ajukan Pinjaman di Linkaja

Cara ajukan pinjaman di linkaja – Di masa pandemi,  banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. Satu ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.