Cara Memindah Data Dari HP Lama ke HP Baru Paling Populer

Cara memindah data dari Hp lama ke HP baru sebenarnya tidak sesulit yang dipikirkan banyak orang. Karena banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukannya. Itulah sebabnya orang menjadi enggan untuk mengganti handphonenya meskipun sudah tidak support lagi. Alasannya karena malas memindahkan banyaknya data penting dari HP lama.

Hal ini terjadi karena orang tidak mengetahui  bagaimana langkahnya agar data dari HP lama ke HP baru dapat dipindahkan. Memang rasanya sangat malas bukan kalau harus memindahkannya satu persatu, menyalin nomor kontak yang jumlahnya mungkin bukan puluhan lagi.

Tapi bagaimana kalau ternyata harus tetap mengganti handphone baru karena HP lamanya beberapa fiturnya rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Kameranya pecah misalnya, atau sudah tidak kompatibel dengan beragam aplikasi yang dibutuhkan. Jangan sedih, kali ini robotandro.com akan membantu dengan beberapa solusi yang mudah diikuti.

2 Cara Memindah Data Dari HP Lama ke HP Baru Paling Populer

Kenapa harus repot-repot memindahkan data ke HP yang baru, biasanya yang dipindahkan adalah data-data yang penting, foto bersejarah bagi kehidupan seseorang dan banyak hal lainnya seperti kontak, video dan lain sebagainya. Sehingga meskipun enggan namun harus tetap memindahkannya agar tidak hilang atau kesulitan saat membutuhkannya.

Cara memindah data dari Hp lama ke HP baru memiliki dua cara, yaitu dengan mencadangkan data atau dengan cara memulihkan ulang di perangkat yang baru. Dua cara ini sama-sama mudah digunakan, tergantung kebutuhan dan kenyamanan pengguna saja memilih cara mana yang paling sesuai untuk perangkatnya.

1.     Dengan Cara Mencadangkan Data Yang Ingin Dipindahkan

Sebelum menggunakan cara yang pertama ini sebelumnya anda harus memiliki cloud atau komputasi awan untuk tempat semua data yang hendak dipindahkan. Komputasi awan milik Google adalah Google drive yang dapat anda gunakan untuk menyimpan dengan mudah.

Setelah mencadangkan semua pesan secara otomatis akan menyimpan semua data yang ada di Google Drive. Karena ruang penyimpanan ini sangat besar, tidak memiliki batasan sehingga anda tidak perlu khawatir kalau tidak akan cukup. Kalau anda belum tahu atau belum terbiasa mencadangkan pesan bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama bukalah pada menu pengaturan.
  • Kemudian  geser kebawah sampai menemukan menu sistem.
  • Setelah itu lakukan tap pada menu cadangan yang tampil di menu sistem.
  • Kemudia geser tombol cadangkan ke google drive ke posisi on.
  • Setelah itu anda tinggal tap pada menu cadangkan sekarang juga agar semua data yang pada HP otomatis sinkron dengan google.

Cara ini banyak digunakan oleh para pengguna HP untuk memindahkan datanya saat mengganti perangkat HP yang digunakannya. Setelah proses pencadangan selesai alangkah baiknya kalau melakukan pengecekan ke Google Drive untuk memastikan bahwa semua berkas sudah tersimpan semua dengan sempurna. Sehingga tidak ada yang tertinggal saat handphone lama tak lagi digunakan.

Keunggulan penyimpanan dengan Google Drive yang tanpa batas ini didapatkan ketika memilih menyimpan dengan memilih opsi berkualitas tinggi. Caranya juga tidak sulit, cukup mengikuti langkah dibawah ini.

  • Setelah membuka Google Foto, lanjutkan dengan memilih menu pada tiga garis mendatar yang ada pada kiri atas layar.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih menu pengaturan.
  • Kemudian dilanjutkan dengan cadangkan, lalu sinkronkan.
  • Kemudia geser tombol cadangkan ke google drive ke posisi on alias aktif.
  • Kemudian atur mode pencadangan ke kualitas tinggi.

Setelah itu semua file dan berkas yang dicadangkan akan tersimpan semua dalam Google Drive.

Baca juga Inilah Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di HP

2.     Dengan Cara Memulihkan Data Pada Perangkat Baru

Cara yang kedua ini juga tak kalah efektif dari pada cara yang pertama, bahkan banyak pengguna yang memilih langkah ini sebagai  cara memindah data dari Hp lama ke HP baru . Sehingga semua data yang anda inginkan untuk dipindah, akan otomatis pindah ke HP yang baru. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Anda harus masuk atau login melalui akun google yang anda miliki.
  • Kalau belum mempunyai akun google anda harus membuatnya terlebih dahulu.
  • Untuk mengotentifikasi transfer data yang anda lakukan, maka yang harus dilakukan adalah mengkonfirmasi kunci layar HP lama anda.
  • Setelah mengkonfirmasi kunci layar HP lama, langkah selanjutnya akan tampil halaman choose what to restore untuk mengembalikan data akun lama.
  • Anda tinggal memilih restore dan semua data yang ada di HP lama akan terinstal semua ke HP yang baru saja anda pakai.
  • Namun ketika anda tidak menginginkan semuanya terinstal, hanya beberapa saja yang dibutuhkan maka langkah yang harus dilakukan adalah memilih menu pengaturan aplikasi.
  • Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang ada di HP lama dan anda tinggal memilih mana saja yang dikehendaki.
  • Setelah selesai memilih langkah selanjutnya adalah memilih restore atau pulihkan.

Baca juga Work! Cara Masuk Whatsapp Tanpa Kode Verifikasi & Nomor HP Yang Hilang

Dua  cara memindah data dari Hp lama ke HP baru tersebut dapat anda gunakan sesuai dengan keinginan, manakah yang lebih mudah dan lebih sesuai. Keduanya sama-sama tidak ribet dan dapat memindahkan semua data yang anda inginkan.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *