Mudah! Cara Membuat Linktree di Instagram

Ternyata cara membuat Linktree di Instagram itu hanya memerlukan dua buah langkah saja. Masing-masing langkah memerlukan beberapa tahapan yang sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bagi Anda yang belum terlalu paham.

Linktree ini sendiri pada awalnya banyak digunakan oleh para pemilik toko online yang ada dan juga merupakan pengguna Instagram. Namun seiring berjalannya masa, banyak juga profesi lain yang menggunakannya. Mulai dari artis, selebgram hingga public figure lain banyak menggunakan Linktree.

Apabila Anda merasa ingin tahu apa itu Linktree serta langkah apa yang harus dilakukan sebagai cara membuat Linktree di Instagram, silahkan ikuti hingga tuntas uraian dari artikel di robotandro.com bawah ini.

Mengenal dan Tahu Tujuan Linktree

Tak kenal maka tak sayang, maka sebelum menginjak pada pembahasan tentang cara pembuatan Linktree ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa dan bagaimana Linktree itu. Jika Anda paham bagaimana sistem dan cara kerjanya, maka keberadaan Linktree dapat dimaksimalkan.

Linktree adalah nama sebuah situs website yang dapat digunakan untuk menciptakan sebuah tautan yang bersifat personal serta dapat didesain sesuai selera pemiliknya. Nantinya melalui tautan tersebut pengunjung yang masuk akan bisa mengakses beberapa link lain yang ada di sana.

Linktree ini diciptakan oleh tiga orang dari Australia. Maksud Alex dan Anthony Zaccaria serta Nick Humphreys menciptakan Linktree adalah untuk memberi kemudahan bagi orang lain dalam mencari akses terhadap banyak sumber media sosial seseorang hanya dalam satu klik.

Baca juga Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci Sementara Lewat HP

Jenis layanan yang disediakan oleh Linktree ada dua macam, layanan gratis dan layanan berbayar.

Bagi pengguna Instagram, Linktree biasanya akan diisi dengan beberapa alamat media sosial atau toko online miliknya. Jadi melalui Linktree Anda akan bisa meletakkan akses terhadap YouTube, WhatsApp, Facebook atau Tokopedia dan lain sebagainya milik Anda.

Manfaat Linktree

Ada beberapa fungsi dasar dari keberadaan sebuah Linktree ini. Secara garis besar melalui Linktree Anda akan dapat mengambil 3 manfaat besar sebagai berikut:

Dengan memiliki tampilan yang sangat simple dan sederhana, maka pengunjung yang masuk ke dalam Linktree Anda akan langsung paham jika ini adalah sebuah jalan masuk ke beberapa wadah media sosial milik Anda lainnya.

2. Menampung Banyak Tautan

Sangat praktis. Anda tak perlu lagi susah-susah untuk membuat beberapa tautan guna dicantumkan di bioInstagram. Cukup hanya dengan satu tautan induk, maka tautan lain seperti akses ke WhatsApp, Shopee, Facebook, YouTube, dll bisa diakses oleh pengunjung di akun Instagram milik Anda.

3. Menghidupkan Website Pemilik Linktree

Dengan memberikan tautan akses agar dapat masuk ke berbagai macam link media sosial atau toko online milik Anda, maka hal ini menjadi semacam undangan. Mungkin tidak semua akan masuk melalui tautan yang Anda bagi, namun tetap saja hal semacam ini akan menambah jumlah visitor.

Baca juga Cara Membuat Tulisan Berwarna di Whatsapp Tanpa Aplikasi

Cara membuat LinkTree Instagram

Pada dasarnya cara membuat Linktree di Instagram hanya melalui 2 tahapan yaitu registrasi di Linktree yang dilanjutkan dengan pemasangan Linktree di bioInstagram. Secara detail silahkan Anda simak uraiannya berikut ini:

Pendaftaran di Linktree

  • Melalui browser PC/Laptop atau gawai pribadi masuklah ke website resmi milik Linktree yaitu di https://linktr.ee/.
  • Sebagai informasi, jenis Linktree ada 2 yaitu gratis dan berbayar. Anda mulai saja dengan memilih layanan tanpa bayar alias gratis, untuk itu pencet tombol Get Started For Free.
  • Selanjutnya isi kolom pendaftaran dengan username, kata sandi serta alamat email.
  • Setelah itu lanjutkan dengan proses verifikasi lewat surat elektronik.
  • Jika akun yang dibuat telah diverifikasi, Anda dapat memencet menu Add New Link untuk membuat link. Jangan lupa masukkan golongan bisnis atau passion Anda.
  • Berikutnya Anda bisa mempermak tampilan Linktree tersebut sesuai dengan selera dan gaya sendiri. Untuk melakukannya masuklah ke dalam menu Appearance.
  • Jika ingin menambahkan foto pada tautan Linktree tersebut, Anda dapat menggunakan menu Pick an Image.
  • Bila dirasa semua telah siap, maka Anda bisa melakukan preview terlebih dahulu terhadap tampilan Lintree yang baru saja dibuat dengan melihat pada sisi kanan halaman.

Input Linktree di Instagram

Sekarang saatnya meletakkan Linktree yang telah dibuat ke dalam bioInstagram milik Anda. Langkahnya melalui beberapa tahap di bawah ini.

  • Melalui akun Linktree milik Anda yang tadi sudah didaftarkan, tekan tombol Add New Link.
  • Kemudian inputlah judul serta alamat tautan yang ingin Anda bagi di Linktree, misalnya akun Facebook, Youtube, TikTok dan yang lainnya.  
  • Namun untuk input semua tautan yang dimiliki tidak bisa jika dilakukan bersamaan, sehingga setiap kali akan memasukkan halaman tautan Anda harus melalui menu Add New Link terlebih dahulu.
  • Setelah itu salin tautan Linktree melalui tombol salin di kanan atas, lalu masuklah ke akun Instagram Anda.
  • Masuk ke bagian Edit Profile, salinlah tautan Linktree pada kolom Website lalu simpan perubahan.

Demikian uraian mengenai cara membuat Linktree di Instagram. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan penyebaran informasi milik Anda. Selamat mencoba!

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *