Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari perempuan.   Di mana ada pasar, disitulah ada  ibu-ibu berkumpul. Mereka rela mengantre atau  berdebat dengan penjual hanya untuk mendapatkan harga paling murah.

Wanita kalau sudah menawar harga, pasti tidak ada satu pun penjual yang bisa mengalah. Kalau masih diberikan harga  mahal, ibu-ibu akan terus melakukan penawaran sampai mendapatkan harga termurah .

Apabila Anda belanja di pasar seperti tadi dan menemukan kerusakan pada barang yang dibeli, tentunya  bisa mengajukan komplain kepada penjual atau pedagang secara langsung atau minta uangnya dikembalikan. Lalu, bagaimana jika Anda membelinya secara online dan terdapat masalah dengan barangnya?, Di mana Anda akan menyampaikan keluhan?.

Walaupun  berbelanja secara online, Anda tetap bisa mengajukan komplain kepada pihak marketplace dengan prosedur yang telah ditetapkan. Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang cara ajukan komplain di Shopee. Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

Memang belanja di shopee itu semudah membolak-balik telapak tangan. Namun, tak jarang juga Anda mendapatkan kiriman barang yang tidak sesuai, contohnya seperti warna yang salah, ukuran berbeda, barangnya berbeda, ada yang rusak, dan lain-lain. Supaya masalah tersebut tidak terulang lagi kedepannya, sebaiknya Anda membuat keluhan atau komplain kepada pihak pengelola. SImak di robotandro mengenai ajukan komplain shopee

Seribu Satu Cara Ajukan Komplain di Shopee untuk Konsumen

Judulnya seribu satu cara, tetapi itu hanya berupa ungkapan saja. Sebenarnya sih, cara ajukan komplain di Shopee tidak sebanyak itu, melainkan hanya ada beberapa saja. Tetapi, setidaknya bisa membantu Anda dalam memberi tahu masalahnya kepada pihak pengelola agar segera diproses lebih lanjut. Sehingga kedepannya, hal seperti itu tidak menimpa konsumen lainnya.

Cara ajukan komplain di Shopee sangatlah mudah. Meski begitu, Anda juga harus  menyediakan pulsa atau kuota internet untuk menyampaikan masalahnya. Sebab, Anda melakukannya secara daring dan tak bisa langsung seperti membeli barang  di pasar.

Baca jug Cara Ajukan Pengembalian Dana di Shopee

Terdapat 5 cara ajukan komplain di Shopee yang bisa Anda lakukan. Pertama menghubungi call center lewat telepon, mengirim pesan melalui email, pakai direct messenger di media sosialnya, melakukan pengembalian barang di aplikasinya, atau membuat aduan secara langsung melalui Live Chat.

Mengajukan Komplain melalui Call Center Resminya

Cara ajukan komplain di Shopee yang pertama adalah dengan menghubungi nomor telepon resmi call centernya. Ada tiga nomor yang bisa Anda pilih, yaitu (021)-39500300, (021) 8064 7100, dan 1500702. Saat Anda menelepon salah satu nomor,  pulsa Anda nantinya akan berkurang.

Cara ini memanglah cepat, tetapi ada biaya yang harus dikeluarkan, yaitu membeli pulsa. Apalagi kalau Anda menyampaikan keluhan dalam waktu yang cukup lama, biayanya tentu tidak akan murah. Apabila mengajukan komplain lewat telepon dirasa memberatkan, lebih baik Anda buat pesan melalui email saja.

Mengirim Pesan Keluhan Lewat Email Shopee

Menyampaikan keluhan lewat telepon ternyata cukup menyita  ongkos juga ya, sayang kan uangnya Cuma buat beli pulsa saja. Bila ada cara yang mudah, kenapa harus memilih metode yang sulit, benar tidak?.

Cara yang kedua ini sangat praktis dan tidak menghabiskan pulsa Anda. Tetapi tetap saja, ada biaya yang harus Anda keluarkan buat membeli kuota internet. Sebab, Anda mengajukan keluhan melalui alamat email [email protected].

Di mana Anda melakukannya secara online dan membutuhkan jaringan internet. Tulislah keluhan Anda sejelas-jelasnya kepada pihak shopee tentang masalah terkait kiriman barang yang tidak sesuai atau apa pun itu yang berhubungan dengan pelayanan yang diberikan.

Baca jga Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Menghubungi Pihak Shopee Lewat Laman  Facebook

Selain menghubungi call center dan menulis pesan lewat email, ada satu lagi cara ajukan komplain di Shopee yang jauh lebih mudah, yaitu mengirim DM (direct messenger) melalui halaman resmi Facebook nya di

https://m.facebook.com/ShopeeID/ . Anda bisa mengajukan keluhan melalui link tersebut.

Jangan sampai salah masuk ke halaman Fb nya. Di luaran sana  banyak beredar akun-akun fiktif yang mengatas namakan pihak shopee. Halaman resminya hanya tautan link di atas. Biasanya sih costumer servis akan membalasnya dengan cepat, tergantung banyaknya pesan yang masuk. Jadi, harap bersabar menunggu.

Membuat Pengajuan Pengembalian Barang

Jika Anda mendapatkan barang pesanan Anda bermasalah, segera  pengajuan pengembaliannya di aplikasi atau website marketplace shopee. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menyambungkan handphone dengan Internet. Kemudian, masuk ke halaman profil shopee Anda dengan mengklik icon saya.

Baca juga Cara Top Up Dana Lewat ATM Mandiri

Klik tulisan dikirim dan pilih barang yang ingin dikembalikan. Untuk membuat pengajuan, tekan tombol yang bertuliskan ajukan pengembalian. Dan ikuti prosesnya sampai selesai.

Memberitahukan Keluhan di Menu Live Chat

Apabila nomor 1 sampai 4 tidak berhasil, mungkin Anda bisa mencoba menyampaikan keluhan  di Menu chat live lewat aplikasi atau website resminya. Letaknya ada di bagian pusat bantuan paling bawa sendiri. Perintahnya bertuliskan chat shopee sekarang.

Dari kelima cara ajukan komplain di Shopee tadi, mana yang Anda pilih. Setidaknya pihak pengelola sudah menyediakan tempat untuk membuat pengajuannya. Jadi, kalau menemukan barang yang bermasalah, jangan melampiaskan kekesalan Anda kepada kurir.

Check Also

Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *