Cara Cepat Setting Audio Mixer

Cara setting audio mixer yang benar kerap menjadi hal yang membingungkan bagi pengguna pemula mesin elektronik yang satu ini. Audio mixer merupakan salah satu alat yang paling mudah dalam menerima suara dengan berbagai macam sumber. Mixer memadukannya menjadi satu suara yang harmonis.

Sayangnya meskipun audio mixer ini bukanlah hal yang baru, namun faktanya banyak yang belum tahu cara menggunakan audio mixer dengan benar. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman tentang pencampur musik yang satu ini.

Kali ini robotandro.com akan membahas cara menyeting dengan benar, agar saat mengalami masalah dengung, overtune maupun feedback dapat mengatasinya sendiri tanpa merepotkan orang lain.

Cara Cepat Setting Audio Mixer Yang Benar Untuk Pemula

Kelemahan bagi seorang pemula adalah kurangnya pengalaman dan pengetahuan, sehingga harus banyak-banyak belajar untuk menambah wawasan tentang perangkat ini. Salah satunya adalah bagaimana cara menggunakan fungsi-fungsinya sehingga menghasilkan suara yang enak didengar.

Baca juga Cara Mengubah Video Menjadi Audio | Convert MP4 ke MP3

Mesin elektronik ini mampu menerima suara dari berbagai macam alat seperti pemutar CD, mikrofon dan lain sebagainya. Sehingga mesin elektronik ini sangat disukai oleh kaum muda yang mencintai musik dinamis. Agar lebih cepat berhasil maka seorang pengguna harus memahami  cara setting audio mixer yang benar  dengan mengetahui fungsi dari berbagai perangkat yang ada.

1.     Cara Setting Dengan Menggunakan Jack Di Input Channel

Jack yang digunakan pada input chanel ini ada dua yaitu  Jack XLR Female dan Jack Phone TRS dengan posisi tepat diatas mixer dengan fungsi yang sama yaitu untuk memasukkan suara dari mikrofon, pemutar CD maupun alat music lainnya.

Ketika anda ingin memakai keyboard, sebelumnya anda harus mengurangi Gain Sensitive sampai ke  angka 0 dBM untuk menghasilkan suara yang bagus.

2.     Cara Setting Dengan Menggunakan Tombol Low Cut Switch

Tombol ini fungsinya adalah sebagai  alat untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur untuk memotong nada yang rendah atau  (HPF/High Pass Filter).  Biasanya digunakan untuk mengurangi suara angin yang berdesau atau hembusan nafas dari hidung dan mulut pengguna saat menggunakan mikrofon.

Baca juga Cara Membuat Nada Dering Suara Google Tanpa Aplikasi

Karena biasanya suara angin ini sangat tidak enak didengar sehingga menggangu keindahannya. Namun alangkah baiknya ketika menggunakan aliran musik yang dicolokkan tidak mengaktifkan tombol ini.

3.     Cara Setting Dengan Menggunakan Tombol Gain Sensitive

Tombol penting lainnya yang harus anda kuasai adalah tombol gain sensitive yang memiliki fungsi sebagai penambah kepekaan suara dari sumber input. Cara pemakaiannya juga cukup mudah saat ingin lebih besar putarlah ke kanan dan saat ingin lebih kecil maka putarlah ke kiri.

Cara ini boleh anda pilih ketika anda ingin gain sensitive dan pre-amp mixer lebih memiliki power, namun saat menggunakan sumber suara dari pemutar CD dianjurkan untuk mengatur gain sensitive dibawah 0 dBM agar tidak mengalami kelebihan beban yang bisa berakibat fatal.

4.     Cara Setting Dengan Menggunakan Tombol Equalizer dan Frequency

Menurut para pakar yang sudah memiliki jam terbang tinggi di dunia audio ini. Cara setting audio mixer yang benar adalah menguasai pengaturan  tombol Equalizer dan Frequency.  Seperti tombol tombol Equalizer High, tombol Equalizer Middle, tombol Equalizer Low dan tombol Middle Frequency.

Anda dapat mengatur sesuai dengan keharmonisan suara yang dapat dinikmati oleh pendengar, karena tidak semua suara membutuhkan pengaturan yang sama. Membutuhkan kepekaan yang tinggi agar dapat menghasilkan pengaturan yang sempurna dengan output yang selaras.

Untuk itulah dibutuhkan pengalaman yang banyak, niat belajar yang kuat dan tekun serta jam terbang yang tinggi selain cara setting audio mixer yang benar agar dapat mengatur suara yang terbaik. Hal penting yang harus dipahami adalah suara pria dan wanita itu memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga membutuhkan pengaturan yang jauh berbeda.

5.     Cara Setting Dengan Menggunakan Tombol Channel Level

Ketika anda ingin membuat suara menjadi lebih besar atau lebih kecil  maka anda dapat menggunakan fungsi dari tombol ini. Biasanya tombol ini memiliki bentuk slider atau tombol yang menggerakkannya dengan cara digeser.

6.     Cara Setting Dengan Menggunakan Tombol Main Master Level Control

Fungsi dari tombol ini berguna ketika anda ingin membuat volume suara menjadi lebih besar atau lebih kecil secara keseluruhan. Tombol ini biasanya terletak pada pengaturan salon di samping kanan dan kiri. Kegunaan utama dari salon ini adalah membuat suara yang keluar terdengar balance. sehingga lebih enak didengarkan.

Untuk memastikan agar suaranya seimbang. anda dapat melakukan pemeriksaan dengan cara berdiri persis di depan pada bagian tengah kedua salon tersebut. Atau bisa juga dengan mendengarkan dari kejauhan.

Itulah beberapa cara setting audio mixer yang benar  yang harus dikuasai oleh pemula. seiring dengan jam terbang maka anda akan memiliki trik tersendiri yang mungkin berbeda dengan aturan tersebut. namun menghasilkan suara yang lebih bagus.

About Andro

Check Also

Cara Transfer Uang dari DANA ke ATM

Cara Transfer Uang dari DANA ke ATM – Nama aplikasi DANA belakangan cukup populer di ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!