Cara Membuat BPJS Gratis Bayi Baru Lahir

Cara membuat BPJS gratis untuk bayi baru lahir sangat simple. Bagi Anda pasangan yang baru dikaruniai buah hati harus terdaftar sebagai anggota BPJS kesehatan. Semua ini sudah tertulis pada peraturan presiden.

Menurut peraturan tersebut menjelaskan bahwa bayi yang berumur 28 hari wajib menjadi  anggota BPJS kesehatan. Dalam pengurusannya, terdapat dua jenis dalam kepesertaannya, yaitu berbayar dan gratis. Lantas bagaimanakah cara membuat BPJS gratis tersebut?

Simak penjelasan penting dan lengkap di robotandro.com bawah ini.

Apa itu PBI?

BPJS gratis atau lebih dikenal dengan PBI merupakan bagian dari program kementerian sosial yang disalurkan ketika masa pandemi. Program tersebut berupa jaminan kesehatan nasional yang dicanangkan oleh BPJS, yaitu PBI-JK

Menurut situs  jkn.kemkes.go.id, bantuan jenis ini diprogramkan untuk mereka warga yang kurang mampu. Hal ini, telah diatur oleh peraturan  pemerintah dengan syarat mereka yang sudah terdaftar di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil. Dengan demikian, maka bansos PBI-JK  dalam penerimaannya harus sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Jika terdapat data yang tidak sesuai, maka tidak akan mendapatkan bantuan tersebut. Karena nantinya data yang masuk ke DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dinyatakan sebagai warga yang kurang mampu. Mereka yang layak mendapatkan PBI-JK atau biasa disebut BPJS gratis.

Jadi bagi warga yang kurang mampu jangan khawatir. Jika belum mendapatkan fasilitas tersebut bisa diurus melalui SIKS-NG dari pemerintah daerah masing-masing. Sekarang ini, kementerian sosial sedang melakukan perubahan data yang dilakukan secara sistematis dan periodik. Semua itu dilakukan  dengan prinsip akuntabilitas.

Bacajuga Cara Cek Kartu KIS Dapat Bantuan, plus Syarat & Cara Daftar

Cara Cek

Berikut adalah langkah dalam mengeceknya

  • Anda dapat membuka website resmi https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Jika sudah masuk ke website tersebut, maka ketik Provinsi, Kabupaten, Kecamatan serta Desa atau Kelurahan
  • Kemudian masukkanlah Nama penerima bantuan sesuai dengan identitas diri
  • Anda dapat mengetik 8 huruf kode dan dipisahkan oleh spasi yang terdapat pada kolom kode
  • Apabila huruf tersebut tidak jelas, tekan icon untuk mendapatkan kode baru
  • Tekan pada tombol cari data
  • Kemudian pada sistem akan mencari nama tersebut sesuai wilayah

Apabila ketika di cek, nama tersebut terdapat sebagai bantuan sosial BPJS gratis, maka Anda akan mendapatkan fasilitas kesehatan. Sebagai contoh berobat gratis di klinik atau fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh badan penyelenggaraan jaminan  kesehatan. Selain mendapatkan pengobatan gratis, terdapat pula perawatan rumah sakit seperti rawat inap karena sakit atau bagi ibu yang melahirkan.

Fasilitas kesehatan yang diperuntukkan bagi ibu yang melahirkan dan sudah terdaftar PBI-JK tersebut adalah dibebaskan biaya perawatan inap dan melahirkan. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut diwajibkan orang tua melakukan pendaftaran ke kantor BPJS setempat.

1. Untuk Kepesertaan PBI

Bagi  ibu yang memiliki keanggotaan PBI APBN atau BPJS dari pemerintah. Akan mendapatkan fasilitas gratis untuk bayi yang  baru dilahirkannya. Tentunya orang tua harus segera mengurus supaya keanggotaan menjadi aktif. Orang Tua harus membawa persyaratan sebagai berikut:

  • Kartu JKN-KIS dari sang ibu
  • Fotokopi atau surat keterangan asli dari rumah sakit atau bidan
  • Fotokopi kartu keluarga

Baca juga OVO Point Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?

2.  Untuk Kepesertaan  PPU

Bagi Anda yang baru melahirkan dan terdaftar sebagai peserta yang mendapatkan upah atau PPU. Anda dapat dengan segera mengurus dan mendaftarkan bayi Anda(dari anak pertama hingga ketiga) supaya BPJS gratis langsung aktif. Untuk mengurusnya dapat melalui keanggotaan PPU.

Syarat yang harus orangtua dibawa, ketika mendaftar BPJS adalah sebagai berikut:

  • Kartu JKN-KIS asli milik ibu
  • Surat rujukan asli dan fotokopi dari dokter atau bidan yang telah menangani kelahiran
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi

3. Cara Membuat BPJS Gratis Untuk Bayi Baru Lahir Via Online

  • Via PANDAWA ( Pelayanan Administrasi Via WhatsApp)

Bagi yang memiliki kesibukan, dapat mengurus kepesertaan bayi Anda via online. Biasanya PANDAWA melayani peserta pada hari kerja, yaitu senin sampai hari jumat. Untuk waktunya dimulai dari jam delapan pagi hingga jam tiga sore. Bisa juga Anda akses situs https://t.me/BPJSKes_bot.

4. Cara Membuat BPJS Gratis Untuk Bayi baru Lahir Via Offline

  • Mobile Customer Service

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat BPJS gratis maka Anda melakukan pendaftaran dan silahkan menuju layanan registrasi Mobile Customer Service di hari serta jam yang sudah ditentukan. Untuk melakukan pengisian pada Formulir Daftar Peserta.

  • Mall Pelayanan Publik

Anda pun dapat melakukan registrasi di Mall Pelayanan Publik dengan membawa semua berkas yang sudah ditetapkan. Kemudian Anda diwajibkan untuk mengisi formulir pengisian data  calon peserta dan tentunya setelah mengisi diwajibkan untuk menunggu panggilan.

  • Kantor cabang dan Kantor kabupaten maupun kota.

Alternatif selanjutnya adalah datang ke kantor cabang  atau kantor kabupaten/kota. Segera mengambil nomor, untuk menuju pelayanan data dengan memberikan syarat yang ditentukan.

Nah, itulah langkah yang harus Anda tempuh ketika membuat BPJS gratis untuk Bayi baru Lahir. Terdapat berbagai macam cara dengan kemudahan yang didapat. Anda Pun dapat mengurus secara online maupun offline.

Check Also

Cara Ajukan Pengembalian Dana Di Lazada

Cara ajukan pengembalian dana di lazada – Apakah Anda pernah mendapatkan barang yang bermasalah ketika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *