Cara Membuat File Baru di Laptop

Sering kali kita memerlukan laptop untuk membuat file kantor atau tugas kampus. Namun terkadang kita kesulitan membuatnya. Apalagi jika tergolong pengguna baru. Sebenarnya cara membuat file baru di laptop tidaklah sulit. Anda akan terbiasa jika sering memakai laptop.

Laptop dapat diinstal berbagai sistem operasi ataupun software. Untuk mengelola atau membuat berbagai file kantor umumnya kita menggunakan Microsoft Office. Apalagi jika kita memakai OS Windows. Namun akan berbeda jika Anda menggunakan Linux, ataupun Chrome OS.

Untuk membantu Anda yang masih bingung dalam membuat file baru di laptop, kali ini kita akan membahas cara mudahnya. Jadi ikuti terus artikel di robotandro.com bawah ini.

Cara Membuat File Baru di Laptop

Sebenarnya sistem operasi apapun pada prinsipnya dalam mengelola file di laptop adalah sama. Jika Anda terbiasa dengan Microsoft Office, tidaklah sulit untuk beradaptasi dengan aplikasi Office lainnya.

Nah untuk kali ini kita akan membahas cara membuat file baru di laptop.  Khususnya laptop dengan OS Windows dan aplikasi MS.Office. Meskipun OS Windows dan aplikasi Officenya juga memiliki beberapa seri hingga sekarang, tapi pada dasarnya cara kerjanya sama. Jadi Anda bisa menerapkannya untuk seri berapapun.

Seperti yang sudah kita ketahui, file biasa disebut juga dengan folder. Umumnya folder berisi beragam jenis file. Mulai dari file jenis doc, exe, pdf, jpg, dan lain-lain. Penggunaan folder akan memudahkan dalam pengelompokan file yang sejenis. Jadi file Anda bisa terlihat rapi. Selain itu juga jadi gampang mencarinya ketika sedang dibutuhkan.

Nah langsung saja kita simak bersama tata cara membuat file baru di laptop yang mudah.

  1. Pertama-tama masuklah ke menu start yang ada di pojok bawah layar. Bisa juga langsung klik icon folder yang ada di bagian bawah layar atau sebelah kiri layar.
  2. Kemudian cari menu My computer atau computer.
  3. Lalu pilih drive D. Bisa juga drive C atau E, sesuai keinginan Anda dimana akan menyimpan file.
  4. Setelah itu carilah menu file atau new folder.
  5. Klik pada new folder, nantinya akan muncul folder baru.
  6. Namailah folder atau file baru tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Bagaimana tata cara membuat file baru di laptop tadi? Caranya gampang sekali bukan ? Selain membuat folder atau file baru, Anda juga bisa membuat file lainnya dalam bentuk doc, exe, pdf, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak cara pembuatannya di bawah ini.

Baca juga Cara Membuat Footnote di Google Docs yang Harus Diketahui

Cara Membuat File Doc 

File jenis doc juga sering dibutuhkan. Apalagi untuk menyelesaikan tugas kantor. Mulai dari membuat surat, membuat laporan, dan masih banyak lagi. File extensi doc ini akan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi pengolah kata. Umumnya aplikasi tersebut adalah Microsoft Word. Meskipun begitu ada juga aplikasi pengolah kata lainnya yang bisa Anda gunakan.

Jika Anda masih bingung tentang cara membuat file jenis doc yang baru, simak langkah mudahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama buka menu start pada pojok bawah layar. Bisa juga mengklik langsung icon atau shortcut MS. Word yang tersedia di bagian kiri layar.
  2. Kemudian cari aplikasi pengolah kata atau MS.Word.
  3. Nantinya akan terbuka jendela MS.Word dengan beberapa pilihan.
  4. Lalu pilihlah new dokumen.
  5. Ketiklah file yang ingin Anda buat.
  6. Setelah pengetikan selesai jangan lupa untuk menyimpannya dengan klik toolbar save di pojok atas layar MS.Word.
  7. Namailah file yang ingin Anda buat. Pilih juga drive atau tempat penyimpanan yang Anda inginkan. Bisa di drive C, D, atau bisa juga dalam folder baru yang sudah Anda buat sebelumnya.
  8. File baru extensi doc sudah jadi. Anda bisa mengeceknya di drive penyimpanan yang sudah Anda pilih.

Baca juga Siapa Bilang Laptop OLED Mahal? Yuk Intip ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (M513)

Cara Membuat File Exe Baru

File jenis exe juga sering dibuat untuk tugas kantor ataupun sekolah. Biasanya menggunakan aplikasi MS. Exel. Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang lainnya sesuai deng OS laptop yang Anda miliki. Tata cara membuat file exe baru hampir sama dengan file jenis doc. Perbedaannya hanya ada pada langkah awalnya saja.

Pertama-tama Anda bisa masuk ke menu start  yang ada di pojok bawah layar. Atau bisa juga langsung klik icon MS.Exel yang ada di bagian kiri layar. Cara pembuatan file exe ini juga sama persis dengan file doc. Jadi Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas tadi.

Demikian tadi serangkaian cara membuat file baru di laptop. Langkah-langkahnya sangat gampang untuk Anda praktekan bukan? Anda akan semakin terampil menggunakan laptop jika sering memakainya. Seperti kata pepatah bisa karena terbiasa.

Check Also

Bling2 Live Mod Apk Versi Terbaru

Aplikasi Bling2 Live Mod Apk adalah aplikasi live streaming gratis yang bisa anda gunakan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *