Cara Membuat PBB Baru Online

Cara membuat PBB baru online adalah sebuah terobosan baru yang diciptakan oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi semua warga negaranya yang memiliki tanggungan biaya pajak untuk tanah dan bangunan di atasnya.

Kemajuan teknologi yang merambah semua lini kehidupanlah yang membuat terciptanya pelayanan pemungutan pajak secara digital ini. Hadirnya fasilitas pemerintah tersebut diharapkan mampu menjaring lebih banyak lagi WP yang tergerak untuk melaksanakan kewajibannya.

Namun sayangnya belum banyak yang paham bagaimana cara membuat PBB baru online tersebut. Untuk membantu memahami langkah dan tahapan topik tersebut, mari ikuti uraian di robotandro.com bawah ini.

Pengertian Umum Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Secara umum PBB adalah semacam biaya yang ditetapkan oleh pemerintah, dan ditanggung oleh seseorang atas sebidang tanah beserta bangunan yang berada di atasnya, dimana yang bersangkutan mendapatkan manfaat dari bangunan tersebut.

Kewajiban keuangan itu dikuatkan oleh pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 12 tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan. Nantinya besarnya biaya yang harus ditanggung dan dibayarkan (berupa pajak) ditentukan oleh besaran bumi dan bangunan yang menjadi objek pajak.

Dalam pelaksanaan pengumpulan serta penerimaan pajak ini, Dirjen Pajak selaku pelaksana yang berada di bawah Kementrian keuangan menyerahkan semua urusan kepada pemerintah provinsi atau kota/kabupaten.

Baca juga Cara Buat Dokumen Baru Microsoft Word

Bagaimana Langkah Daftar PBB?

Bumi dan bangunan yang dikenakan biaya oleh pemerintah ini harus didaftarkan oleh pemiliknya dengan datang secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak yang berlokasi dimana wilayah bumi dan bangunan tersebut berada.

Di sana pemilik bumi dan bangunan akan mengisi formulir yang berisi data tentang objek pajak (bumi dan bangunan miliknya) yang harus dibayar. Formulir ini disediakan secara cuma-cuma oleh pemerintah.

Baca juga Cara Melihat Google Form yang Telah Dikirim

Apa Saja Syarat Daftar PBB Baru?

Beberapa dokumen di bawah ini adalah berkas yang harus disiapkan sebagai persyaratan pendaftaran.

  • Melakukan pengisian formulir untuk mendaftarkan bumi dan bangunannya sebagai objek pajak yang baru.
  • Juga melakukan pengisian formulir surat SPOP
  • Menyerahkan salinan berkas kartu identitas diri dan salinan kartu KK
  • Membawa salinan dokumen Sertifikat Tanah
  • Menyiapkan salinan Akte Jual Beli
  • Melampirkan salinan IMB / IPB
  • Apabila pengurusan pajak ini akan dikuasakan maka harus membawa Surat Kuasa.

Kemudahan Bayar Pajak Melalui PBB Online

Tahapan langkah di atas seperti datang ke kantor pelayanan pajak untuk mengisi formulir pasti akan membutuhkan biaya dan waktu untuk melakukannya. Belum lagi harus sabar menunggu giliran karena terjadi antrian panjang.

Menimbang keadaan seperti itulah maka pemerintah menghadirkan layanan PBB Online, sehingga siapapun bisa mendaftar, cek dan melakukan pembayaran biaya pajak tanpa ada sekat masa dan tempat.

Fasilitas yang disediakan pada pajak online ini sangat lengkap mulai dari proses awal hingga langkah akhir.

Melalui pelayanan pajak online seorang warga negara yang menanggung biaya pajak akan mendapatkan pelayanan pengajuan untuk didata. Selain itu juga melalui pajak online WP akan dapat memantau sampai dimanakah status berkas pengajuan pajaknya.

Cara membuat PBB baru online dapat melalui 3 jaringan, yaitu:

  • Situs resmi milik pemerintah daerah yang dibuat khusus untuk pelayanan pajak online
  • Situs digital niaga
  • Toko pengecer modern.

1. Situs Resmi Pemerintah

Disebabkan semua proses perpajakan mulai dari penjaringan, pendataan hingga peneriman diserahkan oleh negara kepada pemerintah daerah, maka setiap daerah memiliki platform pajak onlinenya masing-masing.

Misalkan saja untuk pelayanan pajak online di Surabaya bisa diakses melalui alamat website berikut: https://pbb.surabaya.go.id/

Jika Anda ingin mengetahui apakah di suatu daerah sudah memiliki jaringan resmi untuk pelayanan pajak online, bisa melakukan pencarian melalui browser.

Langkahnya sangat mudah saja, melalui browser milik Anda ketikkan saja kata kunci “cekpbb (spasi) nama daerah yang ingin diketahui pelayanan pajak onlinenya”. Selanjutnya tekan enter. Pada layar monitor akan langsung terdisplay beberapa website resmi yang dimaksud.

Namun apabila ternyata pada hasil yang tampak di layar Anda tidak menemukan nama website dari daerah yang dicari maka kemungkinan besar daerha tersebut memang belum memiliki jasa layanan public pajak online.

2. Situs Digital Niaga

Saat ini bukan hanya urusan belanja saja yang ditangani oleh situs digital niaga di tanah air. Situs yang identik dengan masalah konsumerisme itu saat ini telah dapat dimanfaatkan sebagai perpanjangan tangan pemerintah.

Platform yang mereka miliki juga dapat digunakan untuk melakukan jasa layanan pajk online milik pemerintah daerah. Dua situs digital niaga tersebut adalah Tokopedia dan Traveloka.

3. Toko Pengecer Modern

Selain situs digital niaga, toko pengecer modern juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses pelayanan pajak PBB online. Jika ingin mengakses jasa pajak PBB online lewat jalan ini maka cukup masuk ke website resmi KlikIndomaret di www.klikindomaret.com

Baca juga Cara Daftar Internet Banking BCA!

Nah sekarang sudah paham dan mengerti bukan bagaimana cara membuat PBB baru online? Jadi ayo segera manfaatkan kemudahan yang disediakan ini dengan melakukan pendaftaran PBB online di website resmi sekarang juga.

Check Also

Cara Ajukan Kredit di Lazada

Cara ajukan kredit di Lazada sering dicari oleh pengguna platform e-commerce terbesa di Asia tenggara ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.