Cara Membuat Titik-Titik pada Daftar Isi

Cara membuat titik-titik pada daftar isi – Pernah lihat titik-titik panjang terus diikuti oleh angka?.  Persisnya, ada di mana ya letaknya?.  Seorang kutu buku tentunya mengetahui tentang simbol yang dimaksud itu. Posisinya ada di lembaran daftar isi, sebuah bagian yang menunjukkan kumpulan bab dari satu jilid buku.  Kegunaannya sendiri membantu Anda untuk menemukan letak halaman dengan cepat.

Tanpa bagian daftar isi, buku diibaratkan seperti pohon tak berakar. Coba saja jika penulis tidak mencantumkannya, pastinya Anda kesulitan mencari halaman per babnya. Apalagi kalau bukunya tebal sekali, Anda tentunya akan benar-benar kebingungan.

Namun, ada satu permasalahan yang sering membuat orang risau. Masalah itu berkaitan dengan susahnya menambahkan titik-titik di daftar isinya. Banyak yang mengerti Microsoft word, tetapi masih ada saja yang tidak tahu caranya. Daripada pusing, mendingan ikutin saja tutorialnya di artikel ini.

Di sini akan ditunjukkan bagaimana cara membuat titik-titik pada daftar isi di Google Docs dan Microsoft Word. Kedua mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengolah sebuah data menjadi satu dokumen yang utuh dan rapi. Tetapi, dalam menambahkan tanda titiknya berbeda. Pingin tahu lengkapnya?, cek keterangannya di robotandro.com bawah ini.

Tutorial Menambahkan Titik-titik Di Google Docs dan Microsoft Word

Software pengolahan dokumen yang sangat terkenal di seluruh dunia adalah Google Docs dan Microsoft Word. Banyak orang menggunakan keduanya karena dianggap mudah dalam mengoperasikannya. Tidak bisa dipungkiri kalau perusahaan Google dan Microsoft mendapatkan keuntungan sampai triliunan. Penggunanya saja seantero jagat raya, tak terkecuali Indonesia.

Meskipun keduanya sama, tetapi ada satu perbedaan yang perlu mencolok. Ketika Anda ingin menggunakan Google Docs, komputer atau laptop Anda harus  tersambung ke jaringan Wi-Fi atau paket data. Sebab, pengolah dokumen yang satu itu hanya bisa digunakan jika ada sambungkan internet saja. Namun, jika Anda mau yang offline, gunakanlah Microsoft Word. Untuk cara membuat titik-titik pada daftar isi sebuah buku, berikut ringkasannya :

Baca juga Cara Jitu Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Yang Paling Populer Di Kalangan Pengguna

Membuat Titik-Titik Daftar Isi di Google Docs

Bagi Anda yang tidak mempunyai software Microsoft Word di komputer atau laptop, Ada salah satu alternatif lain untuk mengolah dokumen milik Anda, yaitu menggunakan website google docs. Tampilannya sama saja seperti word, tetapi di sini tersedia berbagai macam menu dan toolbar yang lengkap. Hanya ada satu kelemahannya, yaitu tidak bisa diakses kalau jaringan internetnya terputus.

Bukan di Microsoft saja Anda bisa membuat daftar isi, di google docs pun juga dapat Anda buat. Ikuti Cara membuat titik-titik pada daftar isi sesuai petunjuk berikut:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya menyalakan laptop dan membuka halaman browser google chorme atau peramban jenis lainnya.
  • Langkah selanjutnya, masuklah ke alamat gmail Anda terlebih dahulu.
  • Jika sudah, klik icon tanda titik yang membentuk persegi yang ada di pojok kanan atas. Tepatnya di samping foto profil email Anda.
  • Di sana tersedia banyak sekali app yang bisa Anda gunakan. Pada menu tersebut, pilih icon kotak berwarna biru yang di bawahnya ada tulisan google docs.
  • Klik satu kali dan lembar kerja google docs pun muncul. Kalau  mau yang gampangnya, ketik saja alamat URL https://docs.google.com. Nanti Anda akan langsung masuk ke halaman websitenya.
  • Buatlah bagian-bagian daftar isinya. Mulai dari heading 1 untuk  judul, heading 2 buat bab, dan heading 3 buat subbab. Selesaikan sampai membentuk sebuah daftar isi.
  • Setelah semuanya beres, langsung saja Anda klik tulisan sisipkan yang letaknya ada di antara tampilan dan format.
  • Pada menu sisipkan, Anda pilih tulisan daftar isi di bagian bawah sendiri untuk menambahkan titik-titiknya secara otomatis.
  • Klik salah satu bentuk yang Anda sukai. Dan daftar isi milik Anda sudah ada titik-titiknya.
  • Anda pun bisa langsung menyimpan dokumennya.

Baca juga Cara Melingkari Tulisan di Word dengan Baik dan Benar

Cara Menambahkan Titik-Titik Daftar Isi di Microsoft Word

Sekarang, coba Anda mengikuti tutorialnya dengan menggunakan Microsoft Word. Software buatan salah satu orang terkaya di dunia bernama Bill Gates. Anda bisa menggunakannya secara offline. Dan tidak perlu kuota internet seperti google docs. Penjelasan cara membuat titik-titik pada daftar isi seperti di bawah ini:

  • Masuklah ke dalam software Microsoft Word di komputer atau laptop Anda. Klik  ikonnya yang ada di dekstop atau di menu start.
  • Begitu Microsoft Word terbuka, buatlah lembar kerja baru yang masih kosong dengan cara mengklik perintah new document. Itu apabila Anda menggunakan versi 2013 sampai di bawahnya.
  • Ketikkan Tulisan “Daftar isi” di bagian paling atas sendiri untuk judulnya atau heading 1.
  • Untuk menambahkan titik-titiknya, Anda pilih tab yang bertuliskan Reference.
  • Di menu tersebut, klik icon berbentuk kertas yang ada tulisan di bawahnya table of contents.
  • Di bawah icon itu nanti akan muncul beberapa pilihan bentuk daftar isinya yang berisi bab, subbab, dan titik-titiknya.
  • Lebih baik Anda klik yang Automatic table 1 dan 2 jika ingin daftar isi yang otomatis sudah ada titiknya.
  • Daftar isi Anda pun sudha jadi dan tingga disimpan saja.

Sangat simpel dan mudah  bukan cara membuat titik-titik pada daftar isi?. Anda bisa memakai Google Docs atau Microsoft word. Tergantung Anda nyamannya pakai yang mana.

About Andro

Check Also

Cara membuat foto ada lagunya

Aplikasi Instagram seperti tidak ada habisnya untuk membuat fitur-fitur baru yang menarik para penggunanya. Anda ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!