Tata Cara Ajukan KPR di Indonesia

Tata Cara ajukan KPR pasti menjadi hal mendasar dan penting bagi sepasang anak mausia yang baru saja memasuki gerbang pernikahan. Menjadi mandiri akan merupakan sebuah impian besar yang ingin diwujudkan.

Sebuah versi lain dari menjadi mandiri adalah mempunyai sebuah kepemilikan terhadap sebidang tanah serta sebentuk bangunan di atasnya yang umumnya disebut rumah. Harga rumah dan tanah yang semakin tahun menjadi naik membuat keadaan sungguh sulit bagi beberapa pasangan.

Untuk itulah penting bagi pasangan baru untuk tahu serta memahami seluk beluk dan tata cara ajukan KPR. SImak penjelasan di robotandro.com

Sekilas Tentang KPR

Ada segolongan kelompok masyarakat yang berpikir jika kepemilikan atas sebuah rumah itu tidak penting, sebab kebutuhan tempat tinggal dapat dipenuhi melalui kontrak rumah. Apalagi harga rumah beserta lahannya termasuk tinggi bagi sebagian besar masyarakat tanah air.

Pemikiran tersebut tentu sangat tidak tepat. Membeli hunian memang membutuhkan nilai kapital yang tinggi, namun hunian itu akan menjadi asset pribadi. Dimana nilai hunian dan lahannya akan selalu meningkat.

Sebaliknya, menyewa rumah tinggal memang lebih ramah di kantong, namun apakah pernah dihitung jika nilai uang sekian puluh juta selama sekian tahun itu tak berbentuk apa-apa. Kecuali tentu saja berfungsi sebagai tempat berteduh.

Nah pemerintah Indonesia paham akan kesulitan yang dialami dan dirasakan oleh sebagian besar rakyatnya. Untuk itulah melalui berbagai lembaga keuangan resmi diadakan unit kredit untuk kepemilikan rumah.

Di tanah air sudah banyak sekali bank baik swasta atau negeri yang mendukung program pemerintah ini. Jadi bagi pasangan yang berniat ingin mengajukan permohonan KPR dapat mempelajari dahulu akan menggunakan fasilitas bank yang mana.

Baca juga cara ajukan bantuan UMKM

Langkah-langkah Mengajukan KPR

Cara ajukan KPR yang diulas di bawah ini dapat dijadikan pedoman bagi warga masyarakat yang sedang menimbang untuk memiliki hunian melalui KPR. Secara detail penjabarannya sebagai berikut

1. Hunting Terlebih Dahulu Ingin Rumah yang Mana?

Meskipun memiliki hunian impian dimungkinkan mealalui metode cicilan kepemilikan rumah KPR. namuan harus dipahami jika tidak semua tipe rumah dapat dibeli melalui channel pembiayaan yang satu ini.

Hunting berbagai tipe hunian yang masuk ke dalam spesifikasi channel pembayaran melalui civilan kepemilikan rumah adalah sebuah jalan kelaur yang cerdas dan bijak.Langkah pencarian bisa dilakukan dengan bertanya pada para broker atau pihak lembaga keuangan Bank yang menangani KPRnya.

Baca juga  Ajukan Kartu Kredit BCA

Lakukan survey juga terhadap calon hunian yang ditargetkan. Pahami dan mengerti bagaimana lingkungan dari calon hunian Anda. Lakukan pilihan dengan hati-hati dan tanpa terburu nafsu karena membeli hunian adalah sebuah langkah besar dalam hidup.

2. Mencari Tahu Detail Calon Hunian

Kumpulkan informasi rinci tentang calon hunian yang akan dibeli. Misalkan akses jalan, penggunaan air tanah untuk memenuhi kebutuhan, lokasi berbagai fasilitas vital seperti sekolah, rumah sakit, apotik, pasar dan yang lainnya.

Perhatikan juga bagaimana lingkunga sekitarnya dari sisi kebersihan, keamanan, serta fasilitas public yang tersedia. Anda juga bisa mencari tahu tentang harga rumah, biaya lingkungan per periode tertentu, metode cicilan dan lain-lain.

Tidak ada salahnya juga jika diteliti lagi denah calon hunian, apakah ukuran sudah sesuai dengan kebutuhan dan mencukupi.

3. Membayar Uang Booking Sebagai Tanda Jadi

Ketika semua detail calon hunian sudah didapatkan dan sudah yakin sekali hunian tersebut yang akan dibeli, maka saatnya untuk melangkah ke tahap yang lebih tinggi lagi.

Serahkan uang tanda jadi atau uang booking terhadap unit hunian yang telah Anda incar tersebut kepada pihak pengembang dari perumahan calon hunian. Besarannya unag DP ini pasti akan berbeda antara pengembang. Untuk itu Anda harus memastikan berapa uang yang harus Anda setorkan.

4. Mengajukan KPR pada Pihak Bank

Setelah semua tahapan mulai dari hunting hingga booking unit hunian. saatnya menghadap kepada pihak Bank yang memiliki perjanjian kontrak dengan pengembang calon hunian pilihan Anda.

Dalam proses pengajuan cicilan kepemilikan rumah KPR akan ada asistensi dari pihak pengembang yang memang sudah punya kontrak kerja dengan Bank. agar alurnya menjadi lancar tanpa hambatan.

Namun apabila pilihan dari calon hunian Anda jatuh pada pihak pengembang yang kebetulan belum ada kerjasama dengan pihak Bank pilihan Anda sendiri. maka semua proses harus dikerjakan sendiri.

Agar proses segera selesai sediakan kelengkapan semua berkas yang dipersyaratkan. Pahami juga jika total cicilan yang dapat disisihkan. pembayaran KPR adalah maksimal tiga puluh persen dari keseluruhan pendapatan Anda per bulannya.

Tips ampuh agar kredit pembiayaan hunian ini dapat lancar sesuai dengan jangka waktu yang direncanakan.  Hindari untuk membuat pengeluaran konsumtif pada masa itu. Misalkan Anda tergiur untuk ambil kredit kendaraan bermotor.

Sebaiknya fokuskan saja semua pendapatan yang ada untuk menyelesaikan kewajiban yang sudah diambil.

Semoga ulasan cara ajukan KPR di atas bermanfaat.

About Andro

Check Also

Cara Ajukan Limit Akulaku

Cara ajukan limit Akulaku sering digunakan oleh pengguna aplikasi pinjaman online yang satu ini untuk ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!