Doa Sahur

Doa Sahur dan Artinya yang Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Sahur merupakan merupakan aktivitas awal yang disunnahkan harus dilakukan oleh umat muslim yang ingin melakukan puasa baik itu puasa wajib pada bulan ramadahan hingga puasa sunnah pada hari-hari tertentu lainnya. Maka penting bagi anda mengetahui doa sahur dan artinya sesuai dengan ajaran Rasullullah SAW agar niat berpuasa anda diterima oleh Allah SWT.

Seperti yang kita ketahui bersama, berpuasa dalam Islam merupakan salah satu aktivitas ibadah dalam mendapatkan pahala dan keberkahan Allah SWT. Selain itu, puasa juga mengajarkan manusia untuk tidak hidup berlebihan dan mencoba merasakan penderitaan orang lain yang tidak mampu dan berpuasa karena tidak mampu dan tidak memiliki uang sehingga rasa simpatik kepada orang miskin pun semaki besar dan berniat untuk membantu sesama.

Dalam Islam sendiri, puasa memiliki dua jenis yakni puasa wajib pada bulam ramadhan selama sebulan penuh, dan juga puasa sunnah yang dilakukan umat muslim pada hari-hari tertentu dengan acuan dasar dari hadits dan ajaran Rasullah SWA. Puasa pun akan dilakukan mulai dari sahur pada saat dini hari atau subuh dengan makan dan minum serta membaca doa niat sahur dan nantinya akan ditutup pada saat memasuki adzan magrib dan dibuka dengan doa buka puasa.

Pastinya himbauan untuk sahur sebelum puasa bukan sekedar himbauan saja dimana hal ini ini telah dianjurkan oleh Rasullullah untuk bersahur meskipun hanya dengan seteguk air.

وَعَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ -رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: تَسَحَّرُوا وَلَوْ بِجَرْعَةٍ مِنْ مَاءٍ. رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ فِي صَحِيحِهِ وَهُوَ حَسَنٌ صَحِيحٌ.

Artinya: “Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air’,” (HR Ibnu Hibban).

Diterangkan Rasulullah bahwa di dalam bersahur itu terdapat banyak keberkahan. Karena itu seseorang sebaiknya tidak meninggalkannya.

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: السَّحورُ أُكْلةُ بَرَكةٍ، فلا تَدَعوه، ولو أنْ يَجرَعَ أَحَدُكم جُرْعةً من ماءٍ؛ فإنَّ اللهَ وملائكتَه يُصلُّونَ على المُتَسَحِّرينَ.

Artinya: “Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,'” (HR Ahmad).

Doa Sahur dan Artinya

Dalam bersahur, anda pun bisa membaca doa sebagai yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dimana doa ini dapat dibaca sebelum menyantap makanan sahur. Berikut ini lafal doa sahur dan artinya sebagaimana yang diajarkan rasulullah SAW.

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Doa tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani, dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah], cetakan pertama, juz II, halaman 90.

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نِعْمَ السَّحُوْرُ التَّمْر وَقَالَ يَرْحَمُ اللهُ الْمُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya: “Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,'” (HR At-Thabarani).

Selain menjadi anjuran Rasulullah, sahur juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan prima dimana puasa adalah salah satu ibadah yang tujuannya mengendalikan hawa nafsu, baik makan, minum, dan syahwat. Maka dari itu, agar ibadah puasa yang dijalani bisa bertahan sepanjang hari, maka anda membutuhkan tenaga yang cukup sebelum memulainya yakni dengan makan sahur sebab nantinya anda baru bisa makan dan minum lagi ketika adzan magrib telah berkumandang.

Seperti yang kita ketahui bersama, berpuasa tidak dianjurkan untuk menjadi alasan bermalas-malasan dimana anda harus tetap melakukan berbagai aktivitas, di luar ibadah yang wajib dan sunnah dan tentunya menjalankan seluruh aktivitas tersebut selama tentu dibutuhkan tenaga yang cukup selama berpuasa.

Dengan demikian, makan sahur menjadi hal penting yang harus dilakukan bagi seluruh umat Islam sebagai persiapan untuk menjalankan aktivitas selama puasa. Bahkan, hukum makan sahur yang sebelumnya sunnah (tidak diwajibkan) bisa berubah menjadi wajib apabila seseorang memiliki kondisi medis tertentu, contohnya punya riwayat penyakit maag.

Demikian informasi mengenai doa sahur dan artinya sesuai dengan ajaran Rasullullah SAW. Semoga berguna dan bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …