doa guru untuk murid

Doa Guru Untuk Murid Lengkap Dengan Terjemahan

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang sangat berperan penting dalam pendidikan. Maka dari itu doa guru untuk murid selalu terbersit dalam benak para guru baik itu melalui ucapan maupun doa yang menjadi harapan dalam hati kepada sang Pencipta Allah SWT mendoakan terbaik untuk para murid.

Seorang memiliki peran penting dalam mendidik para murid untuk bisa memperoleh ilmu pengetahuan yang akan menjadi bekal dimasa depan. Maka dari itu tugas seorang guru akan membimbing, mengevaluasi, mendorong dan mmemotivasi para anak murid untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan.

Gelar sebagai pahlawan tanpa jasa kepada guru-guru yang berdikasi tentunya bukan sekedar gelar tanpa makna, dimana gelar ini diberikan mengingat usaha dan kerja keras para guru meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga sepanjang waktunya untuk memberikan ilmu kepada para murid tanpa berkeluh kesah dan tanpa meminta imbalan akan keberhasilan para murid di masa depan nantinya.

Menjadi seorang guru pun bukan sekedar profesi dunia saja tetapi seorang guru juga akan mempertanggung jawabkan ajaran mereka di akhirat kelak sehingga menjadi guru tidaklah mudah dalam mengajarkan hal-hal yang baik kepada murid serta menjadi teladan yang tepat untuk diikuti murid. Maka dari itu seorang guru memiliki kedudukan yang muli sebagaimana bunyi dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi sebagai berikut

“Sesungguhnya Allah, para malaikat dan semua makhluk yang ada di langit dan di bumi, sampai semut yang ada di liangnya dan juga ikan besar semuanya bersholawat kepada mu’alim (orang yang berilmu dan mengajarkannya) yang mengajarkan kebaikan pada manusia”.

Doa Guru Untuk Murid Lengkap Dengan Terjemahan

Seorang guru pun tidak bisa terlepas dari doa tulus dari guru yang ditujukan untuk para muridnya dimana doa-doa tersebut diharapkan di kabulkan oleh Allah SWT dan merupakan niat tulus seorang pengajar kepada yang diajarnya agar bisa mencapai kebahagian dunia dan akhirat.

Berikut beberapa doa guru untuk murid lengkap dengan terjemahan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Kalimat suci ini diambil dari perkataan seorang ahli agama yang bernama Al Qadhi Iyadh Rahimahullah yang mengatakan :

“ telah sampai khobar (berita) kepada kami tentang seorang guru yang senantiasa menjaga kehormatan dirinya. Suatu ketika, mereka mendapati beliau yang terlihat sedang berdoa disekitar Ka’bah dan beliau mengatakan :

اللهم اجعل كل ولد علمته عبداً صالحاً لك

Latinnya : “Allahummaj’al Kullu Waladin ‘Allimtuhu ‘Abda’an Sholihan Laka”.

Yang artinya adalah : “ Ya Allah jadikanlah setiap anak yang pernah aku ajari sebagai hamba-Mu yang sholih “.

Lafadz Lainnya Mengenai Doa Guru untuk Muridnya

Adapun lafadz doa guru untuk murid lainnya yakni sebagai berikut.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Tulisan latinnya berupa : “Robbanaa Hablanaa Min Ajwajinaa Wa Dzurriyatinaa QurrotaA’yun Waj’alnaa Lilmuttaqinaa Imaamaa”.

Artinya : “ Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa “.
Bacaan Latin Doa Guru untuk Muridnya

Do’a ini pada umumnya dilantunkan oleh guru ketika hendak mengakhiri majlis ilmu. Berikut tulisan doanya dalam latin :

“ Ya Ilahi Ya Robbi Ya Allah, Engkaulah yang menciptakan kami, Engkaulah yang menciptakan semua perbuatan kami, Engkaulah yang menciptakan segala sesuatu yang ada diantara langit dan bumi.

Ya Allah, sesungguhnya kami tidak mempunyai daya dan upaya tanpa adanya pertolongan-Mu Ya Allah. Ya Allah ampunilah dosa dan kesalahan kami.

Kasihanilah kami Ya Allah, dan terimalah taubat kami Ya Allah. Ampunilah dosa dan kesalahan kedua orangtua kami, sayangilah mereka Ya Allah.

Darah dagingnya, air matanya, jerih payah mereka melekat pada kami. Ya Allah jadikanlah kami menjadi anak yang tahu balas budi.

Dan ampunilah dosa dan kesalahan istri atau suami kami Ya Allah, anak-anak serta keturunan kami. Juga ampunilah dosa dan kesalahan guru-guru kami Ya Ilahi Ya Robbi Ya Allah.

Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim, ampuni pula dosa dan kesalahan semua leluhur kami, kawan-kawan kami, kaum muslimin dan muslimat, mu’minin wal mu’minat, al-ahya’i minhum wal amwat.

Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim Ya Ilahi Ya Robbi Ya Allah, berilah anak didik kami cahaya, ilmu yang bermanfaat, amalan yang diterima, selalu mendekat kepada kebaikan dan menjauh dari kejahatan serta jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang paling mulia di sisi-Mu”.

Demikian informasi mengenai doa guru untuk murid. Semoga bisa menjadi referensin dan wawasan tambahan.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …