Tata Cara Sholat Taubat

Begini Tata Cara Sholat Taubat 2 Rakaat Sesuai Sunnah

Apakah anda sedang mencari tata cara sholat taubat 2 rakaat sesuai sunnah, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Setiap muslim sebaiknya mengetahui tata cara sholat taubat nasuha sebab manusia adalah tempatnya melakukan kesalahan dan tidak ada yang sempurna dari kesalahan. Seperti dengan namanya, sholat taubat nasuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan untuk memohon pengampunan dari Allah SWT, atas segala dosa maupun kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat selama hidup. Ketika sudah menjalankan sholat taubat nasuha yang benar, maka seorang muslim seharusnya tidak lagi mengulangi kembali maksiat atau dosa yang lalu.

Al-Qur’an memerintahkan muslim untuk bertaubat. Untuk mencapai taubat yang tulus dan sepenuhnya, disarankan untuk melakukannya dengan menyertakan puasa, bersedekah, dan juga melakukan sholat. Sholat Taubat dapat dilaksanakan kapan saja, kecuali pada waktu yang hukumnya adalah haram untuk melaksanakan, berikut di antaranya:

  • Saat matahari terbit hingga matahari naik sepenggalah.
  • Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong.
  • Saat dimulainya waktu sholat ashar hingga tenggelam matahari.
  • Saat waktu menjelangnya matahari tenggelam hingga matahrari benar-benar sempurna tenggelam.

Tata cara sholat taubat nasuha merupakan salah satu cara untuk menebus dosa yang paling baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. Sholat taubat nasuha juga disebut dengan sholat istighfar atau sholat minta ampun.

Dalil pelaksanaan sholat taubat diketahui didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Abu Bakar RA, ia berkata pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

“Tiada seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya.” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Setelah Abu Bakar RA menyampaikan hadits tersebut, Rasulullah SAW kemudian membacakan surah Ali Imran ayat 135,

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Demikian (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, mereka (segera) mengingat Allah lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya. Siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan apa yang mereka kerjakan (perbuatan dosa itu) sedangkan mereka mengetahui(-nya).”

Tata Cara Sholat Taubat

Berikut tata cara sholat taubat yang kami kutip dari buku Panduan Shalat untuk Wanita oleh Ria Khoerunnisa yang bisa anda ikuti panduannya sebagai berikut.

  • Sholat taubat dilaksanakan seperti sholat fardhu baik dari bacaannya maupun dari gerakannya. Namun, bedanya diawali dengan lafadz niat dibawah ini.
  • أصلى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى .
  • Arab latin: “Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”
  • Artinya: “Saya niat sholat taubat dua raka’at Lillahi Ta’aalaa.”
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surah Al Fatihah
  • Membaca surah pendek dalam Al-Qur’an
  • Rukuk
  • Iktidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud
  • Bangun dari sujud dan melanjutkan rakaat kedua seperti rakaat pertama
  • Tasyahud akhir
  • Salam
  • Membaca doa sholat taubat

Sholat taubat dilakukan secara munfarid, perorangan atau sendiri. Sholat ini dapat dikerjakan paling sedikit sejumlah dua rakaat dan paling banyak enam raka’at. Dan disetiap dua rakaatnya satu kali salam seperti hadits Nabi Muhammad SAW dalam mengenai sholat sunnah.

Setelah selesai melaksanakan sholat taubat sebaiknya membaca istighfar sebagai berikut,

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَآتُوبُ إِلَيْهِ

Arab latin: “Astaghfirullaahal’adziim, alladzii laa Ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih.”

Artinya: “Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.”

Atau bisa juga dengan membaca istighfar sebagai berikut,

اللهم انت ربي لا اله الا انتَ خَلَقْتَنِي وَأَنا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرَمَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَى وَابُوهُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا انْتَ

Arab Latin: “Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana’abduka wa ana’alaa ‘ahdika wawa’ dika mastatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu. abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzanbi faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.”

Artinya: “Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberikan ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat.”

Demikian informasi mengenai tata cara sholat taubat 2 rakaat sesuai sunnah. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda para umat muslim untuk selalu dekat dan bertobat pada Allah SWT atas kesalahan-kesalahan yang anda lakukan dan menjadi pelajaran agar tidak mengulanginya lagi dimasa depan.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …