KJP Plus

Cara Mengecek KJP Plus Dan Jumlah Dana Yang Diterima

Cara mengecek KJP Plus dan jumlah dana yang diterima adalah pencarian yang banyak dilakukan warga DKI Jakarta untuk mengetahui mereka masuk dalam daftar penerima KJP plus, dan berapa biaya yang diterima.

Sekedar informasi, KJP atau Kartu Jakarta Pintar merupakan program bantuan biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta untuk warga DKI Jakarta yang memiliki kemampuan terbatas dalam hal ekonomi untuk melanjutkan pendidikan dimana program ini diperuntukkan bagi siswa mulai dari SD hingga SMA/SMK.

Dengan program yang bermanfaat ini, para peserta yang masuk dalam daftar penerima KJP bisa merasakan sejumlah manfaat dan salah satunya tetap bisa melanjutkan sekolah meski tidak memiliki biaya karena akan dibiayai secara penuh oleh APBD DKI Jakarta.

Adapun besaran biaya yang diterima penerima KJP Plus bisa anda simak sebagai berikut.

Besaran dana KJP Plus

Berikut besaran dana berdasarkan jenjang pendidikannya.

SD/MI
Menerima besaran dana KJP Plus sebesar Rp250.000. Khusus untuk SD/MI Swasta mendapatkan tambahan SPP sebesar Rp130.000 per bulan selama 5 bulan.

SMP/Mts/PKBM.
Menerima besaran dana KJP Plus total sebsar Rp300.000. SMP/Mts/PKBM Swasta menerima tambahan SPP per bulan sebesar Rp170.000 selama 5 bulan.

SMA/MA
Menerima total besaran dana KJP Plus sebesar Rp420.000. SMA/MA swasta menerima tambahan dana per bulan sebesar Rp290.000 per bulan selama 5 bulan.

SMK
Menerima total besaran dana KJP Plus sebesar Rp450.000. SMK Swasta menerima tambahan dana per bulan sebesar Rp250.000 selama 5 bulan

Akan tetapi agar anda bisa masuk dalam daftar penerima KJP plus, maka anda harus terdaftar dan aktif sebagai siswa dalam satuan pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu juga terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Terdapat sejumlah syarat dokumen yang juga harus anda lengkapi sebagai berkas persyaratan calon peserta KJP yang bisa anda simak sebagai berikut.

Syarat Menjadi Peserta KJP

  • Form Kelengkapan Data
  • Surat Permohonan KJP Plus
  • Surat pernyataan Ketaatan Pengguna KJP Plus
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak kepala sekolah
  • Pernyataan ketaatan penggunaan bantuan sosial biaya operasional pendidikan bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu melalui KJP Plus

Cara cek KJP Plus 2023

Apabila anda telah terdaftar sebagai salah satu penerima manfaat KJP plis, maka anda bisa mengecek status pencairan cara sebagai berikut.

Pertama, silahkan masuk ke website kjp.jakarta.go.id

Klik menu “Pencairan”

Lanjutkan dengan klik menu “Periksa Status Penerimaan KJP” di sidebar kiri.

Akan terbuka laman pengecekan status pencairan KJP Plus

Supaya bisa melihat nama siswa sebagai penerima atau tidak, lakukan:

  • Isi NIK
  • Pilih tahun
  • Lalu anda bisa pilih tahap untuk verifikasi penerima bantuan pendidikan.

Lalu anda bisa klik cek

Demikian informasi mengenai cara mengecek KJP Plus dan jumlah dana yang diterima. Semoga berguna dan bermanfaat.

Check Also

Cek BLT Bansos Uang Tunai, Apakah Nama Anda Terdaftar?

Apakah anda sedang mencari informasi cek BLT uang tunai, simak pembahasan BLT Bansos uang tunai …