Jenis Wine untuk Pemula

9 Jenis Wine untuk Pemula, Asal Dan Rasanya

Jika anda para pemula yang baru merasakan wine dan penasaran dengan jenis wine serta rasanya, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak apa saja jenis yang cocok untuk pemula lengkap dengan deskripsi singkat mengenai rasa dan asalnya.

Sekedar informasi, Wine merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang populer di berbagai negara didunia dimana wine dibuat dari anggur yang difermentasi. Fruit wine, atau country wine, juga dibuat dari buah-buahan yang difermentasi. Akan tetapi, wine tradisional umumnya dibuat dari anggur.

Wine sendiri merupakan jenis minuman yang sedikit unik apabila dibandingkan dengan minuman beralkohol lainnya, dimana terdapat “adab” dan “etika” tidak tertulis dalam meminum anggur, khususnya pada acara atau momen-momen tertentu.

Jika anda sering menonton film barat, atau melihat acara gala atau formal di dunia barat, maka anda akan biasanya melihat tata cara yang anggun dalam menuang gelas wine dan cara meminumnya. Dan biasanya dilakukan dengan busana formal seperti menggunakan dress atau gaun. Tetapi wine pun bisa dilakukan dengan cara biasa yang bisa disesuaikan dengan tempat dan peruntukannya.

Wine sendiri memiliki banyak jenis, tetapi pada umumnya wine bisa dibagi menjadi 9 jenis berdasarkan gayanya. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Jenis Wine untuk Pemula

Sparkling Wine

Jenis pertama dan paling populer adalah jenis dari sparkling wine yakni Champange. Wine jenis ini memiliki jumlah karbon dioksida yang cukup tinggi hasil fermentasi ataupun suntikan. Sparkling wine biasanya berwarna putih ataupun kekuningan, namun ada yang berwarna merah seperti Italian Brachetto, Shiraz dari Australia, dan Azerbaijani yang terbuat dari anggur Madrasa.

Aromatic White Wine

Minuman jenis ini termasuk jenis wine tertua yang ada di dunia. Menurut cerita, Cleopatra terkenal karena sangat menyukai jenis anggur ini yang berasal dari Yunani. Wine ini memiliki sensasi meledak, wangi, dan aroma yang semerbak.

Light-Bodied White Wine

Wine jenis ini tergolong ringan, mudah untuk diminum, dan termasuk dalam dry white wine yang paling sering terjual di dunia. Bentuknya mirip seperti bir namun terbuat dari anggur. Wine jenis ini cocok untuk yang menyukai makanan gurih dengan rasa herba yang cukup kuat.

Full-bodied White Wine

Jenis wine ini sangat cocok bagi pecinta anggur merah karena rasanya yang kaya namun lembut. Jenis ini berbeda dibanding anggur putih adalah keterlibatan teknik pembuatan wine dengan penuaan menggunakan tong dari kayu oak. Teknik itu sama dengan wiski tua, namun wine punya karakter yang lebih lembut.

Rose

Jenis wine ini punya warna merah namun lebih ringan daripada red wine. Hal itu terjadi karena warna dari rose wine didapatkan melalui kulit anggur yangikut direndam bersama jus selama beberapa hari. Rose terkenal di Perancis pada periode 1700an setelah negara tersebut mengimpor jenis ini dari Inggris yang juga sering disebut bernama rose wine disebut claret karena warnanya.

Light-Bodied Red Wine

Wine jenis ini adalah anggur merah yang memiliki zat warna sangat ringan. Rasanya pun lebih ‘tipis’ dibanding wine yang lebih tua. Wine ini terasa kecut dan kering di mulut, rasanya hampir sama dengan menaruh kantung teh di lidah.

Full-Bodied Red Wine

Jenis ini adalah yang paling gelap, kuat, dan banyak kandungan tanin dari semua jenis red wine. Tannin mungkin terasa asing, namun zat ini mengikat protein di mulut dan menciptakan sensasi pahit-nikmat yang membuat minuman ini begitu disukai. Efek itulah yang menyebabkan wine ini menjadi pelengkap makanan steak penuh lemak dan juicy seperti ribeye.

Dessert Wine

Pada akhir 1800an, wine manis lebih populer ketimbang dry wine, bahkan beberapa lebih mirip sirup ketimbang wine. Namun dessert wine saat ini banyak tersedia kering hingga manis, dan beberapa yag termasuk wine ‘keras’, biasanya termasuk dalam wine aromatik.

Medium-Bodied Red Wine

Wine ini juga disebut sebegai food wine. Wine ini menawarkan ribuan rasa dengan keseimbangan asam yang membuatnya cocok dengan berbagai jenis makanan, mulai dari salad yang segar hingga lasagna yang penuh dengan keju.

Demikian informasi mengenai jenis wine untuk pemula beserta ulasan singkat mengenai asal serta rasanya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …