cara mengatasi Iconnect gangguan terus hari ini

Mengatasi Iconnet Gangguan Terus Hari Ini dan Penyebabnya

Apakah anda pengguna wifi dari iConnet dan terus mengalami gangguan hari ini? Anda tidak perlu bingung sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi Iconnect gangguan terus hari ini dan penyebabnya.

Sekedar informasi layanan iConnet merupakan layanan broadband internet dari PT. Indonesia Comnets Plus dengan basis jaringan yang menggunakan serat optik. Dulunya jaringan ini dikenal dengan nama Stroomnet lalu kemudian berganti nama. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan PLN sehingga pendaftarannya pun bisa melakukan menggunakan aplikasi PLN mobile.

Apabila dibandingkan dengan provider internet lainnya, tarif berlangganan iConnet dikenal terjangkau dan bersahabat di kantong dimana paket data Iconnet dimulai dari Rp185.000 dimana kecepatannya disesuaikan dengan jenis paket yang digunakan. Sebagai perbandingan, banyak penyedia internet yang memasang tarif di kisaran harga 200-300 ribuan, sehingga bisa dikatakan harga langganan sangat murah.

Bagi anda yang sudah berlanggan paket bulanan dari iConnet dan mengalami gangguan internet hari ini, maka anda tidak perlu panik sebab hal ini umum terjadi oleh pengguna provider apapun termasuk iConnect. Penyebabnya pun terjadi karena banyak hal. Apa saja penyebabnya? Simak sebagai berikut.

Penyebab Iconnet Gangguan

Koneksi yang Lemot

Koneksi internet yang lemot atau lambat menjadi masalah klasik yang terjadi pada provider, termasuk Iconnet. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa Iconnet gangguan dan membuat kesal pelanggan.

Saat koneksi lemot, kecepatannya bisa berkurang hingga 60% sehingga sangat dirasakan oleh penggunanya. Sebut saja contohnya dimana pada kondisi normal kecepatannya mencapai 100 Mbps maka akibat koneksi yang lemot tinggal 50 Mbps saja.

Sedang dalam Perawatan Server

Internet yang dipasok ke rumah-rumah pelanggan berasal dari server Iconnet. Agar kondisinya tetap baik dan bisa melayani koneksi internet kepada pelanggan, server harus dirawat secara rutin. Oleh sebab itu pihak perusahaan provider melakukan perawatan atau maintenance pada server.

Maintenance pada server tersebut dilakukan secara berkala sesuai dengan jadwal. Nah, pada saat sedang berlangsung proses maintenance server tersebut, sangat mungkin koneksi akan terganggu dan menyebabkan jaringan tidak lancar.

Masalah pada server kadang juga bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti cuaca dan sebagainya. Saat terjadi masalah pada server, maka otomatis juga harus dilakukan perbaikan yang dapat menganggu kelancaran koneksi internet Iconnet.

Wifi Sedang Terisolir

Faktor penyebab Iconnet gangguan selanjutnya yaitu Wifi sedang dalam kondisi terisolir. Mengapa Wifi Iconnet terisolir? Penyebabnya yaitu pelanggan tidak melakukan pembayaran tepat waktu sehingga jaringan diblokir.

Agar Wifi Icoonet kembali normal dan tidak terisolir, pastikan Anda selalu membayar tagihan internet tepat waktu. Ketika Wifi sedang terisolir, pelanggan memang masih bisa menyambungkannya dengan perangkat, tapi tidak akan ada sambungan internet.

Kabel Optik Terlepas

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Iconnet menggunakan serat optik untuk menyediakan layanan internet kepada para pelanggannya. Nah, penyebab Iconnet ada gangguan salah satunya adalah lepasnya kabel optik.

Lepasnya kabel optik yang terdapat pada modem Iconnet jelas akan membuat internet tidak tersambung. Selain terlepas, hal lain yang bisa menyebabkan gangguan koneksi internet Iconnet yaitu pemasangan kabel optik yang tidak tepat pada tempatnya.

Jadi, periksa lagi kabel optik yang ada dibagian belakang modem Iconnet ketika terjadi gangguan pada jaringan internet Anda. Mungkin saja kabel optik terlepas atau terpasang tapi bukan pada tempat yang seharusnya.

Modem Rusak

Apabila anda telah memeriksa dan mendapatkan tidak terdapat kabel optik yang lepas, maka kemungkinan lainnya yaitu terjadinya kerusakan pada modem Iconnet. Penyebab modem Iconnet rusak misalnya karena usianya yang sudah cukup tua atau terjatuh saat memindahkan routernya.

Kerusakan pada modem tentu saja akan berpengaruh pada koneksi internet karena fungsinya memang sebagai sumber wifi. Internet yang ada di modem inilah yang kemudian akan disalurkan pada perangkat yang tersambung.

Apabila modem telah rusak, otomatis sumber tidak bisa menyediakan jaringan internet untuk disambungkan kepada perangkat. Untuk mengatasinya, anda pun tidak memiliki pilihan lainnya, anda harus mengganti modem yang rusak dengan modem yang baru.

Cara Mengatasi Masalah Iconnet Gangguan

Penyebab iConnect gangguan bisa terjadi karena banyak faktor yang bisa disebabkan oleh internal maupun eksternal. Berikut kami bagikan cara mengatasi iConnect gangguan hari ini.

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pada Iconnet adalah kondisi wifi yang terisolir atau terblokir. Dan Wifi Iconnet yang terisolir bisa disebabkan oleh keterlambatan pembayaran biaya langganan internet oleh pengguna.

Solusinya sudah jelas dimana anda sebagai pelanggan harus rutin melakukan pembayaran biaya langgan internet tepat waktu sesuai dengan jadwal. Hindari keterlambatan pembayaran supaya wifi tidak diisolir atau diblokir. Cara membayar tagihan Iconnet juga beragam metodenya, contohnya melalui ATM, e-wallet seperti Gopay, OVO dan lainnya. Selain itu pembayaran tagihan juga dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking, sehingga tidak ada alasan untuk terlambat.

Restart atau Modem

Jika mengalami masalah Iconnet gangguan, anda bisa mencoba lakukan reset atau restart pada modem anda dimana cara ini efektif digunakan ketika terjadi gangguan yang disebabkan oleh sistem.

Caranya pun sangat mudah dimana hal yang perlu anda lakukan adalah merestart dulu pada modem lalu coba hubungkan dengan perangkat.

Tapi jika restart ternyata tidak bisa menyelasaikan masalah, reset modem dengan menekan tombol power yang terdapat pada router. Setelah itu hubungkan kembali dengan perangkat anda seperti HP atau laptop.

Membuat Laporan Gangguan

Jika anda terus mendapati koneksi yang tidak normal terus menerus, maka sebaiknya anda membuat laporan gangguan internet Iconnet kepada provider. Hubungi nomor call center yang disediakan dan nantinya akan langsung tersambung dengan customer service.

Anda bisa membuat laporan gangguan melalui customer service tersebut dan selanjutnya petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap masalah yang terjadi. Anda tidak perlu panik dan menjadi emosi ketika terjadi masalah Iconnet gangguan. Cari tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya dan lakukan solusi seperti yang sudah dijelaskan. Apabila memang tidak bisa diatasi sendiri, maka segeralah membuat laporan gangguan pada perusahaan penyedia layanan internet Iconnet.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi Iconnect gangguan terus hari ini dan penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …