Cat Rambut Sendiri di Rumah

Panduan Cat Rambut Sendiri di Rumah Dengan atau Tanpa Bleaching

Apakah anda bosan dengan warna rambut anda saat ini dan ingin mengecat rambut anda sendiri tanpa harus ke salon? simak panduan cara cat rambut sendiri di rumah dengan atau tanpa bleaching.

Sejak dulu, trend mewarnai warna sudah umum dilakukan banyak wanita bahkan pria dimana alasan mengecat rambut bisa karena beberapa hal seperti bosan dengan warna rambut sekarang, ingin tampil lebih fresh, ingin tampil unik, dan lain sebagainya.

Pada umumnya orang yang ingin mengecat rambut dengan warna favoritnya menjadi salon sebagai tujuannnya dimana hampir setiap salon menyediakan layanan pengecatan rambut dengan harga atau tarif bervariasi. Ada yang berbiaya murah, hingga mahal tergantung dengan kebijakan dan kepopuleran sebuah salon, serta pelayanan serta produk pewarna rambut yang digunakan.

Namun tahukah anda bahwa mengecat rambut bisa anda lakukan sendiri dirumah? dengan demikian anda tidak perlu repot-repot ke salon. Tetapi tentunya ada beberapa poin penting yang harus anda perhatikan agar hasil cat rambut anda tampak baik dan sempurna.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan panduan cara cat rambut sendiri di rumah dengan atau tanpa bleaching yang bisa anda simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Panduan Cat Rambut Sendiri di Rumah

Menyiapkan Semua Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah persiapan untuk mengecat rambut dimana anda bisa mulai menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya ada tempat plastik, sarung tangan, sisir, handuk, cermin, kuas rambut dan jepit rambut.

Saat membeli produk cat rambut umumnya sudah ada paket kuas dan sarung tangan. Namun beberap brand ada juga yang tidak menyediakannya, jadi sebagai persiapan awal sebaiknya siapkan semua peralatan dan bahan untuk mengecat rambut tersebut.

Anda bisa juga siapkan petrolium jelly yang sudah banyak dijual di pasar sebagai tambahan dimana fungsi petrolium jelly di sini adalah untuk meredakan rasa pedih jika mungkin nanti secara tidak sengaja anda menyentuh atau terken cat rambut di kulit.

Pilih Warna Cat Rambut Sesuai Selera

Memilih warna cat rambut juga termasuk bagian cara mewarnai rambut yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya jika warna yang dipilih tidak sesuai dengan tone kulit maka rambut akan terlihat tidak menarik. Ada banyak sekali pilihan warna yang disediakan oleh cat rambut.

Untuk Anda yang memiliki tone kulit cool, Anda bisa mempertimbangkan warna cat rambut yang lebih cerah atau sejenis neon. Sebaliknya jika tone kulit Anda terlihat lebih hangat maka jenis warna cat rambut yang bisa dipakai adalah seperti merah gelap, keabuan, dan lain-lain.

Sebagai informasi, untuk jenis warna cerah biasanya prosesnya butuh waktu yang agak lama karena butuh hasil warna yang maksimal. Sebaliknya untuk jenis warna yang gelap, biasanya prosesnya lebih cepat dan tidak butuh banyak perawatan.

Lindungi Area Sekitar Rambut

Langkah tutorial cat rambut sendiri yang selanjutnya adalah dengan melindungi beberapa bagian kulit yang ada di sekitar rambut. Beberapa area yang perlu dilindungi adalah seperti pelipis, dahi, tengkuk leher dan area sekitar telinga.

Seperti yang anda tahu bahwa cat rambut pasti mengandung bahan kimia yang bisa membuat reaksi pada kulit seperti kemerahan atau gatal-gatal. Itulah mengapa area sekitar rambut perlu dilindungi. Untuk melindunginya anda bisa gunakan petrolium jelly yang sebelumnya sudah disiapkan. Oleskan saja secukupnya petrolium jelly di area-area yang sudah disebutkan.

Gunakan Penutup Bahu dan Sarung Tangan

Selanjutnya jangan lupa pasang sarung tangan agar tangan tetap aman selama proses mewarnai rambut. Tentu saja sarung tangan ini sangat penting perannya karena yang akan disentuh adalah bahan kimia berbahaya untuk kulit. Selain itu penutup bahu atau pundak juga perlu digunakan.

Dalam hal ini anda bisa gunakan handuk kecil. Penutup pundak ini dipasang agar nantinya cairan cat warna rambut tidak menempel pada baju.

Rapikan Rambut dan Bagi Jadi Beberapa Bagian

Langkah berikutnya untuk tutorial cat rambut yang dilakukan sendiri adalah merapikan sekaligus membagi rambut dalam beberapa bagian agar memudahkan proses pengecatan rambut. Namun sebelum itu pastikan dulu rambut yang akan diwarnai harus dalam keadaan kering.

Usahakan agar tidak keramas atau melakukan perawatan rambut apapun sebelum mewarnainya. Anda bisa keramas sehari sebelum proses pewarnaan rambut ini. Untuk pembagian rambutnya bisa dibagi dari bagian atas, tengah dan bawah.

Racik Cat Rambut

Anda bisa memulai racik cat rambut yang akan digunakan. Campurkan racikan cat rambut di dalam wadah atau mangkuk plastik khusus yang sudah tidak dipakai untuk makanan. Gunakan kuas dan sisir langsung untuk mengaduk racikan.

Tes Cat Pada Rambut dan Kulit

Tidak semua rambut dan kulit cocok dengan cat rambut yang akan diaplikasikan. Bisa jadi terdapat reaksi alergi pada kulit atau rambut. Maka sebelum mengecat keseluruhan bagian rambut, maka tidak ada salahnya untuk mengecek dulu cat yang ditempel pada kulit dan rambut.

Mulai Aplikasikan Cat Rambut

Kemudian masuk ke tutorial cat rambut yang paling inti dimana anda bisa memulai mengecat rambut dengan racikan cat yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk mengaplikasikan pengecatan, sebaiknya mulai dari bagian akar rambut hingga ke bagian bawah.

Pengecatan rambut memang umumnya dilakukan mulai dari area ajar rambut karena area tersebut lebih lama berubah warna, untuk itu agar hasil tidak belang anda bisa mengecat bagian akar rambut terlebih dulu. Untuk menyapukan cat ke rambut, anda bisa gunakan bagian kuas yang sudah menyatu dengan sisir cat rambut. Sedangkan bagian sisirnya sendiri bisa digunakan untuk meratakan cat yang sudah disapukan pada bagian rambut.

Bersihkan Cat yang Menempel Pada Kulit

Tidak menutup kemungkinan selama proses mengecat rambut, masih terdapat cat rambut yang menempel pada kulit maupun pakaian. Maka agar tidak terjadi reaksi kimia seperti gatal atau kemerahan, segeralah membersihkan sisa cat menggunakan tisu basah atau air secafa langsung.

Bilas Rambut

Apabila anda telah mengecat rambut rata ke seluruh bagian rambut yang diwarnai, maka anda perlu menunggu 20 hingga 30 menit agar cat warna merasuk pada seluruh bagian rambut. Tutorial cat rambut berikutnya adalah membilas rambut yang sudah didiamkan selama kurang lebih 30 menit tadi.

Usahakan membalas rambut menggunakan air dingin atau air biasa yang tidak hangat atau panas. Penggunaan air dingin untuk membalas rambut ini bertujuan menutup kutikula rambut. Gunakan shampo khusus rambut dibleaching atau diwarnai.

Umumnya memang ada shampo khusus untuk rambut yang pernah mendapatkan perawatan bahan kimia. Hal ini dilakukan agar cat rambut tidak merusak rambut. Dan akan jauh lebih baik lagi jika anda juga menggunakan kondisioner untuk menghaluskan rambut karena rambut yang diwarnai umumnya akan bertekstur kasar. Untuk itu gunakan kondisioner agar rambut tidak hanya menarik denhan warnanya, namun juga lembut dan mudah diatur.

Demikian informasi mengenai panduan cara cat rambut sendiri di rumah dengan atau tanpa bleaching yang bisa dengan mudah anda terapkan sendiri. Anda juga bisa meminta bantuan teman atau keuarga untuk membantu anda agar pekerjaan mengecat anda bisa lebih mudah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …