Cara Membuka File BIN di HP Android dengan Mudah

Cara Buka File BIN di HP Android

Mungkin diantara Anda pernah mengunduh suatu file di internet dengan berbagai ekstensi, dan salah satunya mempunyai format berakhiran .bin. Tetapi masalah yang sering dialami oleh pengguna Android yakni tidak tahu bagaimana cara membuka file BIN tersebut. Karena itu bisa Anda simak mengenai cara membuka file BIN di HP Android di bawah ini.

Apa itu file BIN?

File BIN adalah nama dari sebuah ekstensi yang berakhiran .bin, contohnya namafile.bin. BIN adalah kependekan dari Binary, yang kebanyakan digunakan untuk membuat salinan pada berkas CD dan DVD. Sehingga file ini kerap kali ditemukan pada perangkat laptop / PC.
Tetapi untuk beberapa kasus, file bin juga dapat berasal dari file umum seperti MP3, MP4 bahkan APK yang format berkas tersebut telah diubah, dan mungkin dibuat dalam bentuk archive.
Berhubungan dengan CD dan DVD, file BIN mempunyai kemiripan dengan file ISO, hanya saja keduanya tidak dapat dibuka secara langsung menggunakan alat yang sama. Terutama bagi Anda pengguna ponsel Android, cara membuka file bin di HP Android diperlukan trik khusus sebelum dapat menjalankannya.

Cara Membuka File BIN di HP Android dengan Mudah 

Kebanyakan untuk pengguna HP Android memang tidak disediakan tool bawaan untuk bisa menggunakan file Bin. Karena itu, cara membuka file BIN di HP Android diantaranya harus mengunduh aplikasi tambahan dari pihak ketiga.
Dan di bawah ini robotandro.com akan menjelaskan beberapa cara membuka file BIN di HP Android dengan mudah, baik dengan aplikasi maupun tanpa tambahan aplikasi sama sekali, yaitu :

1.  Buka File Bin di Android dengan Rename

File BIN biasanya tidak berbeda jauh dengan file archive yang berektensi .zip atau .rar, yang mana di dalam file tersebut nantinya dapat di ekstrak. Maka dalam hal ini Anda cukup rename (ubah nama) ekstensi tersebut menjadi archive yang bisa diekstrak.
Caranya silahkan Anda masuk ke penyimpanan berkas BIN Anda, kemudian ubah lah nama BIN itu menjadi RAR atau ZIP. Misalnya nama berkas Anda adalah namafile.bin lalu ganti nama menjadi namafile.rar atau namafile.zip.
Catatan : untuk beberapa kasus file BIN ini bisa berasal dari format file umum seperti MP3, MP4 bahkan APK. Jadi ketika Anda mengunduh ekstensi .bin pastikan Anda mengetahui format yang sebenarnya, sehingga cara membuka file bin di HP Android Anda bisa berjalan lancar.

2.  Buka File Bin di Android dengan Aplikasi

Cara membuka file BIN di HP Android berikutnya dapat Anda lakukan dengan aplikasi tambahan seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.
Ada dua aplikasi yang kami rekomendasikan untuk Anda, yaitu QuickEdit yang umumnya berfungsi untuk membaca berkas teks (misal HTML, XML dll) apabila file bin Anda berasal dari format teks. Dan aplikasi yang kedua yaitu ZArchiver yang berfungsi untuk mengekstrak berkas.

1.  Menggunakan ZArchiver

Cara menggunakan ZArchiver untuk membuka file bin di Android ini dimanfaatkan untuk mengeluarkan berkas yang tersimpan di dalam archive sehingga nantinya file itu dapat dekeluarkan dengan cara ekstrak.
  Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi bernama ZArchiver di Google Play Store pada HP Android Anda,
  Kedua, install dan bukalah aplikasi ZArchiver, jangan lupa centang izin akses berkas yang diminta,
  Ketiga, langsung Anda masuk ke tempat Anda menyimpan file BIN Anda, lalu ekstrak file tersebut ke folder yang diinginkan,
  Keempat, jika file berekstensi BIN Anda telah berhasil diekstrak, maka pada tahap ini file Anda sudah siap Anda gunakan.
Dengan begitu cara membuka file bin di HP Android Anda cukup menggunakan alat bawaan ponsel Anda. Jika format file berekstensi MP4, maka tinggal buka saja dengan Media Player di perangkat Anda. Selesai!

2.  Menggunakan QuickEdit

Seperti yang kami sebutkan, QuickEdit adalah aplikasi yang berfungsi membaca format berkas teks. Paling umum digunakan untuk mengedit teks HTML di HP Android.
Apabila berkas BIN Anda berasal dari dokumen teks, Anda bisa mengikuti cara membuka file bin di HP Android dengan menggunakan aplikasi QuickEdit.
  Pertama, silahkan Anda unduh dan install aplikasi QuickEdit di Playstore pada ponsel Android Anda,
  Selanjutnya jalankan QuickEdit, lalu tap tombol menu di pojok kiri atas,
  Klik menu “Penyimpanan internal“, kemudian cari folder Anda menyimpan file BIN,
  Setelah itu, tinggal Anda tap saja file BIN Anda hingga berhasil terbuka dan memunculkan teks di layar pada aplikasi QuickEdit.
Terakhir, tentu saja file tersebut sudah dapat Anda gunakan baik untuk diedit kembali atau semacamnya dengan QuikEdit untuk membuka file BIN di HP Android dengan mudah.
 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuka file BIN di HP Android dengan mudah melalui beberapa metode yang kami bagikan. Semoga dengan tutorial bisa memberikan manfaat untuk Anda. Semoga sukses untuk Anda, selamat mencoba!

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *