Cek BLT Bansos Uang Tunai, Apakah Nama Anda Terdaftar?

Apakah anda sedang mencari informasi cek BLT uang tunai, simak pembahasan BLT Bansos uang tunai dan apakah nama anda terdaftar atau tidak.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pemerintah menyiapkan Bantuan Sosial Uang Tunai yang diharapkan meningkatkan daya beli dan menjadi daya ungkit efektif terhadap roda perekonomian. Salah satunya adalah pencairan Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan untuk tahun 2023.

Bantuan Subsidi Upah (BSU) adalah salah satu program bantuan pemerintah yang yang bertujuan untuk memberikan subsidi pada upah pekerja yang memenuhi syarat, sehingga dapat membantu meringankan beban ekonomi mereka.

Cara Cek Penerimaan BSU Secara Online

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengecek kelayakan sebagai penerima BSU yang bisa anda simak dibawah ini.

Situs Resmi Kemnaker

  • Pertama anda bisa membuka browser dan akses website resmi Kemnaker di alamat kemnaker.go.id.
  • Lalu anda bisa pilih menu BSU dan masukkan NIK serta nomor HP yang terdaftar.
  • Klik “Cek Penerima” untuk melihat status penerimaan BSU.

Cek Melalui Situs BSU BPJS Ketenagakerjaan

  • Pertama, anda bisa buka browser dan kunjungi situs resmi BSU BPJS Ketenagakerjaan di alamat bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Masukkan NIK, nomor HP, dan data penerima lainnya.
  • Klik “Lanjutkan” untuk melihat apakah anda memenuhi syarat sebagai penerima BSU.

Selain itu masih ada 4 lagi program bantuan sosial (bansos) pengganti yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang memenuhi syarat. Berikut adalah empat program bansos pengganti yang bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan finansial anda.

Bansos dari Pemerintah

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa

BLT Dana Desa sudah mulai dicairkan pada beberapa daerah. Program bantuan ini diberikan kepada masyarakat miskin kategori miskin ekstrem yang memiliki pendapatan harian maksimal Rp 20 ribu.

Setiap penerima bantuan akan mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 300 ribu per bulan. Syarat untuk mendapatkan BLT Dana Desa adalah dengan mendaftarkan diri ke desa setempat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)

PBI JK merupakan program bansos rutin yang cair setiap bulan. Para penerima bantuan ini dapat menggunakan layanan fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan secara gratis tanpa harus membayar iuran.

Iuran PBI JK dibayarkan langsung oleh pemerintah pusat ke BPJS Kesehatan. Para penerima bisa memanfaatkan bansos PBI JK untuk berobat atau melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT merupakan program bantuan sembako yang akan cair segera pada tahun ini. Para penerima program ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 900 ribu dari pemerintah. Skema pencairan lewat bank himbara atau Kantor Pos juga belum diumumkan resmi oleh Kemensos. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan berkas KTP, KK, dan KKS untuk berjaga-jaga dengan lembaga salur yang akan diberikan.

Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1

Bocoran dari aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi untuk Penyaluran Bantuan Sosial Nasional Terpadu (SIKS-NG) menyatakan bahwa PKH Tahap 1 akan cair lewat bank himbara. Sebaiknya Anda mempersiapkan KKS atau Kartu Merah Putih dan KTP agar bisa langsung mencairkan saldo bansos yang dikirim ke Kartu Keluarga Sejahtera.

Demikian informasi mengenai cek informasi BLT Bansos uang tunai. Bagi anda yang memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat dari bansos, maka anda bisa segera mendaftarkan diri anda segera.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …