Berat Badan Ideal Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Tinggi dan Usia

Cara menghitung berat bada ideal wanita yang proporsional sesuai dengan tinggi dan usia merupakan hal yang penting untuk anda ketahui dimana selain untuk membuat anda lebih percaya diri dalam hal penampilan, berat badan ideal juga bisa menjadi salah satu ciri anda memiliki kesehatan yang baik.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana setiap wanita pastinya mendambakan memiliki berat badan yang ideal. Dengan berat badan yang ideal pastinya akan mempermudah dalam memilih outfit, seragam, atau busana yang akan dikenakan. Dan juga bisa sebagai indikator apakah anda kelebihan berat badan atau malah kekurusan yang mana hal tersebut berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh.

Sekedar informasi dimana berat badan ideal setiap wanita bisa berbeda-beda dimana hal tersebut karena bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda-beda. Lalu berapa berat badan ideal menurut versi tubuh anda?

Sebelum kita membagikan cara menghitung berat bada ideal wanita maka penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu berat badan ideal? Adapun berat badan ideal adalah kondisi bobot berat badan yang menyehatkan mengacu kepada proporsional tinggi seseorang. Tidak hanya itu, berat badan ideal juga mempertimbangkan beberapa faktor lain seperti usia, jenis kelamin, jumlah massa otot, dan bentuk tubuh.

Berat badan yang tidak ideal tidak hanya berpengaruh pada penampilan tetapi juga pada kesehatan. Seperti contohnya apabila anda kelebihan berat badan maka hal tersebut berpeluang memicu obesitas dan bisa mengundang ragam penyakit yang serius seperti tekanan darah tinggi, jantung, dan diabetes. Sedangkan apabila anda memiliki berat badan yang terlalu rendah atau kurus dibawah berat badan ideal maka hal tersebut bisa meningkatkan risiko anemia, malanutrisi, gangguan pertumbuhan, dan osteoporosis.

Maka dari itu kesimpulannya adalah menjaga berat badan tetap ideal dan proporsional bukan hanya bisa dilihat dari segi penampilan saja tetapi menjaga berat badan ideal adalah langkah menjaga kesehatan tetap terjaga dan dalam kondisi prima agar bisa beraktivitas dan berkarya dengan maksimal.

Cara Hitung Berat Badan Ideal Untuk Wanita

Jika anda penasaran mengetahui apakah berat badan anda sudah ideal atau tidak, maka simak cara hitung berat badan ideal untuk wanita sebagai berikut.

Hitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Pertama, anda bisa menggunakan cara menghitung dengan menggunakan rumus BMI atau Body Mass Index dimana BMI adalah cara yang digunakan untuk menentukan berat badan. Nantinya dari perhitungan rumus BMI, anda dapat melihat kategori tubuh anda apakah masuk ke dalam gemuk, kurus, atau normal. Simak panduan cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus BMI.

Rumus BMI: BB (kg) / (TB (m) x TB (m))

Keterangan:

  • BB: Berat Badan
  • TB: Tinggi Badan

Keterangan hasil:

  • Kategori Normal, jika angka BMI menunjukkan 18,5 sampai 25.
  • Kategori BB lebih, jika angka BMI menunjukkan > 25.
  • Kategori BB kurang, jika angka BMI menunjukkan < 25.

Cara Hitung BB Ideal Wanita dengan Rumus Broca

Cara selanjutnya, anda juga bisa menghitung menggunakan rumus broca yang ditemukan oleh Paul Broca. Begini Panduannya.

BB Ideal (kg) = (TB (cm) – 100) – TB (cm) -100 x 15%)

Contoh perhitungannya:

Apabila anda memiliki tinggi badan 158 cm maka berat badan idealnya yakni (158-100) – (158-100) x 15%) = 49,3. Sehingga, berat badan ideal seharusnya adalah 49,3 kg.

Sebagai catatan dimana perhitungan di atas hanya kisaran yang disesuaikan di ilmu kesehatan. Selain itu BB ideal wanita juga dapat dilihat dari komposisi tubuh, apalagi jika wanita tengah hamil.

BB Wanita Ideal sesuai usia

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana usia dapat memengaruhi berat badan (BB) ideal wanita karena disebabkan adanya perubahan hormon dan metabolism di dalam tubuh wanita. Berikut kami bagikan berat badan ideal wanita sesuai usia dari Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI.

  • BB ideal wanita untuk usia 18 tahun-25 tahun sekitar 45-65 kg.
  • BB ideal wanita untuk usia 26 tahun-35 tahun sekitar 50-70 kg.
  • BB ideal wanita untuk usia 36 tahun-45 tahun sekitar 55-75 kg.
  • BB ideal wanita untuk usia 46 tahun-65 tahun sekitar 60-80 kg.
  • BB ideal wanita lebih dari usia 55 tahun sekitar 60-85 kg.

Demikian informasi mengenai cara menghitung berat bada ideal wanita yang proporsional sesuai dengan tinggi dan usia. Semoga berguna dan bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …