cara JNE ambil barang di rumah

Cara JNE Ambil Barang di Rumah (Pick Up) Beserta Syaratnya

Apakah anda ingin mengirimkan barang tetapi malas untuk pergi ke kantor JNE? Solusinya adalah dengan menggunakan JNE Pickup. Simak panduan cara JNE ambil barang di rumah (Pickup) beserta syaratnya yang perlu anda ketahui.

Proses mengirim barang ke luar kota, provinsi hingga keluar pulau merupakan kegiatan yang sudah umum dilakukan banyak orang saat ini. Namun kadang kala banyak orang yang merasa malas atau terbentur masalah ketika akan mengantarkan barang untuk dikirimkan ke kantor pengiriman barang.

Apalagi jika barang yang anda ingin kirimkan termasuk barang besar atau banyak yang pastinya akan merepotkan bukan? Untuk mempermudahnya, maka anda bisa menggunakan jasa JNE Pick up.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, dimana JNE merupakan merupakan salah satu pengiriman domestik yang sudah sangat populer di tanah air dan menjadi andalan banyak orang, mulai dari para pebisnis online yang berjualan di marketplace hingga konsumen perorangan.

Untuk mempermudah pelanggan dalam mengirimkan barang, maka JNE membuat terobosan dengan menawarkan jasa pengambilan barang dirumah atau pick up barang sehingga anda tidak perlu repot-repot keluar rumah. Hal ini tentunya akan sangat membantu para pelanggan, terutama para penjual online dalam mengirimkan orderan barang yang banyak ke berbagai tujuan yang berbeda sekaligus.

Namun sebagai catatan dimana cara JNE ambil barang di rumah ini dilakukan berdasarkan kesepakatan antara konsumen dengan kurir atau counter langganan dimana saat ini banyak konsumen JNE yang berharap bahwa perusahaan ini akan segera melayani penjemputan paket ke rumah secara resmi.

Berikut panduan cara JNE ambil barang di rumah (Pickup) beserta syaratnya yang harus anda ketahui bagi anda yang ingin menggunakan jasa JNE ini.

Cara JNE Ambil Barang di Rumah (Pick Up) Beserta Syaratnya

Packing Barang yang Akan Dikirim

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan barang yang akan dikirim. Sebagai contoh, anda mendapatkan pesanan sebanyak 10 barang, maka pastikan anda sudah packing dengan rapi sebelum kurir JNE datang ke rumah.

Pastikan bahwa seluruh barang sudah dipacking dengan aman agar tidak rusak selama pengiriman. Apabila diperlukan, anda bisa melapisi bubble wrap dan kardus tambahan untuk melapisi barang-barang yang rentan rusak. Khusus untuk pengiriman barang elektronik, sangat disarankan untuk menggunakan packing kayu.

Packing kayu bisa ditambahkan sendiri oleh pelanggan. Tapi apabila anda tidak memiliki materialnya, tidak usah kuatir sebab pihak JNE akan menyediakan packing kayu ini dengan biaya tambahan tertentu. Perlu dicatat bahwa ada barang-barang yang tidak boleh dikirimkan melalui JNE, contohnya seperti narkotika, barang yang mudah terbakar dan meledak, senjata tajam/api, dan barang lain yang dilarang oleh undang-undang.

Tuliskan Alamat Tujuan

Apabila anda sudah memastikan barang yang akan dikirimkan sudah dipacking dengan aman, maka pastikan bahwa anda tidak lupa untuk menuliskan alamat tujuan secara lengkap pada kemasan paling luar paket.

Perlu anda catat dimana setidaknya ada 3 informasi penting yang wajib anda cantumkan yakni nama penerima, nomor HP, sekaligus alamat lengkapnya.

Berbeda halnya ketika anda menggunakan resi otomatis dari marketplace. Untuk hal ini, anda bisa menuliskan nomor resinya saja pada bagian luar paket untuk selanjutnya diinput dan dicetak resinya oleh petugas JNE.

Sebelum barang diserahkan ke kurir, pastikan bahwa anda sudah memeriksa kembali detail alamat dan data penerima pada paket. Hal ini wajib dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam pengiriman atau pengantaran barang tersebut.

Hubungi Kurir

Saat barang sudah siap, anda bisa langsung menghubungi kurir atau counter JNE yang sudah menjadi langganan. Kurir pun akan segera datang dan mengambil barang-barang anda untuk dibawa ke counter JNE terdekat.

Dapatkan Resi dan Lakukan Pembayaran

Ketika barang sudah dijemput oleh kurir dan dibawah ke counter JNE, petugas yang bersangkutan pun akan segera menginput data tersebut ke sistem. Ongkos kirim atau biaya yang harus dikirimkan oleh pelanggan pun akan diketahui setelah proses input data dilakukan.

Karena JNE sendiri tidak menyediakan layanan jemput paket secara resmi, maka anda bisa membayar ongkir dengan metode yang sudah disepakati bersama counter atau kurir terkait. Contohnya dengan sistem deposit atau transfer setiap kali transaksi.

Jika pembayaran sudah dilunasi, anda akan mendapatkan nomor resi dari petugas dimana biasanya nomor resi ini akan dikirimkan melalui chat.

Pantau (Tracking) Perjalanan Paket

Dan langkah terakhir untuk anda lakukan adalah memantau perjalanan paket hingga sampai ke tangan penerima. Untuk memantaunya, anda bisa menggunakan website resmi JNE. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi my JNE karena resi akan otomatis masuk di akun anda.

Demikian informasi mengenai panduan cara JNE ambil barang di rumah (Pickup) beserta syaratnya yang mana akan mempermudah anda dalam mengirimkan barang tanpa ribet dan harus keluar rumah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …