Cara Membuat Username di Laptop

Cara Membuat Username



Cara Membuat Username di Laptop – Biasanya setiap pengguna yang baru mengaktifkan Komputer pertama kali akan diberikan opsi untuk membuat username dan juga password. Di mana username itu sendiri berguna sebagai identitas pengguna (pemilik), sementara password berfungsi untuk melindungi akses dari pengguna yang tidak diinginkan.
Meskipun sifat keduanya opsional, cara membuat username di laptop serta password ini sangatlah penting dilakukan. Karena dengan begitu, data-data Anda dapat terlindungi dari aktivitas pencuri yang ingin meretas komputer Anda. Dengan demikian data di PC Anda tetap tersimpan dengan aman.

Pengertian Username

Secara umum, username adalah nama pengguna seseorang yang terdiri dari huruf atau angka yang dibuat untuk memberikan identitas oleh pengguna di dunia maya (internet) agar mudah dikenali.
Biasanya username dibutuhkan ketika seseorang ingin mendaftarkan akun di sebuah situs atau platform. Sebagai contoh yaitu seperti akun Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Maka dengan cara membuat username, Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh teman dan keluarga Anda ketika mendaftar di social media.

Jenis-jenis Username

Dalam hubungannya dengan laptop / komputer, username terdiri dari 3 tipe akun, yaitu akun Administrator, Limited dan Guest. Berikut adalah perbedaan dari antara akun username tersebut, antara lain :

1.  Administrator

Administrator adalah akun yang mempunyai akses penuh di dalam sebuah komputer, baik untuk menginstal program, mengubah dan menghapus username lain, serta dapat mengakses seluruh file di dalam komputer.

2.  Limited

Tipe akun Limited mempunyai akses yang terbatas, yang mana fungsinya hanya bisa mengubah pengaturan di dalam akun itu sendiri.

3.  Guest

Akun Guest adalah akun user yang diijinkan untuk mengakses data atau file tertentu oleh pemilik kepada pengguna lain. Dengan kata lain, akun Guest sama halnya dengan tamu yang diijinkan masuk tetapi memiliki batasan.

Cara Membuat Username di Laptop

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis username yang digunakan pada PC atau komputer, selanjutnya silahkan Anda simak bagaimana cara membuat username di laptop seperti berikut ini.
1.  Pastikan PC Anda sudah menyala sempurnya untuk masuk ke pengaturan, klik tombol start windows, lalu pilih Control Panel.
2.  Di dalam menu Control Panel, masuk ke User Accounts dengan cara klik ganda (2 kali).
3.  Lalu pilih Manage another account untuk melihat daftar akun atau membuat akun yang baru.
4.  Cara membuat username atau akun baru, klik Create a new account.
5.  Pada tahap ini, pilih tipe akun yang Anda inginkan (misal: Administrator).
6.  Isikan username Anda pada kolom New account name, lalu klik Create Account.
7.  Maka Anda akan kembali pada menu sebelumnya, yaitu daftar akun yang sudah dibuat.
8.  Jika nama akun yang Anda buat tadi sudah muncul, artinya akun username Anda telah siap untuk digunakan.
Selesai!

Kesimpulan

Cara membuat username di laptop atau akun di dalam komputer bertujuan untuk membatasi akses setiap pengguna satu dengan yang lainnya. Sehingga setiap pengguna tidak bisa masuk ke akun pengguna lainnya tanpa seizin oleh si pemilik.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *