Iklan

Cara Menghubungkan CCTV ke Hp Android Terbaru 2021

Unsplash.com

CCTV menjadi salah satu alat pemantau keamanan yang sangat populer digunakan oleh banyak kalangan. Lewat perangkat ini, Anda bisa memantau keamanan secara akurat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih memantau CCTV bisa dilakukan secara mudah termasuk lewat hp. Lalu bagaimanakah cara menghubungkan cctv ke hp Android?

Ada beberapa cara berbeda yang bisa digunakan untuk menyambungkan CCTV ke Android. Salah satunya adalah memanfaatkan jaringan LAN atau wifi dan mengatur settings CCTV ke Android.

Cara Menghubungkan CCTV ke Hp Android

Kalau Anda memiliki koneksi internet dengan kecepatan yang baik,maka dapat digunakan untuk mengakses CCTV. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa cara menghubungkan cctv ke hp Android secara mudah yang perlu Anda ketahui.

1. Cara Menghubungkan CCTV ke Hp : Menyamakan Class IP Address Recording

Sebelum bisa digunakan untuk memantau rekaman CCTV, terlebih dahulu Anda perlu menyamakan Class IP Address Recording (DVR) dengan komputer. Secara umum, IP Default dari DVR adalah 192.168.1.10.

Apabila class tersebut sudah sama, maka Anda bisa masuk ke settingan DVR melalui browser. Caranya adalah masukkan IP DVR pada kolom pencarian yang ada di Browser tersebut. Kemudian Anda akan dibawa menuju ke halaman login. Silakan Anda bisa mengisikan username dan password berupa “admin”.

Setelah berhasil login maka Anda pun akan diminta untuk menginstal ActiveX. Silakan Anda hanya perlu klik pada pop up yang muncul dan sistem pun akan mulai melakukan instalasi Active X. Kalau sudah berhasil dipasang maka akan terdapat tampilan kamera di layar.

Pada bagian kanan atas layar, silakan Anda bisa klik Tool System. Kemudian pilih bagian menu Network dan silakan ganti port-nya dengan 81 lalu klik Apply. Jika Anda ingin kembali mengakses browser yang sebelumnya, maka IP Address yang dimasukkan menjadi 192.168.1.10:81.

2. Mengatur Modem

Setelah berhasil menyamakan Class IP Address maka tahapan yang berikutnya adalah dengan mengatur modem. Nantinya Anda akan memantau CCTV dengan memanfaatkan koneksi internet. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memastikan jika koneksi internet cukup optimal kecepatannya.

Anda bisa login ke settingan modem. Untuk cara ini bisa berbeda-beda bergantung pada jenis modemnya. Silakan Anda bisa cek pada petunjuk yang ada di modem atau bisa menghubungi provider internet untuk memastikannya.

Setelah berhasil masuk ke dalam pengaturan modem, Anda bisa mencari fitur berupa “Virtual Server/Port Forwarding”. Kemudian pada bagian “Server IP Address” silakan Anda bisa memasukkan IP DVR-nya. Pada bagian ini Anda juga perlu memasukkan Port yang akan dibuka untuk DVR. Umumnya port yang digunakan adalah 81 atau 888. Kemudian klik Save.

Jika Anda sudah membuka port untuk DVR maka IP Public dari modem tersebut pun sudah bisa diakses. Untuk mengetahui IP Public jaringan yang Anda miliki, bisa dilihat dari modem ataupun bisa juga melalui situs whatismyip.com.

3. Memasang Aplikasi Pemantau CCTV

Agar bisa menghubungkan CCTV ke perangkat Hp Android, maka Anda membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah EagleEyes. Namun Anda juga bisa memilih aplikasi lain sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila aplikasi tersebut sudah berhasil diinstal maka Anda pun sudah bisa menggunakan IP Public untuk mengakses CCTV. Silakan Anda masukkan IP Public dan juga port yang digunakan. Jika sudah maka silakan Anda bisa login menggunakan username dan password “admin”.

Kemudian tunggu beberapa saat. Setelah muncul tampilan kamera pada Handphone maka Anda pun sudah bisa memantau CCTV dari ponsel yang dimiliki.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghubungkan cctv ke hp yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Cara Menghubungkan CCTV ke Hp Android Terbaru 2021"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel