Cara Membuat Thumbnail Youtube di HP Android

Cara membuat thumbnail Youtube di HP Android merupakan cara yang paling praktis dan mudah dilakukan oleh para Youtuber. Karena HP adalah perangkat yang bisa dibawa kemanapun pergi tanpa memerlukan tempat khusus yang merepotkan. Mengingat aktivitas Youtuber yang selalu aktif untuk membuat konten.

Atau mungkin anda baru saja hendak memulai peruntungan dengan menjadi seorang Youtuber, namun tidak tahu bagaimana buat thumbnail Youtube dengan HP android. Karena untuk membuat dengan komputer baik laptop maupun PC,  belum memiliki perangkat yang memadai.

Padahal menurut robotandro.com yang diulas kali ini, membuat dengaan HP jauh lebih mudah dan menguntungkan untuk pemula. Jadi makin penasaran kan pengen tahu caranya, jangan lupa ikuti cara-cara mudah yang disampaikan artikel ini.

Cara Membuat Thumbnail Youtube HP Android

Conten creator adalah profesi yang sangat disukai oleh kaum milenial, karena bisa dilakukan tanpa batasan usia dan waktu. Banyak sekali Youtuber yang meraih penghasilan tinggi di usianya yang masih sangat muda, bahkan usia sekolah. Sehingga bisa membeli berbagai kebutuhannya sendiri tanpa merepotkan orangtua.

Namun untuk membuat sebuah konten menarik untuk dilihat merupakan tantangan bagi seorang Youtuber, terutama bagi para pemula yang subscribenya masih sedikit. Salah satunya adalah membuat thumbnail yang menarik dan membuat viewers tertarik untuk mampir kemudian mengikuti akunnya.

Karena thumbnail itu seperti sampul pada buku, maka harus dibuat semenarik mungkin dan memiliki nilai yang membuat orang penasaran. Namun sebaiknya tidak terlalu berlebihan, sehingga orang tidak akan kecewa.

1.     Membuat Thumbnail Youtube di HP Android Dengan Aplikasi Canva

Cara membuat thumbnail Youtube di HP Android dengan aplikasi Canva adalah pilihan yang paling praktis dengan hasil yang memuaskan. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk mendesain gambar dengan cepat sehingga sangat tepat untuk pemula. Selain itu juga memiliki banyak template yang sangat menarik dan tidak membosankan.

Namun sebelumnya anda harus menyiapkan ruang untuk mengunduhnya terlebih dahulu. Karena kalau tidak memiliki cukup ruang maka proses pengunduhan tidak akan sempurna, sehingga keinginan anda membuat thumbnail menjadi gagal.

Baca juga Cara Membuat Fanspage Facebook di Android Untuk Promosi Usaha

Langkah membuat thumbnail dengan Canva sangat mudah untuk diikuti karena desain antar mukanya sangat ramah pengguna.

  1. Setelah anda mengunduh aplikasi Canva ini dari playstore, kemudian bisa login dengan cara membuat akun dahulu agar dapat menggunakan fiturnya.
  2. Setelah dapat masuk ke dalam aplikasi canva maka akan terlihat banyak template dan menu yang dapat anda pilih.
  3. Kemudian untuk membuat thumbnail youtube anda tinggal mencari menu gambar mini Youtube. Kemudian pilih semua dengan cara mengkliknya.
  4. Lalu anda bisa memilih template yang paling sesuai dan paling pas untuk digunakan sebagai thumbnail video yang akan anda unggah..
  5. Kemudian untuk langkah selanjutnya maka anda bisa mengotak-atik gambar yang akan digunakan sebagai thumbnail dengan fitur tersebut. Sampai mendapatkan gambar yang paling sesuai dan pas dengan keinginan.
  6. Setelah itu jangan lupa untuk menyimpannya pada galeri HP anda.

2.     Memasang Thumbnail Youtube di HP Android

Setelah selesai membuat thumbnailnya maka langkah selanjutnya tentu memasang thumbnail tersebut ke  video yang akan diupload pada chanel Youtube. Namun sebelum mengedit video tersebut, anda harus mengunduh dahulu satu aplikasi lagi untuk melakukannya.

Baca juga 2 Cara Memindahkan Video dari YouTube ke Galeri

Yaitu dengan menggunakan aplikasi creator studio yang dapat anda unduh dari google playstore. Kalau masih ragu karena belum pernah mencobanya maka bisa mengikuti cara membuat thumbnail Youtube di HP Android dibawah ini.

  1. Cari aplikasi Creator Studio di Google Playstore kemudian unduh ke perangkat yang akan anda gunakan.
  2. Setelah aplikasi sudah dapat dibuka di HP android yang digunakan, maka langkah selanjutnya adalah login dengan menggunakan akun youtube atau akun google yang anda miliki.
  3. Namun sebelum mengedit video dengan thumbnail ini, hendaknya sudah mengupload video tersebut ke Youtube melalui PC atau perangkat lain dalam bentuk draft. Sehingga ketika proses penambahan thumbnail dilakukan videonya sudah siap di dalam draf.
  4. Klik pada video yang hendak diberi thumbnail tersebut sehingga tampilannya berubah menjadi tampilan video yang akan dipublish.
  5. Pada beberpa ikon yang tampil pada sesi ini maka anda harus memilih icon edit video yang berbentuk seperti pensil.
  6. Kemudian lanjutkan dengan menu edit thumbnail dengan cara mengkliknya.
  7. Biasanya saat sudah di klik akan muncul beberapa referensi gambar yang disorot oleh platform, pada bagian ini anda harus memilih thumbnail custom yang akan otomatis membuka galeri HP.
  8. Arahkan ke thumbnail yang sudah anda buat tadi dengan cara mengklik pilih kemudian lanjutkan dengan simpan dan tunggu sampai proses selesai.
  9. Setelah thumbnail terpasang dengan sempurna bisa disimpan untuk diiterbitkan di lain hari. Bisa juga langsung dipublish.

Ternyata mudah ya cara membuat thumbnail Youtube di HP Android itu, tidak sesulit yang dibayangkan. Nah sekarang tunggu apalagi, coba dan buat thumbnail terbaik versi anda dan dapatkan subscriber baru yang menyukai konten anda. Semangat!

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *