Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Cara menulis daftar pustaka dari internet – Ada yang bisa kasih tahu enggak, gimana nulis daftar pustaka yang bener?. Dari kemarin skripsi kena revisi terus. Itulah permasalahan keseluruhan mahasiswa di Indonesia. Beberapa kali harus kena revisi karena salah dalam menulis format daftar pustaka penelitiannya.

Iya sih, Cuma tinggal nulis aja. Tetapi, kalau sampai menyepelekannya juga tidak bagus . Terkadang, hal yang dianggap remeh, bisa jadi itu bumerang bagi Anda. Penulisan daftar pustaka yang salah dapat berakibat fatal. Misalnya saja jika Anda lupa mencantumkan nama penulisnya. Wah, Anda bisa terkena cap plagiat. Anda pun akan kena hukuman penjara dan denda karena sudah melanggar hak cipta.

Tentunya Anda tidak mau kan kalau itu sampai terjadi?. Bisa-bisa skripsi  ditolak, dan otomatis Anda dikeluarkan dari kampus. Agar kejadian itu tidak menimpa Anda, maka pelajari dulu bagaimana menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Mencantumkan datanya juga tidak sembarangan, harus mengikuti kaidah yang berlaku. Simak secara lengkap di robotandro.com

Tentang Daftar Pustaka

Aturan penulisan daftar pustaka itu bermacam-macam jenisnya, tergantung tersebunya di dapat dari mana. Para mahasiswa sih lebih sering mengambil referensi penelitiannya dari buku dan internet. Untuk cara menulis daftar pustaka dari buku sendiri kurang lebih contohnya seperti ini :

Contoh Pertama :

Hindun, Sari. (2009). Meningkatkan Kesehatan Mental pada Anak Usia Dini. Malang : Penerbit Citra Abadi.

Contoh Kedua

Mega, Nila dan Himawan, Mirza. (2008). Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini. Makassar : Penerbitan Cahaya Sehati.

Untuk cara menulis daftar pustaka dari internet beda lagi. Penasaran gimana modelnya?, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga Cara Membuat Kartu Undangan Ulang Tahun

Tutorial Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Tadi Anda sudah belajar  menulis daftar pustaka yang sumber rujukannya dari buku. Sekarang, Anda pelajari bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet. Formatnya sih hampir sama dengan yang ada di buku. Cuman bedanya ada di penambahan alamat URL saja.

Kalau di internet harus mencantumkan alamat URL agar pembaca bisa mengakses sumber rujukannya. Dan juga untuk meyakinkan bahwa pendapat si penulis tidak berdasarkan pemikirannya semata, melainkan ada data-data valid yang mendukung kajian penelitiannya itu.

Perannya memiliki andil yang besar dalam menentukan kebenaran suatu penelitian. Maka dari itu, si penulis diwajibkan mencantumkannya di akhir tulisan sebagai sebuah bukti dari kajian teorinya. Untuk cara menulis daftar pustaka dari internet pada umumnya seperti berikut.

Masuk ke Halaman Browser Di Handphone atau Laptop

Sumber rujukannya kan dari internet, maka terlebih dahulu Anda nyalakan laptop atau komputer Anda. Kemudian Sambungkan ke jaringan internet atau WiFi. Setelah terhubung, langsung buka browser google chorme, Mozilla Firefox, atau peramban lainnya. Mulailah melakukan pencarian dengan mengetikan kata kunci di bagian kolom search engine google.

Buka Website yang Menjadi Sumber Rujukan

Langkah kedua  cara menulis daftar pustaka dari internet adalah membuka halaman website rujukannya. Di sana, Anda harus mencari beberapa data yang nantinya akan dimasukkan dalam daftar pustaka. Bukalah notepad untuk tempat pencatatan datanya. Dengan begitu, Anda tinggal menyalin dan menempelnya saja. Kalau kesusahan, bisa Anda catat di kertas secara manual.

Baca juga Cara Paling Akurat Mengetahui WA Diblokir

Mencari Alamat URL

Data pertama yang harus  dicari adalah alamat URL dari website yang menjadi sumber rujukan Anda. Letaknya sendiri ada di bagian atas. Lebih tepatnya di kolom side bar yang ada tulisan https://.

Anda salin semua bagiannya dan tempelkan di notepad.

Mencari Nama Penulisnya

Apabila Alamat URL nya sudah ditemukan, kemudian Anda cari nama penulis artikel tersebut. Biasanya sih letaknya ada di bagian bawah judul artikel. Jika tidak ada di situ, Anda bisa mencarinya di bagian paling bawah sendiri. Tepatnya ada di bawah Tulisan “About”. Kalau masih juga tidak ditemukan, bisa jadi posisinya ada di samping artikelnya.

Mencari Judul Artikel

Data terpenting adalah mencari judul artikelnya. Kalau ini pasti mudah Anda temukan. Sebab, begitu Anda membuka halaman websitenya, judul artikelnya sudah terpampang jelas di bagian atas. Copy dan paste kan ke notepad.

Mencari Tanggal Pembuatan Artikel

Terakhir, Anda tinggal mencari tanggal artikel tersebut ditayangkan atau dibuat. Letaknya sih, biasanya ada di bawah judul artikel. Atau kadang-kadang juga ada di atas judulnya.

Mencatat Tanggal  Akses

Apabila semua data sudah berhasil Anda temukan, catat tanggal  berapa Anda mengakes website tersebut.

Menyusun Daftar Pustaka

Semua data telah terkumpul, Anda tinggal menyusunnya menjadi sebuah daftar pustaka yang utuh. Contohnya sebagai berikut :

Permata Sari, Intan. 2022. Tutorial Membuat Kerajinan Tangan Negara Azerbaijan.www.handycraft.com/tutorial-membuat-kerajinan-tangan-negara-azerbaijan/ ( diakses pada 12 Januari 2022).

Terjawab sudah masalah mahasiswa tentang bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet yang benar. Lain kali, kalau ada tugas karya ilmiah, jangan ada  kesalahan lagi dalam mencantumkan datanya.

Check Also

Tata Cara Ajukan KPR di Indonesia

Tata Cara ajukan KPR pasti menjadi hal mendasar dan penting bagi sepasang anak mausia yang ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.