HP Ngelag Saat Main Game? Begini Cara Meningkatkan Performa HP Android!

Bicara soal bagaimana cara meningkatkan performa HP memang tidak ada habisnya, khususnya bagi pengguna yang sangat menggemari bermain game di smartphone. HP dengan performa tinggi adalah dambaan semua gamer.


Terlepas dari berapa total RAM serta harga yang dikeluarkan untuk membeli sebuah Smartphone, pasti kamu tetap ingin agar HP yang kamu gunakan mendapat performa yang maksimal saat bermain game, terutama pada game HD 3D.

Masalahnya, bagaimana sih cara meningkatkan performa hp saat main game berat?

Nah, jika kamu salah satu yang mengalami masalah HP lemot dan lag saat main game, maka kamu perlu tahu tips dan trik cara meningkatkan performa hp untuk bermain game HD berikut ini.

Cara Meningkatkan Performa HP Android Saat Main Game

HP lemot memang terasa sangat mengganggu, terutama bila Anda membutuhkannya untuk bermain game dengan grafik yang tinggi. Karena itu, kamu harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja pada sebuah smartphone, seperti berikut.

1.  Aktifkan Mode Kinerja Tinggi

Salah satu fitur yang sudah diberikan pada smartphone saat ini adalah adanya opsi untuk mengatur mode performa, yaitu:

•  Mode Performa Pintar

•  Nonaktifkan Mode Performa

•  Mode Kinerja Tinggi

Dengan mengaktifkan mode kinerja tinggi, berarti memerintahkan hp untuk bekerja di tingkat yang maksimal. Sehingga dapat memberikan pengalaman bermain lebih baik pada game berat. Satu kelemahan dari fitur ini adalah memberikan dampak pada baterai yang akan cepat panas dan terkuras.

Untuk mengaktifkan mode kinerja tinggi itu sendiri jika kamu pengguna Realme, bisa melalui [Menu -> Pengaturan -> Baterai -> Mode Performa – Aktifkan Mode Kinerja Tinggi].

2.  Aktifkan Mode “Force 4x MSAA”

Merupakan salah satu fitur dari mode pengembang yang disembunyikan oleh sistem Android.

Mengaktifkan mode Force 4x sama dengan memaksa HP untuk menampilkan kualitas grafis yang lebih tinggi. Dan tentunya untuk memaksimalkan kinerja smartphone dalam memainkan game HD dengan kualitas yang tinggi.

Cara meningkatkan performa HP dengan mengaktifkan Force 4x MSAA terlebih dahulu untuk menyalakan fitur mode pengembang. Setelah aktif masuk ke [Menu -> Pengaturan -> Pengaturan tambahan -> Opsi Developer -> aktifkan “Paksa 4x MSAA”].

3.  Menggunakan Game Space

Game Space adalah sebuah software bawaan Android yang memberikan keleluasaan untuk mengatur tingkat performa bermain game.

Aktifkan Mode Kompetisi untuk memprioritaskan jaringan sistem untuk satu game yang kamu mainkan supaya berjalan dalam tingkat yang maksimal. Sebagai konsekuensinya, baterai akan cepat panas dan cepat habis.

4.  Game Booster – GFX Tool

Game Booster adalah opsi terbaik yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan performa HP saat main game. Game Booster dipercaya dapat meningkatkan kualitas grafis dengan mengaktifkan pilihan seperti:

•  Gaming Mode

•  HDR Graphic Mode

•  Extreme FPS Mode

Dengan begitu akan memberikan kamu pengalaman main game yang lebih mulus dan anti lag / lemot di HP. Game Booster dapat diunduh gratis di Playstore dengan ukuran 6,59 MB.

Kesimpulan

Cara meningkatkan performa HP Android seperti di atas memang cukup ampuh untuk mendobrak performa HP untuk bermain game di tingkat yang ekstrim.

Namun, yang harus kamu tahu. Cara tersebut sudah tidak serta merta membuat hp yang kamu gunakan bisa menjalani berbagai game-game berat.

Jika HP kamu memiliki RAM 1gb, maka tidak masuk akal untuk bisa bermain Genshin Impact, Fortnite dan sejenisnya. Kecuali memang game tersebut terdapat versi lite yang bisa dimainkan di HP dengan spesifikasi menengah kebawah.

Akhir Kata

Sekian tips dan trik cara meningkatkan performa HP saat main game. Semoga dapat memberikan solusi bagi kamu yang sering mendapat masalah HP lag/lemot, dan patah-patah pada saat bermain game.

Check Also

Game Penghasil Saldo DANA

8+ Game Penghasil Saldo DANA Asli dan Terbukti Membayar

Apakah anda ingin menghasilkan uang secara online hanya dengan bermain game saja? siapa yang bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *