Cara Jitu Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Yang Paling Populer Di Kalangan Pengguna

Cara membuat daftar isi otomatis sering menjadi masalah bagi banyak orang yang sedang menyusun sebuah laporan atau berkas. Atau juga pelajar yang sedang membuat tulisan untuk dibuat dalam bentuk buku karena prosesnya yang cukup ribet. 

Padahal ada beberapa cara yang cukup gampang untuk membuat daftar isi dengan otomatis dengan perangkat lunak olah kata Ms Word. Bahkan solusi untuk mengatasi masalah ini ada banyak cara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan perangkat yang digunakan.

Kalau anda kali ini sedang pusing membuat daftar isi yang menunjukkan letak halaman dari berkas atau laporan yang sedang anda kerjakan. Jangan sedih, kali ini robotandro.com akan membagikan cara yang dapat menguraikan rasa pusing anda dalam waktu yang cepat.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Gampang

Daftar isi merupakan bagian awal dari sebuah buku atau laporan, sehingga mau tidak mau harus dikerjakan setelah selesai menulis. Dan meletakkan pada lembar paling awal saat sudah selesai melengkapi semua sedang dibuat. Karena daftar isi adalah petunjuk bagi tulisan yang sedang anda buat, layaknya peta bagi seorang pengelana.

Rasanya memang kalau sebuah buku atau berkas yang tebal tidak memiliki daftar isi. Saat mencari satu topik atau tema yang ditulis harus membukanya satu persatu. Sehingga pasti akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Menunda pekerjaan yang seharusnya sudah selesai, karena proses pencarian yang lambat.

Itulah pentingnya daftar isi bagi seorang pembaca, mengampangkan saat mencari sesuai yang diinginkan saja dengan cepat. Selain itu juga dengan melihat daftar isi pembaca akan mengetahui secara ringkas sebelum memutuskan membaca seluruh isi dari berkas tersebut.

Baca juga Cara Melingkari Tulisan di Word dengan Baik dan Benar

Cara membuat daftar isi otomatis ini akan membuang kesulitan dalam membuat titik-titik secara manual, yang kadang kepanjangan kadang kependekan tidak rapi. Setelah lelah menyusun laporan masih dipusingkan dengan mengatur titik-titik ini yang bikin pusing kepala.

1.     Membuat Dengan Word Pada Windows

Kali ini adalah menggunakan cara yang paling populer digunakan oleh para pengguna yaitu melalui Ms Word pada Windows. Karena jaman sekarang kebanyakan komputer seperti PC dan laptop menggunakan system operasi ini.

Maka kali ini yang akan diulas adalah cara membuat daftar isi dengan Windows. Cara membuatnya tidaklah sulit dijalankan, yang jelas anda harus membuat berkasnya terlebih dahulu dan menyiapkannya pada perangkat yang hendak digunakan. Ini merupakan poin paling penting yang tidak boleh dilupakan karena kalau tidak ada berkasnya dahulu tidak akan dapat dibuat.

  • Setelah laporan atau berkas yang anda buat sudah selesai maka bisa otomatis diberi daftar isi. Kalau belum selesai lebih baik selesaikan dahulu agar tidak repot di setelah selesai diberi nomor otomatis.
  • Untuk memulai melanjutkan prosesnya maka harus mencari menu references pada bar untuk memilih tools table of content.
  • Kemudian akan tampil beberapa baris menu lanjutan dan anda harus memilih automatic table 1 untuk membuatnya menjadi otomatis.
  • Kemudian daftar isi yang berisi sub judul untuk setiap halaman beserta keterangannya akan diproses oleh Ms Word.
  • Tunggu sebentar dan daftar isi yang anda inginkan sudah siap.

2.     Mengedit Daftar isi Yang Telah Dibuat Dengan Word Pada Windows

Terkadang berkas yang sudah kita buat mengalami perbaikan karena berbagai hal, entah ada yang perlu ditambahkan. Atau malah harus dikurangi. Nah jangan khawatir karena ada caranya juga pada Ms Word ini untuk memperbaikinya.

  • Perbaiki lebih dahulu dokumen yang akan diubah daftarnya tersebut sampai benar-benar selesai. Pastikan tidak ada yang ketinggalan agar tidak mengulangi proses.
  • Setelah dokumen selesai diperbaiki maka lanjutkan proses dengan cara menggunakan menu references kemudian update table yang mempunyai dua pilihan.
  • Ketika anda tidak ingin merubah tulisan pada judul dan hanya ingin merubah pada nomor halamannya saja, maka anda bisa memilih menu update page numbers only.
  • Namun ketika anda ingin semua daftar isi termasuk judul maupun sub judul maka anda bisa memilih update entire table untuk melakukannya.
  • Lalu bagaimana ketika ada entri yang hilang saat mengedit, ada caranya yaitu dengan menu Home lalu lanjut ke menu Style kemudian pilih heading 1.
  • Setelah itu anda bisa menuliskan nama tulisan judul serta nomor halaman yang dikehendaki. Maka entri yang hilang akan ada kembali.

Cara ini sangat disukai pengguna karena dapat digunakan pada perangkat tanpa harus menggunakan aplikasi lain sebagai tambahan alat bantu. Juga tidak memerlukan jaringan internet yang stabil karena bisa digunakan langsung pada perangkat lunak yang sudah diunduh di perangkat.

Baca juga 7 Cara Compress File Word Bisa Online dan Offline!

Selain itu juga cara penggunaannya yang lebih gampang dan familiar dibandingkan dengan menggunakan dua cara yang lainnya. Sehingga para pemula sekalipun dapat mempraktekkannya dengan gampang tanpa harus bertanya kepada seorang ahli.

Demikianlah cara membuat daftar isi otomatis yang dapat anda lakukan dengan cepat. Sehingga tak lagi pusing saat harus membuat laporan dan banyak perbaikan. Jangan menyerah untuk berusaha ya, semangat!

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *