Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Cara ajukan pengembalian barang di shopee – Duh kesel deh, kalau paket yang diterima enggak sesuai harapan!. Itulah ungkapan hati  seorang konsumen  yang baru saja menerima barang pesanan dalam keadaan cacat atau rusak. Pernahkah Anda mengalami kejadian ini ketika membeli sesuatu dari toko online?. Bagaimana perasaan Anda, sedih atau marah?.

Pastinya setiap orang jika mendapati masalah seperti itu akan marah. Udah capek-capek keluar duit, tapi barang yang diterima malah bermasalah. Sebagai seorang konsumen yang bijak, tentunya Anda harus komplain kepada pihak penjualnya agar hal tersebut tidak terulang kembali.

Belanja online di komputer atau laptop memang praktis. Cuma menekan satu tombol, barang pesanan siap diproses. Namun, tidak jarang juga ada seorang penjual yang melakukan penipuan. Misalnya, gambar yang ada di website terlihat sangat bagus, tetapi ketika si pembeli menerimanya, ternyata barang tersebut memiliki kualitas yang  buruk. Apa yang ditampilkan di layar komputer, berbeda jauh dengan model aslinya.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena biasanya sih kualitas itu bisa dilihat dari harganya. Ya, tidak semua seperti itu juga. Tetapi, untuk berjaga-jaga agar tidak tertipu saat belanja online, Anda harus melakukan riset terhadap tokonya. Contohnya dengan melihat ulasan  konsumen yang pernah membeli di sana, mengecek rating barang, dan tokonya.

Namun, jika Anda sudah terlanjur menerima barangnya. Jangan khawatir, Anda bisa mengembalikan barangnya kembali. Salah satu marketplace yang menyediakan layanan tersebut adalah Shopee.

Cara ajukan pengembalian barang di shopee

Marketplace shopee adalah toko online nomor satu di Indonesia. Bahkan popularitasnya mampu menyaingi Bukalapak, Tokopedia, dan lazada.  Masyarakat Indonesia banyak yang tertarik belanja di situs itu karena tersedia berbagai macam jenis penawaran menarik di dalamnya. Contohnya  gratis ongkir, flash sale, diskon, pemberian Hadian bagi pengguna baru, cash on delivery (COD), dan lain-lain. Harga setiap barangnya pun tidak terlalu mahal dan cocok untuk kalangan menengah ke bawah.

Baca juga Cara Ajukan Pengembalian Dana di Shopee

Walaupun bukan buatan anak negeri seperti Tokopedia dan Bukalapak, tetapi shopee mampu memberikan kepuasan belanja kepada konsumennya yang ada di Indonesia. Kantor pusatnya sendiri bertempat di negara tetangga Singapura, dan nama perusahaan yang menaunginya adalah  Sea Limited dengan pimpinannya bernama Forrest Li.

Tahun 2015 adalah masa di mana shopee baru meluaskan pangsa pasarnya ke wilayah Asean. Pihak perusahaan mencoba keberuntungannya di negara Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina, dan tak terkecuali Indonesia. Di bumi pertiwi ini, marketplace tersebut mendapatkan tempat kejayaannya. Sudah jutaan orang menginstal aplikasinya melalui playstore. Banyak pelanggan yang puas dengan pelayanannya.

Dunia ini punya dua sisi, ada yang baik dan buruk. Begitu juga shopee, ada pelanggan yang puas dan tidak puas. Alasan yang melatarbelakangi ketidakpuasan pelanggan biasanya adalah barang yang dipesannya terkadang bermasalah. Misalnya yang salah ukuran, warna tidak sesuai, ada yang rusak atau sobek, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, pelanggan sering melakukan komplain kepada kurir yang mengantarnya, bahkan  ada yang sampai  dipukul. Jangan lakukan itu ya, kalau mau minta ganti rugi, langsung saja gunakan cara ajukan pengembalian barang di shopee. Nanti pihak perusahaan akan memproses pengaduan Anda.

Baca juga Cara Top Up Dana Lewat ATM BNI

Kalau belum tahu cara ajukan pengembalian barang di shopee, Anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini.

Proses Pengajuan Pengembalian Barang di Shopee

Jika barang pesanan Anda tidak sesuai, cobalah membuat pengaduan ke pihak marketplace. Berikut ini salah satu cara ajukan pengembalian barang di shopee yang anti ribet :

  1. Sesaat paket sudah sampai, periksa dulu apakah kondisinya baik atau ada cacatnya. Dan apabila terdapat masalah, segera buka website atau aplikasi aplikasi shopee Anda di handphone atau komputer.
  2. Klik simbol orang yang bertuliskan “saya” di bawahnya. Itu nanti akan mengarah ke halaman profil Anda.
  3. Kemudian, cari dan klik tulisan “pesanan saya”.
  4. Pada halaman tersebut, Anda klik tulisan “Dikirim”, di mana letaknya ada di antara tulisan “Dikemas” dan “Selesai”.
  5. Nah selanjutnya, Anda tinggal memilih barang mana yang ingin dikembalikan dengan cara menekan tulisan “Rincian Pesanan”.
  6. Langkah berikutnya, dengan mengklik tombol bertuliskan “Ajukan Pengembalian”, pihak shopee akan memberikan sebuah form yang harus Anda isi. Oh ya, pengajuan ini hanya bisa dilakukan apabila Anda belum menekan tombol “Pesanan Diterima”. Jadi, jangan menekannya sebelum Anda memeriksa barang kirimannya.
  7. Daftar form yang Anda isi meliputi alasan pengembalian, foto barangnya, keterangan tentang kenapa Anda mengembalikan produknya, dan mengetikkan email aktif.
  8. Terakhir, tinggal tekan tombol kirimkan yang ada di bagian paling bawah sendiri. Proses pengajuannya pun selesai, Anda hanya perlu menunggu sampai ada informasi lebih lanjut dari pihak shopee.

Gimana, sudah tahu kan cara ajukan pengembalian barang di shopee. Nanti kalau menemukan barang yang tidak sesuai lagi, jangan komplain ke kurirnya, langsung saja buat pengajuannya seperti langkah di atas. Ingat, ajukan keluhan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak marketplace.

Check Also

Cara Ajukan Pinjaman di Linkaja

Cara ajukan pinjaman di linkaja – Di masa pandemi,  banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. Satu ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.