Cara Membuat Kolase Foto Unik Dengan Handphone Android

Cara membuat kolase foto sangat penting dikuasai oleh fotografer dan penyedia jasa cetak foto. Karena seringkali ada pelanggan yang menginginkan mencetak banyak foto dalam satu frame. Tentunya tehnik menggabungkan foto dengan hasil yang memikat memerlukan keahlian dan juga bakat seni yang baik.

Seiring dengan kemajuan jaman maka kemajuan teknologi handphone pun berkembang dengan pesat. Mampu menyediakan semua kebutuhan pengguna, termasuk alat bantu agar pengguna lebih mudah untuk buat kolase foto.

Kalau anda pengguna handphone yang berbasis android dan ingin mengetahui cara menggabungkan beberapa foto koleksi anda dengan perangkat anda. Maka simak ulasan robotandro.com kali ini agar dapat mewujudkan keinginan anda.

Cara Membuat Kolase Foto Handphone Android

Terkadang saat ingin mencetak foto dan dijadikan pajangan di kamar sering merasa bingung, karena merasa semuanya bagus sehingga sayang kalau ada yang harus dibuang. Maka agar semua foto dapat dicetak dan dipajang, membuat kolase foto adalah solusi terbaik yang dapat anda gunakan.

Biasanya orang meminta bantuan desain grafis atau menggunakan software untuk membuat kolase seperti Corel Draw atau photoshop. Namun bagi yang tidak biasa menggunakan kedua software ini tentu mengalami kesulitan saat hendak menggunakannya.

Untungnya sekarang banyak sekali aplikasi di Playstore yang dapat diunduh oleh handphone Android yang dapat digunakan sebagai cara membuat kolase foto seperti dibawah ini.

1.     Menggunakan Picsart Photo & Video Editor

Aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna Android karena fiturnya cukup lengkap dengan desain antarmuka yang ramah pengguna. Dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu frame dengan berbagai pilihan template yang sangat menarik.

Baca juga Cara Membuat Foto Bergerak 

Selain itu juga sangat fleksible dengan berbagai versi perangkat android yang digunakan karena dapat disesuaikan. Sehingga tidak harus memiliki perangkat yang sesuai dengan spek tertentu yang sudah ditetapkan oleh aplikasi. Anda dapat mencoba aplikasi yang ditawarkan oleh developer PicsArt, Inc ini dengan tutorial dibawah ini:

  • Sebagai langkah pertama anda harus memilik ruang yang cukup untuk mengunduh aplikasi ini dari Playstore agar pengunduhan tidak berhenti di tengah jalan..
  • Setelah perangkat dan jaringan internet yang stabil siap, segera unduh dari playstore dan pastikan terinstall dengan sempurna pada perangkat yang akan digunakan.
  • kemudian itu cobalah membuka aplikasinya dan mulai mengedit dengan cara mengetuk gambar plus (+) untuk mengambil foto yang ingin digabungkan dari gallery.
  • Setelah menentukan jumlah foto yang diambil maka langkah selanjutnya adalah mengetuk menu collage agar semua foto yang diambil otomatis tergabung.
  • lalu itu lanjutkan menu grid agar anda dapat mengedit dan membuat hasilnya sesuai dengan ekspektasi anda.
  • Setelah mendapatkan tampilan yang paling sesuai, maka dapat dilanjutkan dengan mengetuk border agar dapat mengatur tebal tipisnya bingkai  frame tersebut.
  • Anda juga bisa menambahkan latar dan efek lainnya dengan menu yang sudah disediakan.

Baru saja diperbaharui pada tanggal 1 Februari 2022, sudah mendapatkan rating 12 di Playstore dengan rekomendasi orangtua. Banyak sekali pengguna yang puas dengan kinerjanya, terbukti dengan 500.000.000 lebih pengguna sudah menggunduhnya.

Baca juga Cara Membuat Video Dari Foto Dengan Lagu

2.     Menggunakan Canva

Aplikasi yang sedang viral dan sering digunakan banyak orang untuk mengedit pekerjaannya ini juga dapat dipilih sebagai cara membuat kolase foto  yang dapat anda gunakan. Ditawarkan oleh developer Canva  yang berpusat dari Australia,  sudah digunakan oleh lebih 100.000.000 pengguna.

Hadir dengan versi terbaru 2.149.0, disukai para pengguna karena templatenya sangat menarik dan kekinian. Sesuai dengan kebutuhan kaum milenial yang sarat dengan dunia digital. Ketika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi yang sudah diperbaharui pada tanggal 28 Januari 2022 ini, bisa mengikuti caranya sebagai berikut:

Langkah membuat kolase dengan canva

  • Sebelum mulai mengunduh siapkan ruang yang cukup karena Canva memiliki ukuran sebesar 32M.
  • Anda membutuhkan android dengan versi minimal 5.0 keatas agar aplikasi dapat bekerja dengan maksimal.
  • Setelah perangkat siap segera unduh dari playstore dan pastikan terinstall dengan sempurna.
  • Kemudian anda dapat masuk dengan login menggunakan akun gmail agar dapat menikmati semua fiturnya.
  • Setelah aplikasi terbuka dengan sempurna, pilihlan menu photo collage kemudian dilanjutkan dengan menu see all yang ditampilkan.
  • Kemudian akan tampil beberapa template yang dapat anda pilih sesuai yang anda kehendaki atau juga memilih template kosong agar dapat mengedit sendiri.
  • Setelah mendapatkan template yang diinginkan, lanjutkan dengan mengetuk ikon plus (+) yang posisinya berada bagian bawah sebelah kanan.
  • Setelah itu pilih menu image untuk menambahkan gambar, dan ketika ingin menambahkan tulisan maka kamu bisa memilih menu teks.
  • Anda bisa mengedit dengan mengetuk gambar dan menggeser-geserkannya, selain itu juga mempercantik hasilnya dengan berbagai menu yang disediakan.
  • Setelah selesai anda bisa menyimpannya dengan mengunduh atau membagikannya langsung dengan mengetuk ikon share.

Baca juga Cara Membuat Foto Menjadi Anime

Demikianlah keseruan menggunakan aplikasi Canva yang dapat anda ikuti dengan mudah dan cepat. Sangat menarik agar foto yang anda cetak menjadi unik dan estetik.

Dua aplikasi diatas adalah cara membuat kolase foto dengan mudah untuk pengguna android. Namun harus sering-sering membersihkan sampahnya. agar tidak menumpuk di penyimpanan dan mempengaruhi kinerja handphone anda. Selamat mencoba!

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *