Iklan

Mengenal Aplikasi Devinfo, Fungsi Aplikasi dan Manfaatnya

D:\DOKUMEN\Media Penulis\devinfo.jpeg

Pexels.com


Devinfo merupakan sebuah sistem database yang dapat membantu Anda untuk mengelola data dalam bentuk apapun. Oleh karena itu, mengenali serta mengetahui fungsi serta manfaat aplikasi Devinfo merupakan salah satu hal penting yang wajib untuk Anda ketahui. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!


Mengenali Fungsi serta Manfaat Aplikasi Devinfo

Untuk mengenal Aplikasi Devinfo secara lebih dalam, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian, penggunaan serta fitur yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda simak dalam penjelasan dibawah ini. Diantaranya :

a. Apa Itu Aplikasi Devinfo

Dev-Info, yang kemudian dikenalkan dengan nama Devinfo, merupakan sebuah sistem database yang berfungsi untuk mengelola data dalam berbagai bentuk. Mulai dari tabel, grafik, gambar, atau peta geografis yang mencakup berbagai wilayah. Mulai dari pusat, provinsi, kota atau kabupaten.


Sudah banyak layanan pemerintah yang menggunakan aplikasi Devinfo ini. Baik pemerintahan kabupaten/kota bahkan sampai ke Kementerian, seperti Kemenkes RI, dan lain sebagainya. Devinfo dapat digunakan untuk mengelola data secara berkesinambungan, baik dari lintas sektor, waktu, kelompok, dan sumber data.Namun, ketika menggunakan Devinfo ini, maka perlu diketahui, bahwa data yang Anda buat harus dalam bentuk terpisah. Nantinya, data yang dapat Anda gunakan berupa grafik, tabel, ataupun peta wilayah. 

b. Fungsi serta Manfaat Aplikasi Devinfo

Devinfo merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan, sehubungan dengan kepentingan seputar perencanaan program atau kegiatan evidence base. Fungsi aplikasi ini adalah sebagai penyimpanan informasi, dalam bentuk data maupun indikator. Nantinya, data dan indikator yang sudah Anda buat tersebut, dapat Anda simpan dan bisa dicari kembali. Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya pun sangat mudah, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

c. Penggunaan Devinfo

Jika Anda ingin menggunakan Devinfo untuk kepentingan analisis dan eksekutif, maka siapkan template dari database. Devinfo juga bisa diakses secara gratis, tanpa dipungut biaya. Anda bisa menggunakannya  melalui situs resminya. Caranya yaitu silahkan buka link berikut http://www.devinfo.org.


Pengelolaan data dari Devinfo mengikuti standar IUS (Indikator, Unit, dan Sub Kelompok). Contohnya adalah jenis kelamin, lokasi, kelompok umur, dan lain sebagainya. Penggunaan standar IUS, disesuaikan dengan kelompok sektor, institusi pengguna, serta tujuan pengguna tersebut.

d. Fitur Devinfo

Terdapat beberapa fitur Devinfo yang dapat Anda gunakan. Diantaranya:

  1. User interface, merupakan fitur yang berfungsi untuk menghubungkan sistem dengan pengguna.

  2. Disediakannya kemampuan multitasking, untuk menjalankan berbagai modul atau data dalam waktu yang sama.

  3. Adanya akses yang mudah serta cepat terhadap database suatu jaringan.

  4. Dapat memasukkan data, serta mengedit dalam keadaan online.

  5. Adanya modul mapping yang berguna untuk memetakan pengoperasian peta digital.

  6. Terdapat modul galeri, supaya bisa menciptakan presentasi langsung di website internet.

  7. Modul data exchange, supaya Anda dapat bertukar data pada aplikasi lainnya, atau dengan pengguna lainnya.

  8. Fitur metadata, supaya informasi yang Anda sajikan sesuai dengan standar internasional XML

  9. Fitur table, supaya data bisa dibuat lebih efisien, efektif, namun memiliki gambaran yang jelas dan padat, serta mudah dipahami oleh semua orang.


Kesimpulan dari informasi diatas adalah, bahwa Devinfo merupakan sebuah database untuk mengelola data. Sehingga, fungsi serta manfaat aplikasi Devinfo ini tidak terlepas dari data dan penyimpanannya. Devinfo dilengkapi oleh berbagai fitur yang sudah terstandar internasional. Sehingga dapat memudahkan penggunanya. Selamat mencoba!

Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Mengenal Aplikasi Devinfo, Fungsi Aplikasi dan Manfaatnya"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel