Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang mau dibeli kan?. Yuk, zaman sekarang enggak perlu repot lagi antre di pasar atau mall. Belanja via online aja lebih murah, cepat, praktis, dan aman. Tinggal buka handphone atau smartphone, udah deh, barangnya akan dikirim.

Bagi Anda yang punya kesibukan padat, mendingan shoping lewat handphone aja. Salah satu marketplace yang menawarkan kemudahan berbelanja online adalah Tokopedia. Perusahaan e-commerce buatan anak bangsa bernama William Tanuwijaya. Pria kelahiran 11 November 1981 di Pematang Siantar, tepatnya di Sumatera Utara. Ia mulai memperkenalkan situs jual beli online Tokopedia pada tahun 2009.

William yang dulunya terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Kini telah sukses menjadi seorang CEO dari perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu Tokopedia . Semua yang ia dapatkan tidaklah mudah, diperlukan kerja keras dan kegigihan yang kuat untuk bisa menggapainya.

E-commerce buatannya ini banyak meraih penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya mendapatkan anugerah Android Excellence Apps dari perusahaan Google sebagai aplikasi terbaik di playstore. Julukan tersebut memang pantas disandangkan pada Tokopedia, karena penilaiannya berada di angka 4.8 dari 5, dan sudah didownload 100 juta kali.

Dibalik banyaknya prestasi yang dicapai oleh marketplace tokopedia, terkadang konsumen banyak menemui kendala ketika berbelanja. Misalnya website atau aplikasinya sering eror, barang yang tadinya tidak ingin dibeli, tiba-tiba sudah terpesan secara otomatis. Apabila Anda menemui masalah seperti itu. Tenang, pihak pengelola telah menyediakan cara ajukan pembatalan Tokopedia. Simak di robotandro.com

Tatacara Membatalkan Pesanan Barang di Tokopedia

Anda sudah beli barang secara online. Eh tiba-tiba, berubah pikiran tidak jadi membelinya. Jangan panik, ada kok cara ajukan pembatalan Tokopedia yang mudah dan enggak ribet. Namun, sebelum mengajukannya, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, penjual berhak menolak permintaan pembatalan Anda dengan alasan tertentu. Kedua, Anda baru bisa mengajukan prosesnya saat tombol pengajuannya muncul setelah enam jam. Ketiga, secara otomatis tombol atau button ajukan pembatalan akan hilang, saat si penjual sudah memproses pesanan Anda, atau jika  Anda pernah melakukan pembatalan pada  barang yang dipesan tersebut.

Bila Anda sudah memahami beberapa ketentuan tadi, berikut ini pemaparan lengkap tentang bagaimana cara ajukan pengembalian Tokopedia.

Baca juga Cara Ajukan Pengembalian Dana Di Lazada

Cara Ajukan Pembatalan Pesanan Tokopedia Menggunakan Komputer

Penjelasan yang pertama ini adalah melakukan pembatalan pesanan lewat situs website resminya. Bagi Anda yang baru mencoba pengalaman berbelanja online di Tokopedia dan ingin tahu cara membatalkan pesanan yang tidak jadi dibeli, berikut panduannya :

  • Hidupkan Komputer atau laptop Anda dahulu, kemudian sambungkan ke jaringan internet dan masuklah ke dalam google chorme atau jenis browser lainnya.
  • Di bagian search engine, ketikan tulisan “tokopedia”. Dan klik link websitenya. Atau bisa juga dengan mengetikan https://www.tokopedia.com/ pada kolom URL yang ada di paling atas sendiri.
  • Pada halaman awal, tekan icon berbentuk lonceng yang ada di samping icon pesan. Pilih tulisan transaksi dan tekan tab pembelian.
  • Selanjutnya, cari tulisan Menunggu Pembayaran. Diperintah tersebut, Anda diminta memilih barang mana yang ingin dibatalkan pesanannya.
  • Langkah berikutnya, arahkan pointer atau kursor Anda menuju tulisan angka atau nomor invoicenya. Jika ingin membatalkan pesanan, maka pilih button ajukan pembatalan.
  • Akan tampil kotak pemberitahuan pembatalan pesanan Anda. Berikan alasan Anda, mengapa ingin membatalkan pesanannya?. Bila sudah diisi, segera tekan tombol bertuliskan Ajukan.
  • Selamat, proses pengajuan pembatalan Anda sudah selesai. Dan Anda tinggal menunggu sampai ada keterangan “dibatalkan”.

Selain cara ajukan pembatalan Tokopedia lewat komputer, ternyata dari handphone pun juga bisa. Prosesnya sama saja, Cuma beda alat untuk mengaksesnya saja.

Baca juga Cara Mengisi Alamat Email di Lazada (7 Langkah)

Tahapan Pengajuan Pembatalan Pesanan Memakai Handphone

Apabila Anda bingung membatalkannya melalui website, Anda bisa mencoba cara ajukan pembatalan Tokopedia di aplikasinya langsung. Tentunya ini membutuhkan jaringan WiFi atau paket data. Prosesnya tidak akan berjalan jika sambungan internetnya tidak ada. Tahapannya sendiri seperti ini

  • Instal dulu aplikasi Tokopedia dengan masuk ke google playstore terlebih dahulu.
  • Lakukan log-in ke akun Tokopedia Anda. Ketikan username dan passwordnya dengan benar.
  • Kemudian, masuk ke halaman beranda awal dan klik icon loncengnya.
  • Cari menu yang bertuliskan pembelian, lanjutkan dengan menekan perintah menunggu pembayaran.
  • Di sana, Anda tinggal mencari barang yang rencananya ingin dibatalkan.
  • Jika barang pesanannya sudah ketemu, tekan nomor invoice yang ada di sampingnya.
  • Geserlah tangan Anda ke bawah untuk mencari tombol ajukan pembatalan. Bila ketemu, langsung tekan saja.
  • Selanjutnya, berikan penjelasan tentang alasan Anda membatalkan pesanannya. Lalu, tekan button ajukan pembatalan.
  • Pihak Tokopedia akan meneruskan pengajuan Anda ke penjual. Lamanya waktu bagi penjual untuk merespon permintaan Anda adalah 1×24 jam. Jadi, bersabarlah sedikit.

Mau mengajukan lewat handphone atau komputer sama saja. Cara ajukan pembatalan Tokopedia dari kedua alat tersebut tidak juah berbeda. Tetapi yang terpenting harus ada koneksi Internet. Gunakanlah yang menurut Anda mudah dipraktekkan.

Check Also

Cara Ajukan Retur di Lazada

Cara ajukan retur di Lazada  menjadi penyelesaian bagi banyak pengguna salah satu e-commerce nomor satu ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.