Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel

Benarkah kartu Telkomsel yang hangus bisa kita gunakan kembali? Lalu bagaimanakah Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel tersebut? Untuk menjawab semua rasa penasaran Anda, mari ikuti artikel menarik berikut ini.

Telkomsel menjadi salah satu brand simcard favorit. Ini dikarenakan jangkauan sinyalnya yang begitu luas. Hampir mencakup ke seluruh nusantara. Mulai dari pelosok-pelosok desa hingga ke kota-kota besar.

Jika Anda memiliki kartu Telkomsel dan tiba-tiba tidak bisa digunakan karena sudah hangus, tentu akan sangat disayangkan. Apalagi jika nomer tersebut sudah lama digunakan. Namun karena kelalaian Anda, sampai lupa mengisi ulang nomer yang akan lewat masa tenggang.

Sekarang jika hal itu terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir lagi. Dikarenakan nomer yang sudah mati tersebut bisa Anda aktifkan kembali. Ingin tahu bagaimana caranya. Simak cara-cara mudahnya di robotandro.com bawah ini.

Menekan kode *888*89# Pada Ponsel

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel mati yang pertama kita bahas ini tergolong sangat mudah dan praktis. Anda tidak perlu menghubungi call center ataupun pergi ke gerai Telkomsel. Anda bisa melakukannya sendiri dari rumah.

Namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama yakni  KTP dan KK, yang sudah Anda daftarkan pada kartu yang mati tersebut. Kedua yakni kartu SIM yang ingin diaktifkan lagi. Berikut ini detail langkah-langkahnya.

  1. Bukalah hp Anda dan segera menuju ke menu panggilan.
  2. Langsung saja tekan kode *888*89# .
  3. Jangan lupa memanggil kode tersebut dengan nomer yang sudah mati atau hangus.
  4. Nantinya akan muncul sebuah instruksi untuk Anda.
  5. Jangan lupa pilih opsi 1 untuk mengaktifkan kartu kembali.
  6. Kemudian pilih 1 lagi untuk menyetujui ketentuannya.
  7. Lalu Anda akan diminta memasukan nomer KTP dan KK yang didaftarkan kartu tersebut.
  8. Tunggulah beberapa saat.
  9. Jika proses pengaktifan kartu berhasil, Anda akan mendapatkan SMS pemberitahuan.

Tidak semua proses reaktifasi melalui panggilan kode ini berhasil. Terkadang Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa proses reaktifasi gagal. Biasanya pesan gagal tersebut berbunyi “Maaf, menu reaktifasi hanya tersedia untuk nomer hangus. Silahkan cek status kartu SIM di *888#”.

Baca juga Mudah! Cara Unreg Kartu Telkomsel

Setelah Anda mengeceknya ternyata memang nomer Anda sudah hangus. Namun masih tidak bisa mengaktifkannya lewat kode panggilan *888*89#. Jangan khawatir jika hal ini terjadi. Anda bisa mengikuti cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati lainnya seperti di bawah ini.

Menghubungi Call Center atau Telkomsel E-Care

Jika Anda mengalami kendala saat reaktifasi sendiri melalui kode panggilan *888*89#, segeralah hubungi call center Telkomsel. Panggilah nomor 188 pada hp Anda. Nanti petugas call center akan membantu Anda mereaktifasi kartu tersebut. Untuk pelanggan prabayar akan dikenakan tarif sebesar Rp 300. Sedangkan pelanggan pasca bayar bebas biaya alias gratis.

Anda juga bisa mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati melalui Telkomsel E-care. Jika melalui Twitter Anda bisa langsung menggunakan direct message. Misalnya dengan format nomor hp yang mati, waktu dan tanggal terakhir masa tenggang, serta lokasi. Nantinya admin akan mengecekkan status nomer Anda. Jika memenuhi syarat, nomer Anda bisa direaktifasi.

Syarat-syaratnya antara lain:

  • Merupakan pengguna Telkomsel prabayar
  • Status kartu tersebut belum melewati waktu yang telah ditentukan Telkomsel. Biasanya lima belas hari dari kartu mati Anda masih bisa mereaktifasi. Namun jika sudah sangat lama atau bertahun-tahun, akan sangat sulit untuk aktifasi kembali.
  • Beberapa kriteria lainnya sesuai kebijakan Telkomsel.

Nah untuk mempermudah Anda melakukan reaktifasi kartu, berikut ini kami sajikan daftar lengkap alamat media yang bisa Anda hubungi.

  • Twitter: @Telkomsel
  • FB Messenger: tsel.me/facebookVA
  • Telegram: tsel.me/telegramVA
  • Line: tsel.me/lineVA
  • Email: [email protected]
  • WA: 0811-1111-1111
  • Aplikasi My Telkomsel

Mengunjungi GraPARI Terdekat

Jika kedua cara mengaktifkan kartu Telkomsel hangus di atas sudah Anda ikuti, dan ternyata masih gagal. Sebaiknya Anda segera mengunjungi gerai Telkomsel atau GraPARI terdekat. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu yang sudah mati dan dokumen pendukung terlebih dahulu. Terutama nomer KK dan KTP yang Anda daftarkan pada nomer yang hangus tersebut.

Umumnya permohonan pengaktifan kartu kembali tidak bisa diwakilkan. Jadi harus Anda sendiri yang datang mengurusnya. Jikapun harus diwakilkan, Anda harus menyertakan surat kuasa yang valid. Namun prosesnya tidak akan mudah. Jadi jika Anda bisa sebaiknya mengurus sendiri ke GraPARI. Hal ini dilakukan memang agar tidak terjadi penyalahgunaan simcard. Apalagi jika simcard Anda digunakan untuk transaksi keuangan.

Beberapa Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel di atas selain mudah juga gratis. Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun dari pihak Telkomsel. Namun pihak Telkomsel biasanya akan menganjurkan Anda untuk langsung mengisi ulang kartu tersebut. Dengan paket minimalnya sejumlah Rp 10.000. Hal ini bertujuan agar nomor Anda langsung bisa diperpanjang setelah berhasil direaktifasi.

Baca juga Cara Daftar Paket Internet Telkomsel

Harap juga Anda ingat, bahwa seluruh sisa saldo pulsa ataupun paket internet dan poin yang tadinya masih tersisa di nomer yang hangus tersebut, tidak bisa digunakan lagi. Alias hangus atau ikut hilang. Jadi sisa pulsa akan kembali nol seperti semula.

Demikian tadi beberapa Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel. Caranya sangat mudah bukan? Anda bisa mencobanya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *