Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB Kebawah Mudah

Foto yang semakin bertambah dari waktu ke waktu bisa menjadi salah satu penyebab memori penyimpanan HP Anda tidak-tiba saja penuh. Terlebih lagi jika per fotonya memiliki size 1 MB keatas. Sehingga Anda perlu menghemat ruang dengan cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB bahkan lebih kecil.
Ya daripada harus menghapus momen berharga yang Anda abadikan, maka akan sangat berguna apabila ukurannya dikurangi saja. Karena manfaat yang akan dirasakan, selain untuk menjaga kenangan tetap abadi, tentu juga akan menghemat ruang penyimpanan di ponsel yang Anda miliki.
Oleh sebab itu, sangat penting untuk Anda ketahui cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB yang akan kami bagikan ini, sehingga Anda tidak perlu menghapusnya satu persatu apalagi sampai harus melakukan format memori.
Lalu bagaimanakah cara untuk mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB?
Nah daripada Anda penasaran, di bawah ini robotandro.com akan mengulas tentang cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB di HP Android maupun di laptop PC melalui 2 metode, yaitu online dan offline.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB Kebawah

Biasanya foto yang digunakan di HP memiliki format JPG, JPEG atau PNG. Ekstensi tersebut memiliki kualitas dan resolusi sendiri. Sementara size atau ukuran file ditunjukkan dengan KB atau MB.
Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB bukanlah hal yang sulit dilakukan. Ada banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan baik dari HP ataupun PC. Dan yang terpenting cara tersebut bisa digunakan secara gratis. Berikut tutorialnya,

1.  Cara Mengecilkan Size Foto Di HP Android


Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB di HP Android pertama yaitu dengan bantuan aplikasi. Aplikasi tersebut bernama Lit Photo yang bisa Anda dapatkan dari Google Play Store secara gratis.
Cara mengecilkan ukuran foto dengan Lit Photo adalah sebagai berikut :

•  Download aplikasi Lit Photo dari Playstore Android.
•  Jika sudah, instal dan buka aplikasinya, tampilannya seperti di bawah. Lalu tekan tulisan COMPRESS PHOTOS.
  Selanjutnya pilih foto yang ingin dikecilkan sizenya, misalnya foto berukuran 6,7 Mb seperti di gambar.
  Pilih SIZE, dan atur ukuran foto yang Anda inginkan. Misalnya tadi 6,7Mb menjadi 69KB saja.
  Cara mengecilkan ukuran foto, klik tombol START COMPRESSING dan tunggu saja prosesnya.
Secara otomatis gambar atau foto tadi sudah berhasil di ubah menjadi ukuran yang lebih kecil.
Sukses!
Itu adalah cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB kebawah di HP Android. sedangkan metode selanjutnya dapat Anda lakukan baik oleh pengguna HP maupun PC silahkan untuk mengikuti panduan di bawah ini.

2.  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB Tanpa Aplikasi


Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB tanpa aplikasi di PC dan HP adalah dengan memanfaatkan browser bawaan, seperti Chrome, Mozilla, dan lain sebagainya. Yakni Anda perlu mengunjungi sebuah situs, seperti cara berikut ini!
  Buka aplikasi browser seperti yang sudah disebutkan. Lalu ketik alamat url compressjpeg.com.
  Setelah halaman terbuka, klik UNGGAH FILE, seperti yang dilingkari warna merah di gambar.
  Langkah berikutnya, silahkan pilih foto yang ingin diubah size / ukurannya, bisa pilih lebih dari satu, kemudian tunggulah proses compress sampai selesai.

  Terakhir, tekan tombol UNDUH SEMUA untuk menyimpan foto yang telah dikompres menjadi ukuran kecil.
 
Setelahnya, Anda perlu tunggu proses pengunduhan gambar. Jika berhasil maka pada langkah ini foto sudah siap digunakan di galeri HP dengan size yang sudah diubah. Nah itulah cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB bahkan lebih kecil lewat HP dan PC.

Kesimpulan

Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB di atas lumayan ampuh dan tentunya aman untuk Anda gunakan. Pilih salah satu cara yang Anda inginkan, dan nikmati ruang ponsel Anda menjadi bertambah. Selamat mencoba.

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *