3+ Cara Update System UI Android, Wajib Kamu Coba!

Bagi anda pecinta ponsel android, mungkin sudah pernah mendengar kata sistem UI itu sendiri. tapi, alangkah baiknya kita mengingat kembali apa itu system UI. System UI merupakan desain tampilan sebuah perangkat android, desain ini bisa berupa gambar tombol, ikon, menu dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tampilan antar muka desain android anda.

System ui memiliki peran yang sangat penting, untuk itu jika system perangkat anda sedang bermasalah sebaiknya anda mencoba untuk mengatasinya salah satunya dengan cara update system UI android. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini, ya!

Apa itu System UI?

Sebelum anda mengetahui cara update system UI Android, akan lebih baik jika anda memahami dulu pemahaman system UI. Apa itu system UI?

Sistem ui atau singkatan dari sistem user interface ataupun tatap muka. Pada sistem UI ini memiliki muatan pengaturan yang berkaitan mengenai segala hal tampilan. Sistem UI ini sangat berkaitan erat dengan tampilan layar HP anda. Tampilan layar tersebut berisikan ikon, tombol, font, status bar, tema, hingga lainnya. lainnya

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa System UI merupakan hal yang paling penting dalam komponen perangkat android anda. Akibatnya akan sangat fatal jika system ui pada ponsel anda mengalami permasalahan jika dibiarkan begitu saja. Jika system ui bermasalah tentu akan sangat mengganggu akan seperti adanya pop up notifikasi permasalahan system UI yang membuat aktivitas anda terganggu.

Oleh karena itu anda perlu melakukan cara update system UI Android untuk mencegah segala permasalahan yang pada sistemnya atau anda bisa mengatasinya dengan cara satu ini.

3+ Cara Update System UI Android yang Mudah

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengupdate sistem android, di antara penjelasannya di bawah ini.

1. Melalui Over the Air (OTA)

Cara pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan mengeditnya melalui over the air, cara ini sangat mudah. Anda hanya diwajibkan untuk menyiapkan koneksi atau jaringan internet yang lancar untuk melakukan pembaruan sistem. Penjelasan langkah detailnya, yaitu:

    1.1 Pastikan terhubung dengan Internet.

Cara pertama anda harus memastikan perangkat android anda sudah terhubung dengan koneksi internet. Anda bisa menghubungkannya dengan data card ataupun wifi, namun akan lebih baik jika anda menggunakan jaringan wifi, karena kita mengunduh dengan ukurang yang cukup besar.

Yang paling penting menggunakan jaringan internet yang stabil, ya.

    1.2 Buka Pengaturan Android kalian.

Setelah anda memastikan sudah terhubung dengan jaringan data, anda bisa membuka setelan pengaturan. Setelah membukanya masuk ke menu tentang ponsel. Biasanya laman bagian ini pada setiap jenis ponsel memiliki posisi yang berbeda-beda. Untuk itu anda bisa menyelesaikannya sendiri, ya.

Setelah masuk ke laman tentang ponsel anda bisa memilih menu ke pembaruan sistem, lalu klik opsi periksa pembaruan. Jika tertera tulisan perbarui atau update anda bisa mengkliknya, akan tetapi jika tidak tertera tulisan seperti itu system anda sudah terupdate menjadi operasi terbaru.

    1.3 Melakukan Cara update

Untuk melakukan Cara update system UI android anda harus terhubung pada koneksi internet sebelum melakukannya. Jika anda menggunakan jaringan WIFI, lebih baik anda melakukan proses download. Bagi anda yang menggunakan data seluler lebih baik untuk menggantinya dengan menggunakan WIFI, ya.

Tunggu proses download pembaruan sistem sampai selesai. Jika sudah selesai download jangan lupa lakukan restart pada perangkat Anda.

Cara update system UI Android bisa anda lakukan dengan cara mudah yang pertama ini.

2. Menggunakan PC Laptop

Selain dengan melalui OTA Anda bisa mengeditnya melalui PC ataupun Laptop. Cara update system ui android pun tidak jauh berbeda, begini langkah detailnya.

2.1 Buka Website Resmi

Pertama nda bisa membuka website resmi melalui perangkat android yang akan anda perbarui, setelah masuk ke website anda bisa menuju ke bagian halaman dukungan atau support. Dari sini anda bisa langsung mengisi informasi perangkat anda agar anda bisa mengakses pembaruan sistem sehingga dapat melakukan cara update systemui perangkat android.

2.2 Download device management

Selanjutnya anda bisa mendownload Device Management, setelah berhasil anda perlu menginstalnya. Nama dan fungsi suatu perangkat bisa bermacam-macam tergantung produsennya, seperti pada perangkat Samsung device management disebut dengan Kies dan Motorola disebut dengan MDM

Setelah meng-install-nya anda bisa kembali menuju situs produsen perangkat Android dan menuju halaman support dan download. Anda bisa mencari pembaharuan yang ada, dengan begitu anda bisa mendownload dan menginstalnya melalui device management yang anda install.

2.3 Hubungkan perangkat android ke PC/Laptop

Setelah menyelesaikan langkah di atas, anda bisa langsung menghubungkan ponsel anda dengan PC atau laptop yang anda miliki menggunakan kabel data. Setelah terhubung buka laman Device management setelahnya cari perintah Update yang terletak pada bagian atas dropdown. Lalu Klik ‘Update’ untuk melakukan proses update systemUI operasi android disertai instruksi lainnya hingga selesai.

Itulah cara mudah mengupdate sistem UI melalui laptop.

3. Dengan Custom ROM

Selanjutnya cara update system UI HP android anda bisa melakukannya dengan Custom ROM. Custom rom memiliki isi dengan berbagai macam fitur tambahan serta tampilan tentunya sudah melewati kustomisasi.

Ini bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang ingin melakukan update sistem ui hp Android ke versi terbaru. Dengan flash custom rom ke versi android terbaru anda bisa melakukan update sistem meski hp anda tidak bisa melakukan update ulang.Tentunya anda harus memasang custom rom hp anda terlebih dahulu, ya.

Tak hanya dengan meng-custom ROM saja, anda pun bisa melakukan cara update system UI HP Android dengan Rooting ROM.

Nah itulah ketiga cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan cara update system UI HP Android, caranya pun tidak sesulit yang anda bayangkan, bukan? dari ketiga cara diatas, cara manakah yang akan anda gunakan untuk melakukan update system UI? Cara manapun semoga berhasil!

Manfaat Melakukan Cara Update System UI HP Android

Ada berbagai manfaat yang bisa anda rasakan setelah melakukan cara update system UI Android, salah satunya:

  • Dapat Meningkatkan Sistem Keamanan

Jika anda melakukan cara update system HP Android manfaat yang bisa anda rasakan yakni peningkatan keamanan sistem ponsel anda.

  • UI Menjadi Lebih Nyaman

Kedua UI atau User interface pada ponsel bisa lebih nyaman sebab penampilan layar terdapat perubahan.

  • Mengurangi Bug dan System Error

Dapat mengurangi bug dan system error sehingga tidak akan mengganggu aktivitas anda menggunakan ponsel.

  • Penambahan Fitur Terbaru

Adanya berbagai fitur terbaru semakin memudahkan anda dalam menyelesaikan permasalah gadget.

  • Kompatibilitas Perangkat Meningkat

Terakhir kompatibilitas perangkat akan meningkat jika anda melakukan update system ui. 

Nah, itulah pentingnya melakukan cara update system UI HP Android untuk perawatan ponsel anda, agar fungsi bisa dijalankan dengan lebih maksimal.

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *