Ini Nih, Cara Refund Google Play Yang Bisa Anda Coba

Cara Refund Google Play
Refund Google Play

Saat Anda melakukan transaksi atau pembelian pada Google Play, seperti pembelian aplikasi, e – book, atau voucher game, namun hal tersebut tidak sesuai keinginan Anda. Maka dana tersebut bisa dikembalikan dengan cara yang mudah. Lalu bagaimana cara refund Google play yang sudah terlanjur dibeli dan apakah bisa meminta pengembalian dana dari hal yang sudah dibeli tersebut?

Dana yang sudah dibuat transaksi pada Google play tersebut bisa dikembalikan, saat sesuatu yang dibeli tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu, untuk menghindari kerugian, Google play memberikan kesempatan untuk refund dana ke metode transaksi yang sudah ditentukan. Yuk simak bagaimana cara melakukan pengembalian dana di Google Play tersebut!

Inilah Berbagai Cara Refund Google Play

Agar tidak semakin penasaran, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini dalam beberapa cara mengembalikan atau refund dana pada Google Play!

Cara Mendapatkan Pengembalian Dana Aplikasi Atau Game

Saat melakukan pembelian pada sebuah aplikasi atau game, namun tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Maka Anda bisa melakukan permintaan pengembalian dana. Cara refund Google play cukup mudah dilakukan, jika Anda memintanya dalam kurun waktu dua jam setelah melakukan pembelian. Karena maksimal waktu melakukan request refund adalah 48 jam setelah pembelian, berikut caranya.  
  Langkah pertama Anda bisa membuka aplikasi Google Play Store 
•  Setelah itu ketikkan pada kolom pencarian nama dari aplikasi atau game yang sebelumnya sudah Anda beli, dan selanjutnya pilih aplikasi atau game tersebut. Lalu klik opsi kembalikan dana.
  Kemudian pada layar akan muncul notifikasi pertanyaan yang bertuliskan “yakin meminta pengembalian dana?” maka Anda bisa menge-klik ya.
  Dengan begitu maka Aplikasi atau game tersebut akan di – uninstall dari ponsel Anda dan dana tersebut akan dikembalikan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan pada transaksi sebelumnya.  
Cara refund Google Play terhadap pembelian aplikasi ini bisa Anda baca juga pada artikel kami sebelumnya disini yang pernah dialami berdasarkan pengalaman penulis saat membeli diamond Hago dengan harga Rp16.500 dan berhasil dikembalikan dalam bentuk pulsa.

Cara Refund Dana Dari Pembelian Film, Acara TV, Atau E-book

Untuk cara refund Google play terdapat banyak kesamaan dalam hal aturan pengembalian pada film, acara, TV, musik, dan e-book di Google Play Store. Tapi perlu Anda ketahui, bahwa diizinkan untuk mengirim kembali item apapun yang sudah dibeli dalam tujuh hari setelah pembelian. Dengan catatan, sebelum Anda menggunakan item tersebut, maka pengembalian dana bisa dilakukan secara penuh. 
Tapi Anda tidak bisa melakukan pengembalian dana melalui aplikasi Google play store secara langsung. Namun menggunakan browser adalah salah satu solusinya. Caranya seperti berikut ini,
  Pada langkah pertama, Anda bisa langsung mengarahkan akun play store ke browser dan masuk kembali ke akun Google. 
  Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan akun pada menu sebelah kiri. Lalu klik riwayat pesanan dari menu atas.
  Nah, kemudian carilah item yang ingin Anda kembalikan selanjutnya. Pilih opsi minta pengembalian dana
  Setelah itu dari menu drop-down pilih alasan spesifik lalu konfirmasi dengan menge-klik kirim. Nantinya, secara langsung Anda akan menerima e-mail secara otomatis tentang permintaan pengembalian dana. 

Cara Refund Google Play dengan Menghubungi Kontak Developer Aplikasi 

Karena pada umumnya semua aplikasi Android telah dikembangkan oleh developer pihak ketiga, maka sudah menjadi kewajiban developer juga yang akan melayani para pelanggan. Apalagi saat mengalami permasalahannya. 
Terutama saat terjadi pembelian di dalam aplikasi yang tidak sesuai dengan keinginan. Maka cara refund Google Play ini Anda bisa langsung menghubungi pihak developer aplikasi. Berikut caranya,
  Langkah pertama untuk cara refund Google Play dengan menghubungi developer Anda. Bisa dilakukan dengan membuka aplikasi Google Play Store 
  Kemudian ketikkan nama aplikasi yang sebelumnya sudah Anda beli, pada kolom pencarian
  Setelah itu, buka aplikasi tersebut agar lebih terbuka pada halaman detailnya 
  Lalu Anda bisa mencari opsi Developer Contact dan setelah itu scroll sampai kebawah hingga Anda menemukan daftar layanan informasi di dalamnya.  

Nah itulah beberapa langkah cara refund Google Play dengan langkah-langkah yang mudah. Anda bisa mencobanya, bilamana sejumlah transaksi pembelian yang Anda lakukan dengan Google Play ini tidak berhasil, atau tidak berlangsung sesuai dengan keinginan. Terima kasih dan selamat mencoba!

Check Also

Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *